Budidaya Kaktus Hias

2 min read

Budidaya Kaktus Hias
0
()

Budidaya Kaktus Hias – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Kaktus Hias. Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Budidaya Kaktus Hias


Kaktus termasuk dalam kelompok tumbuhan berduri (cactateae) serta mempunyai buah yang unik. Tumbuhan ini mempunyai pangkal yang panjang yang bertujuan buat mencari penyerapan air.

Kaktus bisa dikembangbiakkan lewat beberapa metode, dari biji serta stek batang. Sebagian orang melaksanakan metode grafting sebab dikira gampang.

Grafting ialah metode perbanyak tumbuhan dengan metode menyambung serta mencampurkan batang atas hasil pemangkasan dengan batang dasar kaktus yang lain.

Biasanya, kaktus berasal dari lahan kering Amerika Selatan serta Meksiko, ialah daerah-daerah yang mempunyai curah hujan yang rendah dengan frekuensi yang tidak pasti.


Cara Budidaya Kaktus Hias

Tipe kaktus yang biasa dijadikan bagaikan tumbuhan hias merupakan kaktus mini yang bisa menciptakan bunga. Bila Kamu tertarik buat mulai budidaya kaktus, ini ia beberapa langkah yang wajib dicoba.

Persiapan Bibit Kaktus

Langkah awal buat melaksanakan budidaya kaktus hias merupakan mempersiapkan bibit bermutu. Kamu dapat memakai bibit yang dibeli dari toko tumbuhan hias ataupun memperbanyaknya sendiri dari tumbuhan induk.

Kriteria bibit kaktus bermutu yang wajib diseleksi antara lain:

  • Batang tidak memar
  • Arah berkembang tegak lurus
  • Mempunyai jarum yang sempurna

Persiapan Media Tanam

Sebab habitat asal kaktus terletak di wilayah gurun yang kering, maka Kamu wajib mempersiapkan media tanam yang kering serta tidak tahan udara.

Baca Juga :  Cara Menanam Bunga Rosella Mudah dan Simpel Untuk Pemula

Kamu dapat memakai bermacam-macam tipe media tanam semacam pasir, arang sekam, serta pula pupuk kompos dengan perbandingan 1:1:1.

Pemeliharaan kaktus

Sebagian tipe kaktus ada yang menggemari tempat yang lebih hitam, tetapi terdapat pula yang menggemari cahaya matahari penuh.

Buat tipe kaktus yang menggemari cahaya matahari penuh, maka jangan langsung diletakkan dibawah cahaya matahari langsung.

Perkenankan tumbuhan sepanjang 3 minggu terlebih dulu saat sebelum menempatkannya dibawah cahaya matahari.

Sebaliknya buat tipe kaktus yang menggemari tempat yang hitam, maka langsung bisa ditempatkan di tempat yang terserang cahaya matahari sesekali.

Pemeliharan lain merupakan penyiraman yang dicoba tiap seminggu sekali ataupun dapat pula disesuaikan dengan tingkatan kekeringan media tanam kaktus tersebut.

Sedangkan itu, pemupukan pula wajib dicoba secara teratur sebulan sekali ataupun 2 minggu sekali memakai fosfor serta kalium besar.

Pemberian pupuk tersebut dicoba sesuai takaran petunjuk. Umumnya sebulan setelah itu kuntum bunga kaktus mulai bermunculan.

Budidaya Kaktus Hias


Metode Membudidayakan Kaktus Mini dengan Metode Grafting

Metode grafting pada kaktus ialah metode yang dicoba supaya perkembangan kaktus lebih cepat.

Perihal yang perlu dicermati merupakan Kamu wajib bersedia menanggung efek bila tumbuhan kaktus Kamu rusak serta perkembangan tumbuhan tidak sesuai.

Tetapi jangan takut, dengan mencermati langkah-langkah berikut maka hendak kurangi efek kegagalan.

Perlengkapan serta bahan yang butuh disiapkan:

  • Tumbuhan kaktus yang masih hidup serta sehat
  • Suatu meja bagaikan tempat kerja
  • Pisau yang tajam (perihal ini berarti supaya memudahkan proses pemotongan)
  • Plaster
  • Alkohol 70% (digunakan buat mensterilkan perlengkapan)
  • Lampu ataupun penerangan (opsional)
  • Penjepit (opsional)
  • Kain ataupun kertas tissue yang bersih
  • Kantong plastik

Langkah-langkah:

  • Saat seluruh perlengkapan serta bahan sudah siap saatnya buat melaksanakan pemotongan awal. Perihal yang sangat utama dalam melaksanakan pencangkokan merupakan melindungi supaya tumbuhan senantiasa steril. Pakai ethanol 95% buat cuci perlengkapan serta bahan.
  • Tentukan letak batang yang mau dipotong.
  • Potong rata batang atas bagaikan top grafting.
  • Potonglah tiap-tiap tulang pada sudutnya.
  • Potonglah batang kaktus lain yang hendak jadi batang atas nantinya.
  • Pada potongan batang, Kamu hendak menciptakan potongan menyamai cincin ditengahnya, upayakan garis cincin antara keduanya saling bersentuhan supaya nutrisi serta air bisa diteruskan dari pangkal.
  • Campurkan kedua pangkal batang kaktus yang sudah dipotong. Bagian ini lumayan susah sebab membutukan kesabaran serta kecepatan. Kamu wajib menjauhi salah satu dari batang tersebut mengering saat sebelum bergabung bersama-sama.
  • Sehabis meletakkan potongannya, tekan secara perlahan supaya tidak terdapat udara diantara keduanya.
  • Bungkus sambungan tersebut dengan memakai kantong plastik, gunakkan tissue supaya ikatan tidak licin, perkuat dengan memakai plaster ikat, simpanlah di tempat yang teduh.
Baca Juga :  Jenis-Jenis Terong dan Manfaatnya Yang Perlu Kamu Untuk Ketahui

Demikian Uraian kami tentang Budidaya Kaktus Hias Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5