Cara Budidaya Lele Bagi Pemula serta Mengenal Kandungan Gizinya

3 min read

Cara Budidaya Lele Bagi Pemula serta Mengenal Kandungan Gizinya
0
()

Cara Budidaya Lele Bagi Pemula serta Mengenal Kandungan Gizinya –  Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Lele.

Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Budidaya Lele Bagi Pemula serta Mengenal Kandungan Gizinya


Lele ialah salah satu tipe ikan yang bisa kita jumpai di pasar, tidak cuma gampang di bisa lele pula ialah salah satu tipe ikan yang mempunyai harga lebih murah dibanding dengan tipe ikan yang lain.

Biayanya yang murah serta rasanya yang lezat membuat ikan lele banyak digemari orang, serta butuh kamu tahu pula kalau dikala ini jumlah pembeli ikan lele di pasaran terus menjadi bertambah.

Serta butuh kamu tahu pula kalau lele merupakn salah satu hewan yang tangguh di dalam habitatnya, ikan tipe ini bisa hidup di air rawa, lumpur, apalagi di air yang tercemar oleh limbah.

Serta buat sebagian tipe lele, dapat berkembang dengan panjang badan 1 sampai 2 meter dengan berat lebih dari 2 kilogram.


Kandungan Gizi Ikan Lele

  • Mineral
  • Kalori
  • Protein
  • Lemak
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Zat besi
  • Natrium
  • Vit B1, B2
  • Niacin

Banyaknya isi gizi pada ikan lele diatas membuat ikan ini terus menjadi banyak disantap oleh orang serta bisa jadi tercantum kamu.

Tetapi dengan kenyataan kalau lele bisa hidup di wilayah berlimbah, terdapat baiknya bila kamu lebih teliti dalam membeli tipe ikan yang satu ini, sebab tidak seluruh ikan lele yang dijual di pasar ialah hasil budidaya yang benar- benar bersih.

Baca Juga :  Jenis Jenis Ikan Lele dan Ragam Namanya Yang Perlu di Ketahui

Panduan Sukses Budidaya Ikan Lele Untuk Pemula

Disini aku sudah merangkum uraian serta panduan sukses budidaya ikan lele untuk pendatang baru yang bisa membagikan kesuksesan pada budidaya ikan lele kamu.

Berikut Panduan sukses buat budidaya ikan lele :

  • Posisi Kolam lele

Buat posisi kolam, terdapat baiknya pada posisi yang gampang terjangkau dengan iktikad buat mempermudah dalam mengendalikan keadaan perairan kolam.

Buat padat tebar benih lele hingga tiap 1 m persegi kolam bisa menampung 100 benih ikan lele sampai berusia.

Tetapi kita pula butuh mencermati kalau jangan sangat memadatkan kolam, perihal ini sanggup menimbulkan ikan lele hendak lebih gampang terkena penyakit.

Buat persiapan air kolam, saat sebelum menebar benih lele terdapat baiknya melaksanakan pemupukan pada air kolam dengan iktikad meningkatkan serta menyuburkan plankton bagaikan santapan ikan.

Pemupukan bisa dicoba dengan pemberian pupuk kandang kedalam air, setelah itu bisa kita tambah dengan EM4 bagaikan pengurai bahan organik serta kotoran lele sekalian bagaikan pemacu zat perkembangan ganggang.

Sehabis seminggu setelah itu air kolam hendak dipadati oleh ganggang, dengan begitu kandungan plankton dalam kolam telah lumayan bagaikan santapan ikan lele yang masih kecil.

  • Pakan Alternatif Yang Padat Nutrisi

Kesalahan para peternak lele pendatang baru yang kerap merupakan memakai pelet sebagai pakan dari umur kecil sampai panen.

Sementara itu harga lele senantiasa fluktuatif sebaliknya harga pelet telah tentu cenderung naik dari waktu ke waktu.

Berikut merupakan metode pemberian pakan alternatif yang tepat :

Buat umur muda, pemberian pakan dengan pelet total( dimensi kecil) dengan iktikad isi protein yang lebih besar diperlukan lele muda buat memacu perkembangan lele serta melindungi energi tahan badan lele.

Pemberian pakan pelet pada lele disesuaikan dengan dimensi serta tahapan.

