Budidaya Durian Montong : Panduan Tanam Cepat Berbuah dan Lebat (Sukses)

3 min read

Budidaya Durian Montong : Panduan Tanam Cepat Berbuah dan Lebat (Sukses)
0
()

Budidaya Durian Montong : Panduan Tanam Cepat Berbuah dan Lebat (Sukses) – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Durian Montong.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Budidaya Durian Montong : Panduan Tanam Cepat Berbuah dan Lebat (Sukses)


Untuk para pecinta durian, tipe durian montong telah tentu masuk dalam list utama bagaikan tipe durian yang pantas buat diburu.

Durian yang berasal dari Thailand ini mempunyai kelebihan dari aspek buahnya yang sangat besar, dagingnya yang tebal dengan biji yang sangat kecil, dan rasanya yang manis serta lembut.

Dengan kelebihan- kelebihan itu, durian ini pula memiliki energi jual yang jauh lebih mahal dibandingkan tipe durian yang yang lain.

Buah durian ialah spesies tanaman yang hidup berkelompok berasal dari marga Durio ataupun Durio Zibethinus serta namanya diberikan dari marga tersebut dan wujud kulit buah yang menyamai jarum.

Dari seluruh seluruh tipe durian yang terdapat, terdapat satu tipe durian yang sangat digemari serta sangat dicari dipasaran.

Berbeda pula dengan durian pada biasanya, durian montong mempunyai dimensi yang lebih besar serta biayanya juga lebih mahal.

Durian monthong ialah salah satu durian unggul apalagi di Indonesia. Rasanya diyakini lebih lezat walaupun biayanya pula lebih mahal daripada durian unggul lokal.

Baca Juga :  Budidaya Nilam : Jenis, Syarat Tumbuh,Tips Perawatan dan Panen Melimpah

Ciri Ciri Durian Montong

Karakteristik khas daging buahnya bercorak kuning serta tebal tetapi agak kering serta kurang berminyak. Dari segi rasa, daging buahnya sangat manis serta teksturnya halus diiringi aroma yang tajam.

Corak kulit buah ini merupakan hijau kekuningan dengan jarum di permukaan kulitnya. Tiap biji, bobotnya dekat 3- 5 kilogram.

Tumbuhan durian montong dapat menggapai besar dekat 5- 8 m dengan tajuk tumbuhan selebar 2 hingga 4 m.

Pada batangnya, banyak cabang yang membuat tumbuhan ini dapat dijadikan tumbuhan perindang. Corak batangnya sendiri merupakan cokelat.

Bunga- bunga durian monthong mempunyai karakteristik khas corak putih kekuningan. Dalam satu kelompok, terdapat dekat 2 sampai 3 bunga.

Kulit buah durian monthong berduri serta mempunyai dekat 4- 5 alur. Kulit buah tebal yang berdimensi 4- 6 milimeter. Sebaliknya jumlah pongge dapat hingga 5- 15 dengan wujud biji oval.

Produktivitasnya varietas ini tercantum besar, ialah pada tumbuhan durian usia 7 tahun bisa menciptakan 20- 30 buah di tiap tumbuhan.


Langkah Budidaya Durian Montong

Tetapi buat membudidayakan durian ini, Kamu cuma butuh melaksanakan 5 langkah gampang semacam berikut ini:

  • Memilah Pembenihan Durian Montong

Kamu dapat memperoleh benih ataupun bibit durian montong dengan membelinya di bermacam toko pertanian. Ada pula buat memperoleh benih dari biji durian yang baik, ialah dengan memilah durian yang bermutu.

Memilih biji durian yang berusia tua, tidak cacat, permukaan halus serta siap buat ditanam. Pembenihan pada durian montong dicoba supaya tunas yang berkembang kokoh serta memiliki energi tahan yang besar.

Masukkan biji durian pada wadah baskom yang telah di isi air, yakinkan biji terendam seluruhnya sampai berkembang pangkal serta tunas. Bila biji durian mengapung, hendaknya dibuang sebab tidak bisa ditanam.

