Cara Budidaya Jintan Hitam Yang Tepat dan Sejarah Pengobatannya

3 min read

Cara Budidaya Jintan Hitam Yang Tepat dan Sejarah Pengobatannya
0
()

Cara Budidaya Jintan Hitam Yang Tepat dan Sejarah Pengobatannya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Jintan Hitam.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Budidaya Jintan Hitam Yang Tepat dan Sejarah Pengobatannya


Jintan Hitam ataupun Habbatussauda( Nigella sativa Linn.) merupakan bumbu yang bisa digunakan sebagai tumbuhan obat.

Rempah ini berupa butiran biji bercorak gelap yang sudah diketahui ribuan tahun yang kemudian serta digunakan secara luas oleh warga India, Pakistan, serta Timur Tengah buat menyembuhkan bermacam berbagai penyakit.

Terna ini ialah bumbu yang bisa digunakan bagaikan tumbuhan obat.Tipe tumbuhan ini sudah disebut- sebut sebagai tumbuhan obat dalam pertumbuhan awal agama Islam.

Jintan hitam ( Nigella sativa) merupakan terna, daunnya berbau fresh, bijinya memiliki minyak asiri serta lemak, digunakan buat bumbu serta kombinasi obat- obatan, misalnya buat obat sakit perut.


Morfologi Jintan Hitam

Jinten hitam merupakan tumbuhan tahunan yang dipunyai oleh keluarga buttercup. Ia menggunakan bunga putih serta biru serta tingginya antara 30 serta 60 centimeter.

Daunnya merupakan fiederspaltig( 2 garis yang tersusun di sejauh poros pisau) serta batangnya bisa bercabang ganda. Benih yang berharga terdapat di kapsul, yang nampak sangat mirip dengan biji poppy.

Amplop biji ini mencuat dari bunga- bunga berupa bintang. Walaupun namanya, jintan gelap tidak mempunyai kesamaan dengan jinten ataupun jinten baik dalam penampilan ataupun rasa.

Baca Juga :  Cara Menanam Blewah : Kandungan Gizi, Syarat Tumbuh, Perawatan dan Masa Panen

Tumbuhan ini sudah digunakan sepanjang lebih dari 2000 tahun untuk tumbuhan obat serta bumbu.

The Black Cumin, dalam bahasa Latin Nigella sativa, yang diketahui di segala dunia hari ini, bisa jadi sebab perkataan Muhammad:” jinten mengobati penyakit apapun- tetapi tidak menolong melawan kematian”.

Tidak hanya rasanya, itu di atas seluruh dampak kesehatan yang jauh jangkauan dari jintan gelap, yang membuat tumbuhan sangat terkenal.

Tidak hanya biji murni, tumbuhan ini pula digunakan bagaikan minyak ataupun teh. Asma, permasalahan pencernaan, hipertensi serta banyak penyakit yang lain diringankan.


Sejarah Pengobatan Jintan Hitam

Habbatussauda atau Jintan Hitam banyak diketahui dengan bermacam nama, antara lain black seed, black caraway, natura seed, jintan gelap, black cumin, nigella sativa, kaluduru, dan lainnya.

Digunakan bagaikan herbal penyembuhan semenjak 2000- 3000 tahun saat sebelum Masehi serta tercatat dalam banyak literatur kuno menimpa pakar penyembuhan terdahulu semacam Ibnu Sina( 980- 1037 M), serta Al- Biruni( 973- 1048 Meter), Al- Antiki, Ibnu Qayyim serta Al- Baghdadi.

Ibnu Sina merupakan periset jenius dari Timur Tengah di bidang penyembuhan yang namanya tercatat di seluruh novel sejarah penyembuhan timur ataupun barat, hidup antara 980- 1037 M, sudah mempelajari bermacam khasiat Habbatussauda buat kesehatan serta penyembuhan.

Pakar penyembuhan Yunani kuno, Dioscoredes, pada abad awal Masehi pula sudah mencatat khasiat habbatussauda buat menyembuhkan sakit kepala serta saluran respirasi.

Rempah ini berupa butiran biji bercorak gelap yang sudah diketahui ribuan tahun yang kemudian serta digunakan secara luas oleh warga India, Pakistan, serta Timur Tengah buat menyembuhkan bermacam berbagai penyakit.


