Budidaya Jeruk Keprok Sukses Berhasil Cepat Berbuah(Pemula)

3 min read

Budidaya Jeruk Keprok Sukses Berhasil Cepat Berbuah(Pemula)
0
()

Budidaya Jeruk Keprok Sukses Berhasil Cepat Berbuah(Pemula) – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Jeruk Keprok .

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini.


Budidaya Jeruk Keprok Sukses Berhasil Cepat Berbuah(Pemula)


Untuk pecinta buah jeruk, nama jeruk keprok tentu telah sangat sering di dengar. Jeruk keprok kerap kali ditemui di pasar buah ataupun di supermarket modern sekalipun.

Rasanya yang manis dengan isi air yang menyegarkan buatnya sangat disukai serta sering jadi buah mengkonsumsi tiap hari.Jeruk keprok mempunyai kulit hijau kekuningan serta rasanya manis.

Jeruk keprok yakni jeruk yang familier untuk warga kita. Jeruk ini bercorak hijau“ kadang- kadang bersemburat kuning”, rasanya manis serta acapkali dijadikan buah mengkonsumsi setiap hari warga kita.

Sepanjang ini asumsi petani terhadap usia berbuah pada budidaya tumbuhan jeruk keprok ataupun jeruk mandarin( Citrus reticulata) terkategori lama, ialah dia baru dapat berbuah dikala tumbuhan jeruk keprok berusia 4 tahun.

Jeruk keprok biasa pula diucap jeruk nusantara. Mempunyai kulit hijau kekuningan serta rasanya manis.Di Indonesia, banyak petani buah yang melaksanakan pembudidayaan jeruk keprok secara besar- besaran.

Perihal ini pasti saja jadi prospek yang sangat menjanjikan mengingat permintaan pangsa pasar jeruk keprok yang terus menjadi bertambah dari tahun ke tahun.

Mempunyai buah yang berlimpah bukan tujuan utama dari pembudidayaannya, tetapi pasti saja pula wajib unggul dari segi rasa serta rupanya yang menggiurkan.

Baca Juga :  Daun Ubi Jalar : Morfologi, Kandungan Senyawa dan Manfaat Pentingnya Untuk Kesehatan

Ada pula hal- hal yang butuh dicermati dalam membudidayakan jeruk keprok merupakan bagaikan berikut

Berita baiknya, dengan memakai metode perawatan serta pemupukan dalam budidaya tumbuhan jeruk keprok secara spesial, tumbuhan jeruk keprok dapat mulai berbuah dikala usia tumbuhan 2, 5 tahun.


Metode Menanam Jeruk Keprok Pemula Sukses

Berbudidaya jeruk keprok pastinya jadi opsi kamu tertentu sebab pasarnya yang masih luas. Ditambah lagi saat ini antusiasme komoditi jeruk terus menjadi bertambah bersamaan bertambahnya supermarket modern.

  • Ketentuan Tumbuh

Buat bisa menciptakan panen yang optimal baik dari segi mutu ataupun kuantitas, pastinya kamu wajib mengidentifikasi tempat berkembang kesukaan sang hijau ini. Berikut ini sebagian perihal berarti menimpa ketentuan berkembang buah jeruk keprok yang wajib kamu memenuhi:

    • Memilih tipe tanah latosol ataupun andosol bagaikan media tanam buah jeruk keprok
    • Yakinkan lahan kamu terserang cahaya matahari langsung sejauh hari
    • Yakinkan derajat keasaman tanah“ pH” tidak lebih dari 6
    • Bila lahan kamu terletak pada lahan miring yakinkan kemiringannya tidak melebihi 30 derajat
    • Siapkan systen drainase yang bagus sebab tumbuhan jeruk keprok tidak menggemari genangan air
    • Dapat ditanam di dataran besar ataupun rendah asalkan penuhi ketentuan berkembang tumbuhan jeruk keprok
  • Penyiangan Lahan

Penyiangan lahan ialah langkah berarti dalam pembudidayaan tumbuhan jeruk keprok. Yakinkan lahan kamu produktif serta gembur.

