Panduan Mudah Cara Budidaya Ikan Molly Untuk Pemula

3 min read

Panduan Mudah Cara Budidaya Ikan Molly Untuk Pemula
0
()

Panduan Mudah Cara Budidaya Ikan Molly Untuk Pemula –Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Ikan Molly.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini.


Panduan Mudah Cara Budidaya Ikan Molly Untuk Pemula


Ikan Molly ataupun yang diketahui dengan nama ilmiahnya Poecilia sphenops ialah tipe ikan hias yang hidup pada air tawar yang lumayan menarik dengan mempunyai corak yang mengkilap.

Serta mempunyai wujud badan yang kecil dan bisa memancarkan energi tarik yang setelah itu bisa menjadikan ikan ini sangat sesuai buat dipelihara di dalam akuarium.

Ikan molly ialah pula ikan yang mempunyai kemiripan dengan ikan guppy dengan mempunyai dimensi panjang badannya dekat 5 hingga dengan 7 centimeter.

Dengan badan yang berupa unik yang moncong pada bagian depannya yang bisa tterlihat pada bagian dari kepala hingga dengan bagian mulutnya.

Pada bagian sirip ikannya mempunyai tipe sirip yang lenngkap semacam tipe ikan yang yang lain.

Hendak namun, pada bagian wujud sirip ikan molly mempunyai wujud yang sedikit berbeda pada ikan molly yang jantan yang dimana wujudnya mempunyai keunikan tertentu yang menyamai sabit.

Ikan molly pula mempunyai energi tahan yang lumayan besar pada bagian badan ikan molly tersebut pada keadaan area yang terdapat. ikan molly bisa hidup pada keadaan perairan yang asin ataupun payau.

Ikan molly pula ialah tipe ikan yang lumayan rentan terhadap pergantian temperatur yang terdapat.

oleh karena itu para pembudidaya yang membudidayakan ikan molly di dalam akuarium biasnaya meningkatkan sedikit garam laut buat bisa memaksimalkan kesehatan pada ikan molly tersebut.

Baca Juga :  Jenis Jenis Arwana dan Julukannya Serta Harga Fantastisnya

Tidak hanya itu pula, ikan molly hendak merasa senang bila pada akuarium ditambah dengan tumbuhan air dengan jumlah tumbuhan air yang lumayan banyak yang nantinya berperan bagaikan tempat buat bersembuyinya anakan ikan molly tersebut.

Ikan molly mempunyai habitat yang berasal dari sungai Amazon serta pula pada sungai– sungai di wilayah Amerika Selatan. yang banyak ditemui hidup pada sela– sela pangkal tumbuhan air dengan tumbuh biak menetaskan telurnya pada sela pangkal– pangkal tersebut.

Ikan molly mempunyai perbandingan antara ikan molly jantan serta pada ikan molly betina yang dimana pada ikan molly jantan mempunyai wujud badan yang berupa ramping dan mempunyai sirip punggung.

Yang mempunyai dimensi yang lebih lebar serta pula lebih panjang dengan bagian sirip perut yang meruncing dan panjang yang digunakan buat kawin.

Sebaliknya pada ikan molly betina mempunyai badan yang berupa lebih lebar dan sedikit berupa bundar dengan bagian sirip punggung yang mempunyai dimensi yang pendek dan bagian sirip oval yang berupa oval.


Metode Budidaya Ikan Molly


  • Proses Pemilihan Induk

Proses pemilihan indukan ikan molly pada budidaya ikan molly ialah perihal yang butuh dicermati. Pembudidaya wajib mencari indukan ikan molly dari indukan yang unggul, yang mempunyai keadaan yang fit dan tidak cacat serta terbebas dari penyakit.

Ikan molly mempunyai perbandingan antara ikan molly jantan serta pada ikan molly betina yang dimana pada ikan molly jantan mempunyai wujud badan yang berupa ramping.

Dan mempunyai sirip punggung yang mempunyai dimensi yang lebih lebar serta pula lebih panjang dengan bagian sirip perut yang meruncing dan panjang yang digunakan buat kawin.

Sebaliknya pada ikan molly betina mempunyai badan yang berupa lebih lebar dan sedikit berupa bundar dengan bagian sirip punggung yang mempunyai dimensi yang pendek dan bagian sirip oval yang berupa oval..

Baca Juga :  Budidaya Tanaman Salam Sukses Berdaun Lebat dan Sehat(Panduan Lengkap)

Induk ikan molly yang telah siap buat dikembangbiakan mempunyai karakteristik– karakteristik, bagaikan berikut:

    • Indukan ikan molly jantan berusia 4 hingga dengan 8 bulan serta buat ikan molly betina 3 hingga dengan 4 bulan.
    • Ikan molly jantan mempunyai gerakan yang lincah sebaliknya pada ikan molly betina mempunyai gerakan yang lelet.