Baca Juga :  Cara Menanam Daun Mint : Tahapan, Persiapan, Perawatan Dan Masa Panen

Pada sesi dini lele dimensi 5- 6 umumnya diberikan pelet terapung hingga bibit lele tersebut berumur 2 bulan. Tipe pakan pelet yang biasa diberikan pada lele umur muda ialah, PF 800, PF 1000.

Buat umur berusia ialah diatas 2 bulan, umumnya peternak lele lebih konsen buat tingkatkan bobot/ berat ikan. Buat perihal ini bisa kita bagikan konsumsi pakan alternatif semacam berikut ini:

Maggot lalat, didalamnya memiliki protein maggot dengan prosentase 40%. Pakan tipe ini bisa tingkatkan tingkatan metabolisme pada ikan.

Ikan rucah, didalamnya sangat memiliki protein serta gizi yang luar biasa besar.

Keong, secara alternatif dapat digunakan bagaikan santapan yang bisa memesatkan perkembangan ikan lele dengan isi protein sangat lengkap.

Pakan ini sangat menguntungka untuk para peternak lele sebab lumayan gampang buat mendapatkannya.Cacing, didalam badan cacing memiliki kandungan protein yang sangat besar ataupun dekat 76%.

Yakinkan cacing yang digunakan bagaikan pakan lele wajib dibersihkan terlebih dulu sehingga bersih dari bermacam kuman pathogen yang terdapat didalamnya.

Kamu pula dapat membagikan selingan pakan dedaunan dari sayur- mayur semacam sisa sayur kangkung, ataupun daun pepaya sebab pakan nabati semacam daun pepaya pula mempunyai manfaat bagaikan obat untuk ikan lele.

Pemberian pakan wajib dicoba 3 kali satu hari. Ialah pada jam 9 pagi kemudian jam 2atau 3 siang serta dilanjutkan jam 8- 9 malam.

Jangan hingga telat membagikan pakan supaya tidak terjalin kanibalisme. Butuh diingat buat menjauhi berikan pakan dipagi hari saat sebelum jam 9 sebab ikan lele belum nafsu makan.

Dampaknya pakan hendak menumpuk serta mencemari kolam.

  • Pemilihan Bibit Unggul

Bibit yang baik hendak memperkenalkan mutu panen yang baik pula. Kamu dapat memilah bibit yang kualitasnya baik supaya memperoleh hasil yang bermutu. Berikut identitas bibit unggul ikan lele yang bermutu:

    • Badan pada ikan lele seimbang
    • Seleksi ikan lele yang mempunyai gerak lincah serta sungut berseri ataupun tidak pucat
    • Corak badan mengkilap
    • Perhatikan tingkahlaku pada ikan lele, ikan lele yang baik tidak berdiri ataupun menggantung kala berada didalam air.
  • Pemberian Probiotik Secara Teratur

Mayoritas peternak pendatang baru cuma membagikan probiotik diawal saja. Sementara itu buat melindungi keadaan air kolam senantiasa sehat hingga hendaknya kamu meningkatkan probitik tiap seminggu sekali.

Baca Juga :  Tanaman Buncis : Klasifikasi, Morfologi, Gizi dan Manfaatnya

Kandungan plankton, ganggang dan mikroorganisme yang jadi pakan natural ikan lele hendak senantiasa terpelihara. Tidak hanya itu kotoran ikan lele hendak kilat terurai

Cara Budidaya Lele Bagi Pemula serta Mengenal Kandungan Gizinya

Masa Panen Lele

Langkah terakhir dalam metode budidaya lele di kolam tanah sama dengan Metode Budidaya Ikan Guppy, ialah panen.

Buat kamu tahu panen lele di kolam tanah telah dapat kamu jalani kala lele berusia 90 hari semenjak bibit ditebar.

Ada pula metode panen lele yang pas ialah:

  • Buat memudahkan kamu dalam memanen, kamu dapat membuang sebagian air di kolam memakai pompa maupun mengurasnya dengan ember.
  • Pakai sarung tangan dan perlengkapan semacam jaring supaya tangan kamu tidak terluka.
  • Sehabis itu kamu dapat memanennya serta kamu pula dapat menyortir lele mana yang hendak di peruntukan indukan, dijual serta disantap sendiri.

Demikian Uraian kami tentang Budidaya Lele Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5