Budidaya Durian Musang King

3 min read

Budidaya Durian Musang King
0
()

Budidaya Durian Musang King – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Durian Musang King. Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Budidaya Durian Musang King


Durian ialah salah satu tanaman tropis yang banyak ditemukan di Asia Tenggara. Nama durian sendiri diambil dari wujud buahnya yang berduri.

Buah tumbuhan dengan nama latin Durio zibenthinus ini umumnya dijadikan bagaikan olahan kue, dodol, es, serta sebagainya.

Salah satu tipe durian yang sangat populer merupakan musang king yang berasal dari negara Jiran, Malaysia.

Durian ini populer di Malaysia serta Singapore. Durian ini populer hendak dagingnya yang tebal, manis, serta legit.

Dikala ini, budidaya durian ini mempunyai prospek yang sangat baik. Prospek buat ekspor pula bertambah, terlebih ke negeri semacam Cina.

Bila Kamu tertarik buat membudidayakan durian musang king, berikut ini merupakan panduan yang butuh Kamu perhatikan.

Varietas Durian

Durian musang king ialah varietas durian yang bisa berkembang di dataran rendah hingga dataran dengan ketinggian 1000 mdpl.

Tetapi, bila Kamu mau durian ini berbuah optimal, mka hendaknya Kamu menanamnya di dataran dengan ketinggian 400-600 mdpl.

Durian musang king pula memerlukan tanah yang produktif serta menggemari wilayah yang curah hujannya tinggi.

Tipe tanah yang cocok buat durian ini merupakan tipe tanah yang gembur, lembab, produktif, dan mempunyai kedalaman air yang tidak lebih dari 1 meter.

Faktor-faktor eksternal yang pengaruhi perkembangan durian musang king pula sama halnya dengan faktor-faktor eksternal yang pengaruhi tumbuhan yang lain, antara lain: faktor hara, udara, serta tipe penyerbukan.


Budidaya Durian Musang King

Secara umum panduan budidaya tumbuhan durian Musang king wajib mencermati hal-hal brikut.

Baca Juga :  Cara Menanam Bunga Matahari dengan Mudah dan Praktis Untuk Pemula

Supaya lebih gampang memahaminya, kita hendak jelaskan satu per satu beberapa perihal tesebut diiringi panduan langkah-langkah pelaksanaanya.

Berikut ini merupakan beberapa tahapan dalam menanam serta merawat tumbuhan buah durian Musangking supaya berkembang maksimal serta cepat berbuah:

Pemilihan Bibit

Hendaknya bibit berasal dari perbanyakan sambung pucuk. Bibit hasil dari perbanyakan biji memiliki kemampuan anakan bersifat beda dengan induknya serta perkembangan berlangsung lebih lelet.

Hendaknya bibit durian berasal dari hasil perbanyakan sambung pucuk menjamin sifat unggul indukan diturunkan pada anakannya serta pertumbuhannya berlangsung lebih cepat.

Perlu dicermati pula, dikala bibit durian musang king masih muda jangan hingga terserang cahaya matahari secara langsung terus menerus.

Sebab pada dikala itu bibit masih belum kokoh serta dapat menyebabkan daunnya layu ataupun rusak. Berikanlah tempat yang semi teduh supaya tidak rusak sekalian memaksimalkan pertumbuhannya.

Persiapan Lahan

Jalani pembersihan lahan dari keberadaan tumbuhan gulma ataupun tumbuhan liar lain yang berkembang disekitar wilayah yang hendak kita tanami bibit durian.

Gulma serta tumbuhan lain hendak mencuri faktor hara serta nutrisi dari dalam tanah yang dibutuhkan bibit durian buat berkembang.

Tidak hanya itu singkirkan pula pohon-pohon ataupun tumbuhan yang berpotensi membatasi masuknya sinar matahari ke lahan yang hendak dipergunakan buat menanami bibit.

Tumbuhan durian Musangking yang kita tanam wajib menemukan lumayan konsumsi cahaya matahari.

Kekurangan cahaya matahari menyebabkan proses fotosintesis pada tumbuhan durian tidak berjalan sehingga dia tidak sanggup memproses faktor hara serta nutisi yang didapatnya dari dalam tanah. Dampaknya sama, pertumbuhannya lelet ataupun tersendat.

Budidaya Durian Musang King


Pembuatan Lubang Tanam

Lubang tanam yang sempurna buat bibit durian Musangking berdimensi 50 x 50 x 50 centimeter buat bibit yang berdimensi setinggi 1 meter.

Upayakan lubang yang hendak ditanami bibit tersebut terserang sinar matahari terlebih dahulu sepanjang 2-3 hari.

Perlakuan ini dimaksudkan buat mematikan kuman yang bisa jadi terdapat didalam lubang, sehingga dikala ditanami bibit nantinya bebas dari serbuan kuman tersebut.

