Budidaya Kacang Hijau : Panduan Tepat Pembibitan, Perawatan dan Panen Memuaskan

3 min read

Budidaya Kacang Hijau : Panduan Tepat Pembibitan, Perawatan dan Panen Memuaskan
0
()

Budidaya Kacang Hijau : Panduan Tepat Pembibitan, Perawatan dan Panen Memuaskan – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Kacang Hijau.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Budidaya Kacang Hijau : Panduan Tepat Pembibitan, Perawatan dan Panen Memuaskan


Kacang hijau telah sangat terkenal di Indonesia. Kacang Hijau merupakan sejenis tumbuhan palawija yang berkembang dengan baik di daerah- daerah tropika.

Tanaman yang tercantum suku kacang- kacangan( Fabaceae) ini mempunyai banyak khasiat dalam kehidupan tiap hari manusia bagaikan sumber bahan pangan berprotein nabati besar.

Di Indonesia, kacang hijau menempati urutan ketiga bagaikan tumbuhan pangan legum, sehabis kedelai serta kacang tanah.

Sebagai negeri yang terletak di garis khatulistiwa. Budidaya kacang hijau sangat sesuai di segala wilayah di Indonesia.


Ketentuan Tumbuh

Kacang hijau sangat sesuai ditanam pada tanah bertekstur liat berlempung yang banyak memiliki bahan organik, aerasi, dan drainase yang baik.

Kacang hijau berkembang maksimal pada struktur tanah yang gembur dengan pH 5, 8- 7, 0 maksimal 6, 7.Udara  yang baik  mempunyai curah hujan maksimal ialah 50- 200 milimeter/ bulan.

Temperatur 25- 27 0C serta kelembaban hawa antara 50- 80% dan memperoleh cahaya matahari yang cukup.Seluruh varietas kacang hijau yang sudah dilepas sesuai ditanam di lahan sawah ataupun tegalan.

Baca Juga :  Metode Memilih dan Cara Menanam Kacang Hijau Yang Tepat Untuk Pemula

Varietas terkini tahan penyakit semacam Sriti, Kutilang, Perkutut, serta Mural. Tipe bibit ini diajarkan buat ditanam pada wilayah yang mempunyai endemik penyakit Embun Tepung serta Bintik Daun.

Kebutuhan benih dekat 20 kilogram/ ha dengan energi berkembang 90%.Kacang kacangan mempunyai khasiat yang sangat besar buat kesehatan paling utama dalam pemenuhan nutrisi.

Sehabis tadinya kami membagikan metode menanam kacang tanah serta kacang panjang, kali ini Kutanam hendak membagikan panduan lengkap gimana metode menanam kacang hijau.

Kacang hijau mempunyai pasar yang sangat menjanjikan, sebab dengan harga yang sangat terjangkau kacang hijau mempunyai isi nutrisi tercantum protein nabati yang sangat besar.

Saat sebelum masuk ke dalam inti gimana metode menanam kacang hijau, terlebih dulu Kamu wajib mengenali apa saja ketentuan berkembang kacang hijau biar Kamu pula dapat memperoleh hasil panen yang maksimal.

Kacang hijau bisa berkembang di dataran rendah dekat 500 m diatas permukaan laut.Kacang hijau bisa berkembang dengan baik di negeri tropis.

PH yang diperlukan kacang hijau biar bisa berkembang merupakan 5- 6.Apabila tanah bertabiat asam dengan PH dibawah 5.

Kamu dapat melaksanakan pengapuran dengan memakai dolomit dengan takaran 1 ton buat 1 hektar lahan.

Proses ini hendaknya dicoba 1 bulan saat sebelum masa tanam.Tumbuhan kacang hijau menggemari tanah yang gembur serta kaya faktor hara di dalam tanah.


Tahapan Metode Menanam Kacang Hijau.

Sehabis Kamu menguasai apa saja ketentuan berkembang kacang hijau, Kamu telah dapat masuk ke tahapan berikutnya.

  • Persiapkan Lahan

Sesi awal dari langkah budidaya kacang hijau ini merupakan dengan mempersiapkan lahan. Kamu dapat melaksanakannya dengan membajak maupun mencangkul tanah.

Sehabis itu Kamu dapat meningkatkan pupuk kandang yang bermanfaat buat tingkatkan nutrisi dalam tanah yang nantinya sangat diperlukan oleh tumbuhan kacang hijau.