Perihal ini pastinya bisa kamu jalani dengan mencangkul lahan serta mencampurkannya dengan pupuk kandang. Langkah penyiangan lahan ini bisa kamu jalani sebagian minggu saat sebelum kamu mengawali penanaman.

Buat dimensi petak tanah yang hendak ditanami bibit jeruk keprok, hingga siapkan undukan tanah sebesar 1 x 1 x 1” P X L X T” buat tiap bibit yang hendak ditancapkan.

Baca Juga :  Cara Menanam Jeruk Santang Serta Perawatannya Yang Tepat Agar Berbuah Lebat

Tidak hanya itu sajikan jarak sebesar 5 x 5 m antara 1 tumbuhan dengan tumbuhan yang lain supaya cahaya matahari bisa menggapai tumbuhan serta tumbuhan bisa berkembang optimal.

Dengan dimensi semacam ini hingga kamu bisa mempunyai 400 tumbuhan jeruk keprok di tiap 1 hektar lahan.

  • Pembibitan

Metode pembibitan tumbuhan jeruk keprok ini bisa kamu jalani dengan memakai bijinya. Sebagian petani pula meningkatkan system stek ataupun cangkok buat menanam jeruk keprok ini.

Dengan bermacam kelebihan serta kekurangannya, kamu bisa menimbang system bibit mana yang hendak kamu aplikasikan buat metode pembibitan ini.

  • Penanaman

Metode menanam jeruk keprok bisa kamu jalani dengan metode tanam jeruk biasa, bergantung dengan tata cara bercocok tanam yang kamu pakai.

Metode menanam dicoba dengan menancapkan bibit pada tiap- tiap undukan tanah yang sudah kamu sajikan.

  • Pemupukan

Pemupukan idealnya dicoba sebanyak minimun 2 kali dalam setahun serta optimal 4 x dalam setahun bergantung keadaan serta cuaca yang terjalin.

Campuran pupuk yang bisa digunakan merupakan pupuk kandang ataupun sintetis ataupun dapat dikombinasikan dengan tipe pupuk yang lain semacam Urea, TSP serta ZK.

Perawatan lain yang wajib dicermati dalam membudidayakan jeruk keprok merupakan pemangkasan batang serta daun. Berikut ini sebagian khasiat pemangkasan batang serta daun ialah:

  • Pemangkasan supaya wujud tumbuhan serta cabangnya baik
  • Pemangkasan daun bisa memicu perkembangan lebih banyak tanaman
  • Pemangkasan tumbuhan bisa tingkatkan jumlah cabang yang berarti meningkatnya jumlah hasil berbentuk buah jeruk keprok
  • Pemangkasan buat menjauhi serbuan hama serta ulat
  • Pemangkasan buah jeruk keprok yang sangat banyak dala satu tumbuhan yang sama dicoba buat tingkatkan mutu rasa jeruk keprok serta melindungi kestabilan hasil di masa yang hendak datang
Baca Juga :  Bunga Adenium : Klasifikasi, Morfologi dan Jenisnya

Tidak hanya pemupukan serta pemangkasan hingga kamu pula butuh mencermati pengusiran hama serta bermacam hewan pengganggu semacam ulat jeruk, kutu, kumbang serta tungau.

Budidaya Jeruk Keprok Sukses Berhasil Cepat Berbuah(Pemula)

Pemanenan Jeruk Keprok

Kamu baru dapat memperoleh panen besar sehabis tahun ketiga pembudidayaan jeruk keprok

Pada panen awal kamu belum dapat memetik seluruh hasilnya demi kelancaran produktifitas jeruk keprok di masa yang hendak tiba, pada tahun keempat kamu baru dapat merasakan panen besar.

Usia buah yang siap dipanen yakni kira- kira 30- 36 minggu dengan rasa yang manis.Jeruk keprok umumnya berbuah kala tumbuhan berumur 3 tahun.

Demikian Uraian kami tentang Budidaya Jeruk Keprok Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5