  • Siapkan Lahan Tanam

Buat menanam tumbuhan tipe durian montong, dibutuhkan lahan yang lumayan luas. Sebab, perkembangan tumbuhan ini sangat besar, kuat, dan mempunyai pangkal yang menjalar.

Baca Juga :  Cara Budidaya Talas Jepang Tepat Dan Mudah Untuk Sumber Pangan Alternatif

Sehabis menciptakan posisi lahan yang pas, yakinkan tanah yang digunakan buat menanamnya produktif, lembab, serta gembur.

Kamu dapat menggemburkan tanah memakai cangkul ataupun sekop. Sehabis itu, bagikan kombinasi pupuk dan sekam tanah cocok dengan perbandingannya, ialah 2: 1.

Hendaknya pakai tipe pupuk organik semacam pupuk kandang ataupun pupuk kompos supaya tidak mengganggu isi tanah.

  • Cara Tanam Bibit Durian Montong

Bila bibit buah serta lahan tanam disiapkan dengan baik, langkah berikutnya ialah melaksanakan tanam tumbuhan. Buatlah lubang tanam yang cocok dengan dimensi pangkal bibit durian montong memakai sekop.

Masukkan bibit tumbuhan ke dalam lubang tanam yang telah disiapkan tadinya, kemudian timbun dengan tanah yang dicampur pupuk organik.

Yakinkan tanah kembali padat supaya tumbuhan durian montong bisa berkembang optimal. Jangan kurang ingat buat menyiramnya dengan air, supaya kelembaban tanah senantiasa terpelihara.


Perawatan Tanaman Durian Montong

Perawatan ini diperuntukan buat menjauhi bermacam penyakit tumbuhan dan buat memperoleh hasil yang memuaskan.

Perawatan ini dicoba dengan tekun serta tertib, mulai dari penyiraman, penyiangan, serta pemberian pupuk.

Jalani penyiraman tumbuhan durian secara teratur, supaya memperoleh hasil yang optimal. Jalani penyiraman 2 kali satu hari di waktu pagi dan sore hari, buat melindungi kelembaban tanah.

Berilah pemupukan bonus dalam 2 minggu sekali supaya tanah memperoleh nutrisi yang baik serta tingkatkan kesuburan.

Jangan lupa melaksanakan penyiangan, supaya tumbuhan durian bebas dari tumbuhan liar ataupun hama yang bawa penyakit.

Budidaya Durian Montong : Panduan Tanam Cepat Berbuah dan Lebat (Sukses)

Masa Panen Durian Montong

Sebagian waktu saat sebelum merambah masa pemanenan, Kamu wajib mengikat buah beserta batang ke tumbuhan supaya bila jatuh tidak menimpa kepala.

Pakai tali rafia yang di simpul mati buat mengikat buah supaya tidak gampang jatuh dari pohon

Baca Juga :  Cara Menanam Nanas Madu : Teknik Sukses Tanam di Pekarangan Rumah dan Pot

Kamu dapat menikmati buah durian montong kala tumbuhan merambah umur 4- 5 tahun semenjak penanamannya. Buah yang siap panen mempunyai corak hijau kekuningan dan wangi durian yang lumayan menusuk.

Buat mengambil buah durian, jangan kurang ingat mengenakan sarung tangan serta memakai pisau yang tajam buat memotong jalinan buah.

Berikut merupakan metode memanen durian montong yang tepat:

  • Saat sebelum memanen kamu diajarkan mengenakan sarung tangan maupun pelindung tangan lain supaya kala memanen tangan kamu tidak cedera sedikitpun.
  • Pakai gunting maupun pasau buat memotong tali pengikat buah durian.
  • Yakinkan buah durian yang kamu panen benar- benar siap panen, dengan karakteristik buah bercorak hijau agak kekuningan dan bau harum khas durian yang menusuk.

Demikian Uraian kami tentang Budidaya Durian Montong Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5