Baca Juga :  Budidaya Kurma : Habitat, Syarat Tumbuh, Teknik Perawatan dan Masa Panennya

Buat bedengan dengan lebar 1 m serta besar dekat 30- 50cm, ataupun dapat pula dengan membiasakan keadaan lahan Kamu dikala ini.

Jarak antar bedengaan hendaknya merupakan 2 m biar air hujan bisa mengalir mudah tanpa terdapat yang tergenang di tengah lahan.Sehabis bedengan Kamu jadi, buat lubang tanam sebesar 25 x 25cm ataupun 20x20cm.

Buat lubang dengan mata 3, dimana lubang tanam yang digunakan buat menanam benih,kedalaman 4cm serta 2 lubang yang lain mempunyai kedalaman 8- 10 centimeter yang bermanfaat buat memasukkan pupuk.

  • Penyemaian Benih

Langkah berikutnya merupakan menyemai benih, langkah ini lumayan berarti terlebih apabila lahan yang telah Kamu persiapkan belum sempat Kamu tanami kacang hijau.

Langkah ini lumayan gampang, ialah dengan metode inokulasi. Benih kacang hijau yang hendak digunakan dibasahi dengan memakai air serta diangin anginkan sepanjang 4 jam sampai benih mulai berkecambah.

  • Proses Tanam Bibit Kacang Hijau

Sehabis bibit mulai berkecambah, Kamu dapat mulai melaksanakan penanaman ke dalam lubang yang telah Kamu persiapkan tadinya. Masukkan 2 benih kacang hijau pada tiap lubang.

Yakinkan benih kacang hijau yang Kamu masukkan telah berkecambah serta kondisinya baik.

Pada 2 lubang yang lain, Kamu dapat menutupnya dengan tanah tipis sampai rata. Tujuan dari pembuatan lubang ini merupakan biar memudahkan Kamu dikala melaksanakan pemupukan tumbuhan.


Perawatan Kacang Hijau


  • Penyiraman

Penyiraman pada benih lumayan berarti biar tumbuhan kacang hijau dapat memperoleh nutrisi yang lumayan. Apabila lahan tempat Kamu menanam lembab, Kamu dapat melaksanakan penyiraman satu hari sekali.

Tetapi apabila tanah tempat Kamu menanam lumayan kering, penyiraman dapat Kamu jalani pada pagi serta sore hari buat membenarkan tumbuhan kacang hijau memperoleh konsumsi air yang lumayan.

  • Penyulaman

Dikala kacang hijau merambah masa tanam 15- 20 hari, hingga Kamu wajib melaksanakan penyulaman.

Baca Juga :  Inilah 11 Manfaat Daun Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan Yang Kamu Perlu Ketahui

Kamu wajib menyortir mana saja tumbuhan kacang hijau yang tidak berkembang dengan sempurna serta lekas mengubahnya dengan benih baru biar dikala panen seluruh tumbuhan dapat berkembang dengan menyeluruh.

  • Penyiangan

Gulma serta rumput liar yang berkembang di dekat tumbuhan hendak mengusik perkembangan kacang hijau, sebab hendak meresap seluruh nutrisi yang diperlukan kacang hijau buat berkembang dengan baik.

Budidaya Kacang Hijau : Panduan Tepat Pembibitan, Perawatan dan Panen Memuaskan

  • Beri Pupuk

Pupuk diperlukan tumbuhan kacang hijau biar pertumbuhannya senantiasa terpelihara.

Pada masa ini Kamu dapat melaksanakannya bertepatan dengan menanam benih ataupun pada dikala tumbuhan hendak berbunga, umumnya 1 bulan sehabis masa tanam.

Dosis pupuk yang diberikan merupakan:

  • Urea 50kg buat tiap 1 hektar lahan.
  • TSP 100kg buat tiap 1 hektar lahan.
  • KCL 50kg buat tiap 1 hektar lahan.

Masa Panen Kacang Hijau

Kacang hijau umumnya masuk ke dalam masa panen sehabis berumur 60 hingga 80 hari sehabis masa tanam.

Karakteristik karakteristik tumbuhan kacang hijau yang siap panen merupakan denngan polong yang mulai mengering serta mudah rusak.

Demikian Uraian kami tentang Budidaya Kacang Hijau Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5