Baca Juga :  26 Manfaat Daun Pandan Yang Perlu Di ketahui, Morfologi dan Kandungannya

Tidak hanya itu pada lubang tanam tersebut jalani pemberian pupuk dasar terlebih dahulu saat sebelum Kamu nantinya menanamkan bibit tumbuhan durian.

Salah satu pupuk dasar yang baik buat berkebun durian musangking merupakan pupuk kandang.

Berikan pupuk kandang yang sudah kering apabila Kamu memanfaatkannya. Perkenankan kira-kira 1-2 hari di lubang tanam saat sebelum bibit ditanam.

Tahap Penanaman

Perihal yang butuh dicermati dikala mengawali penanaman merupakan jarak antar tumbuhan. Jarak tanam yang sempurna merupakan 8 x 8 meter ataupun 10 x 10 meter.

Jarak berdimensi tersebut hendak berikan peluang kepada tumbuhan durian Musangking buat berkembang maksimal.

Jarak tanam sangat dekat berpotensi megakibatkan kompetisi perebutan nutrisi santapan antar tumbuhan, sehingga perkembangan juga tersendat.

Korek-korek sedikit lubang tanam kemudian buka selubung ataupun pembungkus bibit. Hati, hati jangan hingga tanah yang terdapat pada pembungkus bibit sirna ataupun rusak.

Setelah itu masukkan bibit kedalam lubang tanam, kemudian pendam. Kedalaman pemendaman dipaskan dengan tanah yang turut terbawa bibit di akarnya, jangan sampai lebih ataupun memendamnya hingga ke batang bibit durian.

Pastikan batang bibit bersih dikala ditanam, tanpa kotoran tanah yang melekat pada proses pembibitan.

Urug tanah secara melingkar serta tutup permukaannya dengan jerami/merang padi. Perlakuan ini dicoba buat membatasi proses penguapan.

Semacam yang telah disebutkan diatas, tumbuhan durian memerlukan kelembaban yang terpelihara. Jalani penyiraman dikala masa kemarau tiap sore harinya demi melindungi kesegaran bibit tumbuhan.


Perawatan serta Pemupukan

Perawatan setiap hari sehabis menanam bibit merupakan perihal yang penting buat dicoba, dimana kamu dapat melaksanakan langkah-langkah berikut ini:

  • Pupuk dengan tertib serta teratur dengan tipe pupuk kompos ataupun NPK dengan takaran sebanyak 1 sendok teh yang dapat kamu larutkan nantinya kedalam 10 liter air buat digunakan kepada 10 bibit yang nantinya dapat kamu jalani berbentuk penyemprot dengan memakai semprotan pupuk gandasil D yang dapat kamu jalani sebanyak sekali seminggu ataupun per 10 hari sekali.
  • Jalani pemupukan dengan memakai pupuk kandang kering yang sudah menyamai pupuk fermentasi serta menyamai tanah produktif yang dapat kamu jalani sehabis bibit durian musang king yang hendak ditaburkan di dekat bibit sebanyak lebih kurang satu gayung saja jangan sangat banyak ataupun hendak malah membatasi serta membuat perkembangan jadi bermasalah.
  • Jalani penyemprotan dengan memakai pestisida dengan merk fastak ataupun diazinon maupun bermacam-macam produk pestisida yang lain bila misalnya bibit durian musang king kamu hadapi permasalahan penyerangan hama ulat. Apalagi guna dari bahan ini ataupun penyemprotan ini dapat membuat buah tercipta dengan lebih cepat.
  • Bilas seluruh rumput ataupun gulma penggangu supaya zat hara tanah tidak dihabisi oleh gulma tersebut.
  • Jalani Metode penanaman dengan tata cara menggantung semacam permukaan gunung dengan metode meninggikan tanah tersebut, ini hendak membuat perkembangan bibit jadi lebih cepat.
Baca Juga :  Copper Adalah : Pengertian, Sejarah, Manfaat dan Penggunaannya

Masa Panen

Kala kamu menanam bibit musangking dengan baik serta benar mka pohon durian tersebut hendak lebih gampang cpat besar serta hendak memesatkan perkembangan dari pangkal pula.

Serta bila seluruhnya berjalan dengan baik mka kamu telah dapat menikmati hasil panen dalam waktu 4 sampai 5 tahun sehabis penanaman.

Apalagi tumbuhan buah dari durian musangking ini pula dapat dibesarkan dengan ketinggian 3 sampai 4 m ataupun lebih rendah yang pastinya menciptakan buah yang banyak, fresh serta lezat.

Dengan harga yang setimpal maka ini ialah salah satu prospek bagus dalam suatu kesempatan usaha terkini.

Demikian Uraian kami tentang Budidaya Durian Musang King Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5

Hidroponik Sederhana

Admin1
3 min read

Bunga Cosmos

Admin1
3 min read