Budidaya Lidah Buaya : Persiapan Lahan, Penanaman, Perawatan dan Masa Panen

3 min read

Budidaya Lidah Buaya : Persiapan Lahan, Penanaman, Perawatan dan Masa Panen
0
()

Budidaya Lidah Buaya : Persiapan Lahan, Penanaman, Perawatan dan Masa Panen – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Lidah Buaya.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini.


Budidaya Lidah Buaya : Persiapan Lahan, Penanaman, Perawatan dan Masa Panen


Tidak seperti tumbuhan sukulen atau tumbuhan yang batang serta daunnya berdaging tebal tempat menyimpan air serta kaktus yang lain, menanam lidah buaya dari daun memanglah susah.

Kemungkinannya kecil daun lidah buaya bisa menghasilkan pangkal serta berkembang jadi tumbuhan yang sehat.

Oleh sebab itu, mayoritas pekebun menanam lidah buaya memakai anakan sebab berikan keberhasilan yang lebih besar. Lidah buaya sangat populer sekali bagaikan tumbuhan yang sangat efektif buat perawatan kulit serta rambut.

Tumbuhan lidah buaya ini selain sebagai bunga hiasan nyatanya pula bisa diolah jadi santapan yang lezat serta lezat misalnya saja manisan lidah buaya.

Banyak sekali warga yang mau menanam lidah buaya sebab manfaatnya. Untuk yang mau menanam lidah buaya, berikut merupakan sebagian uraian menimpa metode menanam lidah buaya yang benar.


Metode Budidaya Lidah Buaya


  • Persiapan Lahan Budidaya Lidah Buaya

Lidah buaya umumnya ditanam di kebun dengan model lahan tegalan ataupun ladang. Langkah dini dalam persiapan lahan yang mau ditanami lidah buaya merupakan bilas ladang dari seluruh berbagai gulma.

Baca Juga :  Daun Sintrong : Morfologi, Kandungan Kimia dan Manfaat Penting Untuk Kesehatannya

Pembukaan lahan buat penanaman lidah buaya hendaknya dicoba pada dikala masa kemarau dengan tujuan supaya pengolahan tanahnya bisa dilakukan pada awal masa hujan.

Waktu tanam lidah buaya sangat pas bila dicoba pada dini masa hujan, tetapi buat daerah airnya mencukupi semacam irigasi teknis ataupun sumber air yang dekat, penanaman lidah buaya bisa sepanjang tahun.

Temperatur yang diperlukan dekat 30°C. Media tanam yang baik merupakan tanah dengan tekstur porous serta banyak memiliki humus dengan Ph 4. 5- 5. 5.

Perkembangan lidah buaya sangat baik merupakan di wilayah dengan ketinggian topografi dekat 100- 700 mdpl.

Penanaman hendaknya berlokasi di lahan datar serta terbuka atau tidak terdapat tumbuhan pelindung. Lahan yang telah dibersihkan dilanjutkan dengan pengolahan tanah.

Yaitu dengan metode mencangkul dengan kedalaman 30- 40 centimeter hingga struktur tanah gembur serta diamkan tanah sepanjang 15 hari supaya tanah betul- betul matang.

Selanjutnya pengolahan tanah yang kedua kalinya sembari membuat lubang( tugal) dengan kedalaman 20 centimeter– 30 centimeter.

  • Pembibitan serta Penanaman Lidah Buaya

Pembibitan lidah buaya dicoba dengan metode vegetatif, ialah dengan mengambil anakan yang melekat pada tumbuhan induk.

Pengambilannya ialah dengan mencongkel serta memisahkan tumbuhan anakan dari tumbuhan induk sampai pada bagian pangkal, serta diusahakan supaya pangkal tidak hingga putus.

Anakan seperti itu yang setelah itu ditanam pada pot/ polybag baik senbagai bibit dengan waktu pembibitan sepanjang 3- 5 bulan.

Setelah itu dipindah ke lahan tanam, ataupun dibiarkan berkembang bila pot/ polybag dijadikan bagaikan tempat tanam sampai lidah buaya siap buat dipanen.

Cara penanaman tidak berbeda jauh dengan tumbuhan yang lain, cuma saja jangan sangat dalam supaya bibit tidak hadapi pembusukan serta pula tidak sangat dangkal supaya bibit tidak roboh.