Metode Menanam Budidaya Jintan Hitam atau Habbatussauda


  • Pengolahan Lahan Tanam

Bilas gulma ataupun tumbuhan pengganggu yang lain yang terdapat di lahan tanam, setelah itu tanah bagian atas( top soil) digemburkan dengan metode dicangkul sampai kedalaman 20- 30 cm.

Baca Juga :  Budidaya Azolla : Teknik Mudah Tanam Azolla di Kolam Tanah dan Terpal

serta dibalikkan sampai bagian dasar terletak di permukaan. Sehabis itu, diamkan tanah sepanjang seminggu supaya proses aerasi berjalan dengan baik.

Sehabis dibiarkan sepanjang seminggu, jalani pemupukan dasar pada tanah dengan memakai pupuk organik( berbentuk kotoran ayam ataupun kambing) sebanyak 6- 8 ton/ ha.

Berikutnya, buatlah bedengan yang disesuaikan kontur tanah supaya tidak terjalin penggenangan air. Bedengan bisa terbuat dengan dimensi lebar 1- 1, 5 meter, besar 25- 30 cm.

serta panjang disesuaikan kontur tanah dengan jarak sempurna antar bedengan 25- 30 centimeter. Setelah itu, buatlah lubang tanm dengan jarak tanam 20×20 centimeter.

  • Pembibitan Jintan Hitam

Perbanyakan bibit jintan gelap bisa dicoba lewat Biji. Biji dikeringkan terlebih dulu sepanjang sebagian hari, sehabis itu direndam sepanjang 2 jam buat memesatkan masa dormansi.

Berikutnya, semaikan biji dengan ditaburkan ke bedeng persemaian. Biji hendaknya di sebar tidak sangat rapat supaya bisa berkembang dengan baik.

Biasanya sehabis 10- 14 hari, biji Jintan telah jadi bibit yang siap dipindahkan ke polybag. Media tanam yang bisa digunakan bisa berbentuk kombinasi tanah dengan pupuk kandang dengan perbandingan 4: 1 ataupun 4: 2.

Bibit telah siap ditanam bila telah berusia 3- 4 minggu dengan besar 8- 10 centimeter serta mempunyai pangkal yang relatif lebih banyak.

  • Penanaman Jintan Hitam

Sehabis seluruhnya siap, lekas jalani penanaman. Lepaskan polybag bibit jintan gelap dengan hati- hati supaya tidak mengganggu media serta perakaran bibit tersebut.

Sehabis itu, letakkan bibit ke dalam lubang tanam serta timbun kembali kemudian sedikit padatkan supaya tumbuhan berdiri tegak. Jalani penyiraman seperlunya.

Cara Budidaya Jintan Hitam Yang Tepat dan Sejarah Pengobatannya

  • Pemeliharaan serta Pemanenan Jintan Hitam

Jalani penyiraman seperlunya saja, bila sangat banyak air hendak membuat pangkal tumbuhan membusuk serta bila kurang air, tumbuhan hendak kering.

Baca Juga :  Sawo kecik : Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Gizi dan Manfaatnya

Penyiraman tumbuhan dihentikan bila tumbuhan sudah berbunga serta tercipta kelopak sampai tumbuhan mengering.

Jalani pula penyiangan pada gulma ataupun tumbuhan pengganggu yang lain yang terdapat di dekat tumbuhan jintan gelap. Bila tumbuhan jintan terkena hama serta penyakit, bisa dicoba penindakan memakai pestisida nabati.

Pemanenan jintan gelap bisa dicoba dikala bagian dasar Jintan gelap mulai kering serta kulit bijinya telah kekuningan.

Pemanenan ini dicoba dengan metode memotong bagian dasar tumbuhan serta mengikatnya. Hasil panen dikeringkan serta dibolak balik sehingga bijinya rontok.

Biji yang sudah keluar dari cangkang( kulit) diayak supaya terpisah dari bahan lain. Biji yang sudah diperoleh dapat diolah bagaikan bahan obat.

Demikian Uraian kami tentang Budidaya Jintan Hitam Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5