Panduan Mengenal Ciri dan Cara Budidaya Kembang Turi Yang Tepat

2 min read

Panduan Mengenal Ciri dan Cara Budidaya Kembang Turi Yang Tepat
0
()

Panduan Mengenal Ciri dan Cara Budidaya Kembang Turi Yang Tepat – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Kembang Turi.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Panduan Mengenal Ciri dan Cara Budidaya Kembang Turi Yang Tepat


Turi ataupun kembang turi merupakan tumbuhan yang berasal dari Asia Tenggara serta Asia Selatan, tetapi saat ini ini telah menyebar hingga ke wilayah tropis dunia. Tumbuhan ini tersebar dari India Timur hingga Australia.

Di Indonesia sendiri tumbuhan ini umumnya di tanam untuk tanaman hias di taman rumah ataupun di sawah bagaikan tumbuhan pelindung.

Bagian dari daun dan polong yang masih muda dapat dimakan sebagai sayur ataupun lalap( urap– urap) sehabis direbus.

Daun dari tumbuhan ini mempunyai bau kurang nikmat dan berdahak walaupun sudah dikukus, hendak namun daun ini mempunyai isi nutrisi baik buat memperlancar asi untuk bunda yang lagi menyusui.

Sebaliknya bunganya mempunyai rasa gurih dan manis sehingga sesuai buat dijadikan kombinasi pecel ataupun dimasak oseng– oseng.

Di dalam tumbuhan kembang turi memiliki senyawa saponin, tanin glikoside, perioksidase, vit A, vit B, vit C. Tidak hanya itu pula memiliki kalsium, zat besi, serta zat gula.

Kandungan- kandungan yang dipunyai bunga turi tersebut menjadikannya memiliki banyak khasiat. Tidak cuma bunganya saja tetapi bagian- bagian lain dari tumbuhan pula bermanfaat.

Baca Juga :  Cara Menanam Jeruk Santang Serta Perawatannya Yang Tepat Agar Berbuah Lebat

Syarat Tumbuh Kembang Turi

Bagaikan ketentuan berkembang dalam metode budidaya kembang turi berkembang di pekarangan, kebun serta sawah memiliki tanah produktif, tanah asam ataupun tanah berair.

Tetapi buat metode budidaya kembang turi kurang baik ditanam pada ketinggian lebih dari 1. 500 mdpl.


Metode Budidaya Kembang Turi

  • Persiapan lahan

Walaupun dalam metode budidaya kembang turi bisa ditanam di tanah yang kurang produktif, sebisa bisa jadi mencerna tanah tersebut tadinya biar kemampuan hidup tumbuhan lebih besar dan pohonnya juga lebih produktif.

Triknya dimulai dengan membuat lubang tanam dengan diameter 1 x 1 meter serta kedalaman 50 centimeter. Setelah itu masukkan pupuk kandang yang telah matang ke dalam lubang tersebut sampai setinggi 10- 20 centimeter.

Perkenankan lubang tanam ini sepanjang 7- 14 hari biar nutrisi di dalam pupuk terserap ke dalam tanah di dekatnya.

  • Persiapan bibit

Bibit kembang turi dapat diperoleh lewat biji serta stek batang. Bijinya berasal dari buah/ polong yang sudah tua dan mengering. Sehabis dikeluarkan dari kulitnya, biji ini lalu disemaikan di dalam polybag.

Media persemaian yang dipakai dalam metode budidaya kembang turi berbentuk kombinasi tanah, pasir, serta pupuk kompos dengan dimensi sama rata.

Apabila bibit telah berkembang kemudian timbul 1– 2 daun muda hingga bisa dipindahkan ke tempat lebih cerah. Jaga senantiasa media supaya tidah kering serta tidak sangat basah dengan menyemprotkan air halus 1– 2 kali satu hari bila medianya kering.

  • Proses penanaman bibit

Sehabis berkembang 2- 4 helai daun, hingga bibit turi ditanam ke dalam lubang- lubang yang telah diberikan. Keluarkan bibit tersebut dari polybag dengan hati- hati biar tidak mengganggu sistem perakarannya.

Baca Juga :  Khasiat Pisang Mas Untuk Kesehatan dan Kecantikan serta Mengenal Kandungan Gizinya

Berikutnya tanamkan bibit ini sampai seluruh bagian akarnya masuk ke dalam lubang. Barulah berikutnya owner dapat menutupnya mengenakan susunan tanah atas.

Upayakan biar posisi bibit tersebut senantiasa tegak menghadap ke arah atas. Proses penanaman sangat baik dilaksanakan sewaktu pagi ataupun sore hari.

  • Pemanenan

Buat pemanenan kembang turi sendiri dapat dicoba bila telah berusia 4- 8 bulan. Bunganya dapat dipetik bila diisyarati dengan bunganya yang telah besar serta sedikit membuka.

Panduan Mengenal Ciri dan Cara Budidaya Kembang Turi Yang Tepat


Perawatan Tumbuhan Kembang Turi

Pada dasarnya, buat metode budidaya kembang turi tidak membutuhkan perawatan yang begitu lingkungan.

Tumbuhan ini bisa hidup dengan produktif di area yang lumayan ekstrem asalkan keperluan air serta nutrisinya tercukupi.

Pada masa dini perkembangannya, jalani penyiraman secara tertib ialah tiap 2 kali satu hari ataupun diadaptasi dengan suasana cuaca.

Tidak hanya itu, biar nutrisi yang dibutuhkan tumbuhan ini berkecukupan jalani pemupukan dengan mengenakan pupuk kandang tiap sebulan sekali.

Jangan kurang ingat pula dalam melaksanakan penyiangan pada gulma yang berkembang di dekat tumbuhan minimun tiap 3 bulan sekali.

Jalani pula pemangkasan dikerjakan di bagian tumbuhan yang mengering ataupun menderita hama dan penyakit.

Demikian Uraian kami tentang  Budidaya Kembang Turi Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5

Jenis Tanaman Aquascape Yang Cocok Bagi Pemula

0 () Jenis Tanaman Aquascape Yang Cocok Bagi Pemula – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman Aquascape. Contents 1 Jenis...
Admin1
2 min read

Nama-Nama Bunga Beserta Artinya

0 () Nama-Nama Bunga Beserta Artinya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Nama-Nama Bunga Beserta Artinya. Contents 1 Nama-Nama Bunga...
Admin1
2 min read

Beberapa Tanaman Hias Buah Yang Tidak Kalah Cantiknya Dari…

0 () Beberapa Tanaman Hias Buah Yang Tidak Kalah Cantiknya Dari Tanaman Bunga – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman...
Admin1
2 min read