  • Proses Pemijahan

Proses pemijahan yang bisa dicoba dalam budidaya ikan molly merupakan bagaikan berikut:

Persiapkan wadah dengan dimensi 22 x 22 x 22 centimeter serta gelas plastik buat ikan molly betina dan tanaman air.Pada proses pernikahan pada ikan guppy, ikan molly bisa menciptakan sampai 1. 100 butir telur.

Pada dikala proses pembuahan, telur pada ikan molly hendak menetas dalam kurun waktu kurang lebih 24 jam.Ikan molly yang hendak panen bisa menggapai 31 hingga dengan 50 ekor dalam 1 kali proses kawin.

  • Langkah Pemijahan

Dalam melaksanakan budidaya ikan molly proses pemijahan pula ialah perihal yang butuh dicermati oleh pembudidaya.

Ada pula langkah– langkah yang dicoba dalam melaksanakan proses pemijahan pada ikan molly, merupakan bagaikan berikut:

Air diisi dengan dimensi 11 hingga dengan 15 centimeter pada wadah pemijahan, jangan memakai air PAM yang mempunyai bau kaporit.

Tumbuhan air dimasukan pada wadah.Masukkan ikan jantan yang sudah siap buat kawin, perkenankan 1 hari di dalam wadah.

Bila mau memancing ikan molly jantan membuat gelembung bisa dicoba dengan memasukkan ikan molly betina dengan metode dipisah, ialah ikan molly betina dimasukkan pada gelas plastik bening serta masukan pada akuarium yang berisi ikan jantan.

Waktu pemijahan berlangsung kurang lebih pada jam 8 hingga dengan 10 pagi ataupun 4 hingga dengan 6 sore.Sehabis pembuahan berakhir, angkat indukan betina

Kurang lebih sepanjang 1 hari telur– telur hendak jadi burayak.Sehabis 3 hari bagikan burayak santapan berbentuk kutu air.Butuh dicermati, tidak boleh membagikan pakan lebih banyak dari burayak.

Baca Juga :  Kandungan Gizi Cabai Merah Keriting dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Indukan molly jantan bisa diambil kala burayak sudah berumur 2 minggu dari telur menetas.Pindahkan burayak pada tempat ataupun wadah yang lebih luas dan berilah larva nyamuk.

Pembudidaya bisa memilah ikan molly bersumber pada tipe kelamin sehabis ikan molly berumur dekat 1, 5 hingga dengan 2 bulan.

Panduan Mudah Cara Budidaya Ikan Molly Untuk Pemula


Proses Perawatan Ikan Molly

Di dalam melaksanakan budidaya ikan molly pada tahapan proses perawatan pada ikan molly bisa dicoba ataupun dipelihara di dalam akuarium dengan tanpa terdapatnya aerator.

Perihal ini disebabkan pada ikan molly tersebut bisa hidup pada keadaan air yang sedikit akan sumber oksigen.

Pembudidaya pada ikan molly wajib senantiasa melaksanakan perganitian air di dalam wadah dengan secara berkala serta melaksanakan pengecekan pada akuarium tersebut apakah masih ada penimbunan kotoran serta sisa pakan yang ada pada dasar akuarium tersebut.

Sebab bila perihal tersebut dibiarkan begitu saja hendak bisa memunculkan penyakit yang nantinya hendak bisa menewaskan ikan molly tersebut sebab terbentuknya air yang tercemar oleh kotoran tersebut.

Melaksanakan perawatan buat ikan molly aduan pembudidaya bisa menaruh ikan molly aduan tersebut di dalam toples kaca dengan dimensi yang kecil.

Ikan molly hendak lebih kasar bila ditaruh pada tempat yang kurang sinar ataupun pada tempat yang hitam.

Demikian Uraian kami tentang Budidaya Ikan Molly Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5

Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk

0 () Jenis-Jenis Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk. Contents...
Admin1
1 min read

Jenis Pohon Palem Hias Yang Dapat Membuat Pekarangan Rumah…

0 () Jenis Pohon Palem Hias Yang Dapat Membuat Pekarangan Rumah Menjadi Lebih Indah – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang...
Admin1
2 min read

9 Tanaman Hias Daun Yang Sedang Viral

0 () 9 Tanaman Hias Daun Yang Sedang Viral – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang 9 Tanaman Hias Daun Yang...
Admin1
1 min read