Baca Juga :  Cara Menanam Cengkeh Yang Baik Dan Tepat Hasil Maksimal

Kedalaman yang sempurna buat menanam bibit lidah buaya ialah kurang lebih 10 centimeter. Pada dikala menanam bibit jalani dengan hati- hati supaya daun tidak patah serta bibit tidak terhimpit.


Perawatan Lidah Buaya

Dalam melaksanakan perawatan tumbuhan lidah buaya, ada sebagian perihal yang butuh dicermati, di antara lain:

  • Pemupukan

Tujuan untuk tumbuhan lidah buaya merupakan buat memadai konsumsi kalium serta unsur- unsur nitrogen guna perkembangan vegetatif tumbuhan, pembuatan zat hijau daun dan pembuatan jaringan tumbuhan.

Selain itu diperlukan pula pemupukan fosfat buat menolong memicu pertumbuhan serta perkembangan pangkal.

Pemupukan dicoba pada dikala tumbuhan berusia dekat 3- 4 bulan serta sehabis berakhir masa panen awal dengan memakai urea, KCL serta TSP dengan perbandingan dosis 1:½: 1 .

Bila memakai pupuk organik dalam wujud pupuk kandang, bahan yang terbaik merupakan kandang yang berasal dari kotoran sapi, sebab kotoran sapi mempunyai isi faktor hara yang lumayan banyak.

Utamanya nitrogen dan faktor mikro yang lain. Tidak hanya itu, pupuk kandang yang berasal dari kotoran sapi pula tidak memicu tumbuhnya jamur.

  • Pembubunan serta Penyobekan

Pada dikala tumbuhan berusia 3 bulan, lakukanlah pembubunan dengan metode meninggikan serta memadatkan tanah yang terdapat di sekililing batang tumbuhan.

Bukan hanya buat memperkokoh berdirinya tumbuhan, pula buat menggemburkan serta mendekatkan tumbuhan dengan santapan.

Waktu pembubunan ini, lidah buaya yang ditanam di lahan yang luas umumnya dicoba buat pengendalian gulma, tetapi buat lidah buaya yang ditanam pada pot/ polybag tidak sering sekali ditemui gulma.

Perihal yang butuh dicoba bertepatan dengan pembubunan ini umumnya merupakan pemupukan serta penyobekan tumbuhan, ialah memisahkan tumbuhan yang telah menghasilkan anakan dalam jumlah yang banyak.

Baca Juga :  Cara Menanam Mangga : Teknik Budidaya Agar Cepat Berbuah Lebat(Berhasil)

Penyobekan bertujuan tidak hanya supaya tumbuhan induk mendapatkan santapan yang cukup buat bisa tumbuh berkembang dengan optimal, pula buat mendapatkan anakan baru yang bisa dimanfaatkan bagaikan bibit.

Secara spesial, penyobekan wajib dicoba kala tumbuhan berusia dekat 5- 6 bulan, sebab pada umur tersebut tumbuhan telah bisa ditentukan sudah menghasilkan anakan yang terpendam di dalam tanah.

  • Pengendalian Hama serta Penyakit

Penyakit yang sangat kerap melanda merupakan kalangan jamur semacam Fusarium Sp yang bisa membusukkan pangkal batang serta pangkal daun membusuk.

Pengendalian penyakit tanamana ini bisa dicoba dengan memakai fungisida yang mempunyai bahan aktif captafol ataupun dazomete, dengan dicelupkan ke dalam larutan fungisida tersebut, ataupun dengan menyemprotkannya.

Budidaya Lidah Buaya : Persiapan Lahan, Penanaman, Perawatan dan Masa Panen

Masa Panen

Tumbuhan yang pertumbuhannya sehat serta optimal, bisa dipanen sehabis umur 6 bulan. Tetapi, pada biasanya pemanenan dicoba kala tumbuhan berusia dekat 1 tahun.

Setelahnya panen bisa dicoba terus menerus tiap bulan sepanjang 7- 8 tahun dengan kuantitas panen 2- 3 buah pelepah masing- masing satu tumbuhan per panennya.

Metode memanen dengan memetik daun lidah buaya yang usianya sangat tua dengan memakai pisau ataupun cutter. Pelepah daun tersebut berikutnya dibawa ke tempat penyortiran buat dicoba proses lebih lanjut.

Demikian Uraian kami tentang Budidaya Lidah Buaya Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5