Panduan Budidaya Ikan Tenggiri Yang Tepat Dan Mudah Hasil Panen Melimpah

3 min read

Panduan Budidaya Ikan Tenggiri Yang Tepat Dan Mudah Hasil Panen Melimpah
0
()

Panduan Budidaya Ikan Tenggiri Yang Tepat Dan Mudah Hasil Panen Melimpah – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Ikan Tenggiri.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Panduan Budidaya Ikan Tenggiri Yang Tepat Dan Mudah Hasil Panen Melimpah


Ikan tenggiri ataupun yang kerap diucap dengan nama ilmiahnya Scomberomor ialah salah satu tipe ikan laut yang banyak ditemui di bermacam berbagai wilayah perlautan.

Ikan tenggiri yang terdapat di Indonesia sangat banyak ditemui pada wilayah Gorontalo. Ikan tenggiri ini masih dalam satu saudara dekat dengan tipe ikan tuna, ikan tongkol, ikan madidihang, ikan makerel serta ikan kembung.

Ikan tenggiri ini pula dibagi jadi 2 tipe ialah ikan tenggiri yang mempunyai daging bercorak merah( hitam) serta ikan tenggiri yang mempunyai daging bercorak putih( cerah).

Di dalam badan ikan tennggiri mempunyai isi senyawa, semacam: lemak, glikogen dan vit.


Morfologi Ikan Tenggiri

Ikan tenggiri mempunyai karakteristik– karakteristik morfologi ialah: pada bagian badan ikan tenggiri mempunyai wujud badan yang berupa memanjang yang mempunyai bagian daging dengan tekstur kulit yang licin, ikan tenggiri tidak mempunyai sisik kecuali pada bagian gurat sisi yang berdimensi kecil.

Pada bagian sirip punggung ikan tenggiri ada 2 bagian, pada bagian letal yang bersebelahan dengan bagian depan yang diskong yang mempunyai dimensi jari– jari keras dekat 16 hingga dengan 17 buah.

Baca Juga :  Tanaman Kacang Ercis : Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Gizi dan Manfaatnya

Pada bagian balik diskong mempunyai kurang lebih dekat 3 hingga dengan 4 jari– jari keras, sebaliknya mempunyai kurang lebih dekat 13 hingga dengan 14 buat jari– jari yang lunak.

Ikan tenggiri mempunyai sirip dubur yang besarnnya sama dengan sirip pada bagian punggung belakangnya dan pada bagian wilayah belakangnya mempunyai sirip– sirip bonus yang ada dekat 9 hingga dengan 10 buah sirip bonus.

Pada bagian sirip ekor ikan tenggiri mempunyai bintik 2 yang berlekuk dengan kedua ujung– ujung siripnya tersebut yang berupa memanjang.

Pada bagian mulut ikan tenggiri mempunyai wujud mulut yang berupa melebar dengan rahang pada bagian atas serta rahang yang terdapat pada bagian dasar mempunyai wujud yang bergerigi yang tajam dan kokoh.

Pada bagian langit– langitnya mempunyai wujud yang bergerigi dengan dimensi yang kecil– kecil.

Punggung pada ikan tenggiri mempunyai corak punggung yang kebiru– biruan dengan bagian pinggiran badan serta bagian perut ikan tenggiri tersebut mempunyai corak badan serta perut yang bercorak perak.

Ikan tenggiri ini pula ialah jeis ikan yang terkategori bagaikan ikan besar yang dimensi panajng badan pada ikan tenggiri tersebut bisa menggapai dekat 150 centimeter.


Metode Budidaya Ikan Tenggiri( Scomberomor)

Berikut ini merupakan perihal– perihal yang butuh dicermati dalam melaksanakan budidaya ikan tenggiri merupakan bagaikan berikut:

  • Proses Persiapan Benih Ikan

Perihal utama yang butuh jadi atensi dalam melaksanakan budidaya ikan tenggiri merupakan pada tahapan proses persiapan benih ikan tenggiri.

Benih ikan pada budidaya ikan tenggiri bisa diperoleh dengan membelinya pada tempat penjualan benih– benih ikan terdekat. Hendak namun, pembudidaya senantiasa wajib membenarkan mutu dari benih ikan tersebut.

Benih ikan yang hendak digunakan buat melaksanakan budidaya ikan tenggiri haruslah dalam kondisi yang sehat serta tidak ada cacat pada raga ikan tenggiri tersebut.

  • Proses Kepadatan Kolam

Sehabis melaksanakan tahapan pada proses persiapan benih ikan, lanngkah berikutnya yang wajib pula dicermati dalam melaksanakan budidaya ikan tenggiri merupakan pada tahapan proses kepadatan kolam.

