Budidaya Lada : Metode Pembibitan, Perawatan dan Panen (Panduan Sukses)

2 min read

0
()

Budidaya Lada : Metode Pembibitan, Perawatan dan Panen (Panduan Sukses) – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Lada .

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Budidaya Lada : Metode Pembibitan, Perawatan dan Panen (Panduan Sukses)


Lada ialah salah satu bumbu terkenal.Sebab kepopulerannya, negara- negara Asia Tenggara semacam Indonesia yang tanahnya sesuai untuk tumbuhan rempah ini jadi magnet bangsa Eropa serta sekutunya buat tiba.

Lada memiliki sebagian khasiat untuk kesehatan badan. Salah satunya ialah penghangat badan, sehingga tidak heran bila bangsa Eropa yang kebanyakan negaranya bersuhu dingin tiba ke Asia buat mencari lada.

Tumbuhan lada tidak sangat sulit buat berkembang pada bermacam tipe tanah semacam Andosol, Vertisol, Alfisol, Oxisol yang berarti memiliki banyak zat hara, produktif serta mempunyai drainase yang baik.

Tidak hanya sebagian tipe tanah diatas ada satu tipe tanah yang sangat baik buat perkembangan tumbuhan lada ialah Tanah liat berpasir.

Tumbuhan lada bisa berkembang dengan produktif didaerah yang mempunyai ketinggian 0- 500 dpl.

Bila posisi yang diseleksi lebih besar dari ketinggian idealnya hingga tumbuhan lada tidak hendak berkembang dengan optimal ataupun produktif.

Tumbuhan lada bisa berkembang dengan produktif pada wilayah yang mempunyai kelembaban anatara 200 C hingga 340 C.

Tidak hanya itu lada pula sangat menggemari wilayah yang bercurah hujan antara 2000- 3000 milimeter pertahun.

Baca Juga :  Pupuk Hijau : Pengertian, Jenis, Cara Membuat, Keunggulan Dan Kelemahannya

Langkah- Langkah Budidaya Lada


  • Pemilihan Bibit

Walaupun bukan bagaikan jaminan sebab bergantung pada tahapan yang lain, tetapi pemilihan bibit yang unggul serta bermutu pasti bisa berkontribusi dalam menciptakan lada yang bermutu.

Sebagian karakteristik bibit yang bermutu antara lain perkembangan bibit yang seragam satu dengan yang lain, tahan dikala dicoba pemindahan, serta perkembangan relatif kilat.

  • Pengolahan Lahan

Penyediaan lahan memanglah tergantung pada banyak sedikitnya tumbuhan budidaya yang hendak ditanam. Polybag pas digunakan bila Kamu mempunyai lahan yang terbatas.

Tetapi, bila ada lahan yang lumayan, hingga berikut merupakan langkah- langkah persiapannya:

    • Pembersihan lahan dari tumbuhan gulma semacam rumput serta yang lain.
    • Cangkul tanah sedalam kurang lebih 40 centimeter serta tambahkan pupuk kandang buat memperkaya zat hara dalam tanah( perkenankan sepanjang 7 hari).
    • Pembuatan bedengan dengan lebar kurang lebih 140 centimeter serta besar 50 centimeter. Panjang bedengan sesuaikan dengan lahan serta jangan kurang ingat buat saluran irigasi buat jalan pengairan.
    • Buat lubang dengan jarak 40 centimeter buat penanaman bibit.
  • Penanaman Lada

Penanaman dicoba pada dikala bibit telah lumayan usia serta layak tanam. Keadaan ini wajib ditentukan supaya efek tumbuhan mati bisa diminimalkan.

Ambil bibit lada dalam polybag, sobek polybag, serta keluarkan buat dimasukkan ke dalam lubang yang tadinya telah disiapkan. Tutup kembali lubang dengan tanah yang telah dicampur dengan kompos.


Perawatan Lada

Langkah berikutnya yang sangat memastikan dalam proses budidaya lada merupakan perawatan yang baik serta tidak berubah- ubah. Terdapat sebagian langkah berarti yang butuh dicoba dalam aktivitas perawatan ialah:

  • Pembuatan Sulur. Siapkan bambu bagaikan sulur( media rambat) untuk tumbuhan lada.
  • Penyiangan. Bilas tumbuhan dari tumbuhan gulma semacam rumput yang umumnya mulai timbul pada 2 minggu sehabis dini penanaman.
  • Pemupukan. Jalani pemupukan buat menaikkan nutrisi tumbuhan yang diperlukan buat berfotosintesis. Terlebih, bila telah mulai berbuah, hingga kebutuhan hendak faktor hara terus menjadi bertambah.
Baca Juga :  Manfaat Kacang Gude Serta Kandungan Gizi Pentingnya Untuk Tubuh

Pemanenan Lada

Lada perdu mulai berproduksi pada usia 2 tahun, serta panen berikutnya di adakan tiap bulan hingga tumbuhan berusia 10 tahun bergantung pemeliharaannya.

Waktu panen di tentukan oleh tipe lada yang di hasilkan serta tidak berbeda dengan lada rambat ataupun lada panjat ialah lada gelap ataupun putih.

Dalam tahapan Panen  ini Kamu dapat memperhitungkan apakah rangkaian proses yang tadinya dicoba berjalan efisien ataupun tidak. Berikut tahapannya:

  • Yakinkan lada telah siap panen, diisyarati rupanya hijau.
  • Petik secara selektif serta sesering bisa jadi supaya hasil panen seragam, tidak tercampur antara yang muda( belum matang) dengan yang tua( sangat tua).
  • Buah lada yang jatuh ke tanah wajib lekas diambil serta pisahkan dengan yang lain sebab memerlukan pemrosesan yang berbeda.
  • Yakinkan fasilitas yang digunakan buat pemanenan bersih serta higienis supaya mutu lada terpelihara.

Demikian Uraian kami tentang Budidaya Lada Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5