Budidaya Jambu Kristal Yang Baik Dan Tepat Bagi Pemula

2 min read

Budidaya Jambu Kristal Yang Baik Dan Tepat Bagi Pemula
0
()

Budidaya Jambu Kristal Yang Baik Dan Tepat Bagi Pemula – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Jambu Kristal.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Budidaya Jambu Kristal Yang Baik Dan Tepat Bagi Pemula


Jambu Kristal ialah salah satu hasil percobaan pengembangan dari Jambu Biji. Jambu kristal lebih banyak diminati sebab bijinya yang nyaris tidak terdapat sama sekali, apalagi peminatnya telah menggapai golongan atas.

Dibalik penyusutan atensi warga terhadap buah jambu belum lama ini nyatanya terdapat 1 varietas jambu yang sangat digemari oleh warga apalagi dijual di supermarket, varietas tersebut merupakan Jambu Kristal.

Tumbuhan ini dikatakan ialah hasil pergantian genetika dari Jambu Muangthai Pak yang dibudidayakan di negeri taiwan.

Diucap jambu kristal sebab daging buahnya bercorak putih bersih serta jernih semacam kristal. Keunggulan utamanya merupakan jambu kristal ini bijinya sedikit serta nyaris tidak terdapat.

Biji dalam buah jambu kristal ini cuma menggapai 3% saja dari prosentase buah total, dibandingan dengan jambu biji biasa yang bijinya bisa menggapai 70% pasti saja membuat jambu kristal ini lebih nikmat buat disantap.

Jambu ini mempunyai banyak keunggulan dibanding jambu biji lainya ialah rasanya yang sangat manis, daging buahnya tebal, terkstur daging buahnya renyah, serta tidak keras.

giat berbuah sejauh tahun, buahnya lumayan besar, mempunyai susunan parafin yang lebih tebal sehingga tidak gampang busuk serta tahan ditaruh lebih lama.

Baca Juga :  15 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Yang Penting Di Ketahui

Di dalam jambu kristal nyatanya mempunyai isi nutrisi yang sangat berguna, mulai dari Vit A serta C, Kalium serta Antioksidan.

Sangat baik buat melindungi kesehatan badan serta sangat efisien menghindari radikal leluasa serta kanker. Daun jambu kristal sangat baik buat menyembuhkan diare serta tingkatkan imunitas.


Syarat Tumbuh Jambu Kristal

Tumbuhan jambu kristal suka hidup di area beriklim tropis semacam Indonesia. Kelembaban yang lumayan besar berkisar 70% sampai 90% sesuai dengan tumbuhan ini.

Tumbuhan ini dapat ditanam pada daratan dengan ketinggian 50 sampai 1000 mdpl. Temperatur terendah wilayah tersebut tidak boleh melebihi 15°C serta suku maksimalnya tidak melebihi 34°C.

Tanah lempung bertekstur liat serta agak berpasir dengan pH rata- rata 4, 5 sampai 8, 2 ialah lahan yang cocok buat perkembangan Jambu Kristal.


Metode Menanam Jambu Kristal


  • Persiapan Bibit

Bibit yang bagus merupakan bibit dengan karakteristik batangnya yang kokoh, tanaman tidak kerdil, daunnya lebat serta tidak ada penyakit ataupun hama.

Umumnya bibit yang dihasilkan dari proses cangkok ataupun okulasi mempunyai mutu yang lebih menjanjikan dibandingkan bibit yang dikembangbiakkan dari biji. Seleksi bibit yang bagus serta tingginya antara 50 sampai 100 centimeter.

  • Penanaman

Tumbuhan Jambu Kristal dapat ditanam di lahan spesial. Tetapi, bila tidak mempunyai lahan, tumbuhan pula dapat dikembangbiakkan di dalam pot ataupun polybag. Berikut metode penanamannya.

Siapkan lahan yang sudah diberikan lubang sepanjang 2 minggu saat sebelum bibit ditanam.

Perkenankan lahan tersebut terpapar cahaya matahari sepanjang 7 hari.

Tambahkan pupuk pada sepetiga bagian lubang serta perkenankan sepanjang 3 hari sampai bibit jambu kristal ditanam.

Siram sampai tanah lembab tetapi perputaran air senantiasa terpelihara.

  • Perawatan serta Pemeliharaan

rawat jambu kristal

Baca Juga :  Cara Menanam Cabe Rawit di Polybag Untuk Pemula

Penyiraman tumbuhan dapat dicoba satu kali satu hari di cuaca panas. Yakinkan wilayah dekat pangkal senantiasa lembab. Apabila lagi masa penghujan, penyiraman dapat dihentikan asal wilayah pangkal masih lembab. Pemberian pupuk dapat diberikan dikala bibit tumbuhan menggapai umur 3 bulan.

Kombinasi pupuk yang digunakan merupakan 20 gr ZK, 100 gr Urea, 50 kg TSP serta 40 kg pupuk kandang. Kombinasi pupuk ini setelah itu ditaburkan di sekitar tumbuhan. Buat pemupukan pada lahan ataupun zona yang kecil bisa digunakan kombinasi yang lebih sedikit dengan persentase yang sama.

Cabut gulma serta rumput- rumput liar yang turut berkembang bersama Jambu Kristal tiap 1 ataupun 2 bulan sekali. Apabila mau pembersihan yang lebih efisien sampai ke akarnya, dapat dicoba dengan metode cangkul.

Buat membenarkan tumbuhan berkembang dengan kokoh, jangan perkenankan tumbuhan berbuah terlebih dulu dalam 1 tahun awal. Jalani pemangkasan pada tumbuhan supaya tumbuhan tidak berkembang lebih dari 2 m. Perihal ini dicoba biar tumbuhan lebih produktif ke samping serta mempermudah proses pembungkusan buah.

Budidaya Jambu Kristal Yang Baik Dan Tepat Bagi Pemula


Masa Panen Jambu Kristal

Saat sebelum dicoba panen buah, buah yang telah timbul hendaknya dibungkus terlebih dulu. Pembungkusan buah ini diperuntukan buat melindungi buah dari serbuan hama serta penyakit. Sehingga, buah yang dihasilkan dapat lebih optimal.

Pembungkusan buah bisa dicoba dengan 2 metode ialah memakai plastik ataupun memakai kertas. Tetapi, pemakaian kertas hendak lebih susah dalam memperkirakan buah telah matang ataupun belum. Tidak hanya itu, metode pembungkusan dengan kertas membuat lalat buah lebih gampang masuk.

Kala buah telah matang, buah telah dapat dipanen. Proses panen buah hendaknya dicoba pada pagi hari. Perihal ini diakibatkan sebab terik matahari bisa pengaruhi keadaan buah yang dipanen dikala itu. Buah pula wajib ditata apik dikala proses pengangkutan, apabila butuh pula diberikan kertas supaya keadaan buah senantiasa baik serta tidak memar yang dapat membuat buah lebih kilat membusuk.

Baca Juga :  Jenis Jenis Ikan Lele dan Ragam Namanya Yang Perlu di Ketahui

Demikian panduan lengkap metode menanam buah jambu kristal yang dapat Kamu jalani baik di lahan yang luas maupun lahan terbatas.

Demikian Uraian kami tentang Budidaya Jambu Kristal Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5