Baca Juga :  15 Manfaat Daun Suji Untuk Kesehatan Dan Mengenal Kandungan Nutrisinya

Ada pula perihal– perihal yang butuh dicermati dalam kepadatan kolam merupakan bagaikan berikut:

Pembudidaya haruslah melaksanakan pengamatan terhadap kepadatan kola, perihal ini disebabkan padat tebar yang besar hendak membuat ikan gampang stress.

Kepadatan maksimal kolam dalam melaksanakan budidaya ikan tenggiri dekat 150 hingga dengan 200 ekor per m kubiknya.

Kala ikan tenggiri berusia dekat 1 hingga dengan 1, 5 bulan kepadatan tersebut haruslah dikurangi jadi 100 ekor.

Kala ikan tenggiri tersebut brumur dekat 2 bulan kepadatan tersebut haruslah kembali dikurangi jadi dekat 20 hingga dengan 25 ekor per m kubiknya.

  • Proses Pemberian Pakan

Sehabis melaksanakan tahapan pada proses kepadatan kolam, lanngkah berikutnya yang wajib pula dicermati dalam melaksanakan budidaya ikan tenggiri merupakan pada tahapan proses pemberian pakan.

Pemberian pakan dalam budidaya ikan tenggiri bisa dicoba dengan keseriusan pemberian pakan dekat 3 kali di dalam satu hari.

Pakan baik diberikan pada waktu pagi, siang dan sore hari. Pada ikan tenggiri yang masih berdimensi kecil bisa diberikan pakan dengan keseriusan pemberian yang sesering bisa jadi.

  • Proses Pemberian Vitamin

Sehabis melaksanakan tahapan pada proses pemberian pakan ikan, lanngkah berikutnya yang wajib pula dicermati dalam melaksanakan budidaya ikan tenggiri merupakan pada tahapan proses pemberian vit ikan.

Pemberian vit mempunyai tujuan supaya ikan tenggiri tersebut nafsu makannya bisa bertambah sehingga membuat ikan tenggiri tersebut kilat besar.

Proses pemberian vit pada budidaya ikan tenggiri bisa dicoba dengan metode memcampurkan vit tersebut dengan pakan, kemudian tinggal ditebarkan ke dalam kolam ikan tenggiri tersebut.

  • Proses Perkembangbiakan

Sehabis melaksanakan tahapan pada proses pemberian vit ikan, lanngkah berikutnya yang wajib pula dicermati dalam melaksanakan budidaya ikan tenggiri merupakan pada tahapan proses perkembangbiakan ikan.

Baca Juga :  Kandungan Ikan Teri Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Yang Perlu Di Ketahui

Ikan yang telah hadapi proses perkembanngbiakan hendak mempunyai karakteristik– karakteristik berikut ini, ialah:

Pada badan ikan hendak hadapi pergantian secara raga berbentuk dimensi badan ikan hendak terus menjadi besar, ikan pula hendak hadapi pematang pada gonand yang hendak menunjukkan kalau ikan tenggiri tersebut siap buat dicoba proses pemijahan.

Proses pemijahan pada budidaya ikan tenggir dapatlah dicoba pada temat kolam spesial, perihal tersebut bertujuan buat memperoleh benih pada ikan tenggiri buat periode proses pembudidayaan berikutnya.

Panduan Budidaya Ikan Tenggiri Yang Tepat Dan Mudah Hasil Panen Melimpah

  • Proses Pemanenan Ikan

Sehabis melaksanakan tahapan pada proses perkembangbiakan ikan, langkah berikutnya yang wajib pula dicermati dalam melaksanakan budidaya ikan tenggiri merupakan pada tahapan akhir ialah pada proses panen ikan.

Proses pemanenan pada budidaya ikan tenggiri dapatlah dicoba kala ikan tersebut sudah berusia kurang lebih dekat 4 bulan sehabis proses penebaran dan dimensi berat tersebut sudah menggapai dekat 1 kilogram buat per ekornnya.

Proses pemanenan pada budidaya ikan tenggiri ini bisa dicoba pada dikala pagi maupun sore hari.

Demikian Uraian kami tentang  Budidaya Ikan Tenggiri Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5

Nama-Nama Bunga Beserta Artinya

0 () Nama-Nama Bunga Beserta Artinya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Nama-Nama Bunga Beserta Artinya. Contents 1 Nama-Nama Bunga...
Admin1
2 min read

Beberapa Tanaman Hias Buah Yang Tidak Kalah Cantiknya Dari…

0 () Beberapa Tanaman Hias Buah Yang Tidak Kalah Cantiknya Dari Tanaman Bunga – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman...
Admin1
2 min read

Jenis-Jenis Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk

0 () Jenis-Jenis Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk. Contents...
Admin1
1 min read