Budidaya Cacing Sutra : Peluang Bisnis Unik dan Menguntungkan Untuk Pemula

1 min read

Budidaya Cacing Sutra : Peluang Bisnis Unik dan Menguntungkan Untuk Pemula
0
()

Budidaya Cacing Sutra : Peluang Bisnis Unik dan Menguntungkan Untuk Pemula – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Cacing Sutra.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Budidaya Cacing Sutra : Peluang Bisnis Unik dan Menguntungkan Untuk Pemula


Cacing sutra ini pula hidup secara berkelompok ataupun berkoloni, sehingga bila diletakkan dalam sesuatu wadah, wujudnya menyamai gumpalan maupun koloni kemerahan yang melambai- lambai.

Sebab terkategori cacing berdimensi kecil, cacing sutra cuma mempunyai saluran pencernaan berbentuk celah- celah kecil dari mulutnya dengan jumlah dekat 30 sampai 60 ruas.

Kamu bisa membudidayakan cacing sutra pada lumpur- lumpur di dekat sawah maupun di dasar perairan, cacing sutra pada biasanya membuat lubang pada lumpur maupun di dasar perairan.

Cacing sutra banyak dicari orang sebab mempunyai banyak sekali khasiat, paling utama untuk para peternak.

Tidak cuma itu, dikala ini sudah banyak orang yang mau membudidayakan cacing sutra bagaikan ladang pemasukan yang menjanjikan.

Dibanding dengan bahan dasar kombinasi pakan ternak yang lain, cacing sutra mempunyai gizi yang lebih baik sehingga ternak hendak lebih ternutrisi serta bermutu.

Cacing sutra mengandung protein yang sangat besar, lemak yang lumayan, serat yang sangat baik buat kesehatan pencernaan ternak kamu, kandungan abu yang sangat baik untuk metabolisme ternak dan isi mineral serta air.

Baca Juga :  Budidaya Melati : Klasifikasi, Syarat Tumbuh serta Perawatan dari Hama dan Penyakitnya

Manfaat Cacing Sutra

Dengan banyaknya Kandungan baik dalam cacing sutra, hingga banyak sekali peternak memakainya serta bila kamu masih penasaran dengan bermacam khasiat dari cacing sutra, berikut rinciannya.

  • Pakan natural kombinasi pangan ternak yang sangat baik dengan gizi yang besar.
  • Buat budidaya ikan air tawar supaya daging yang dihasilkan lebih berkualitas
  • Pakan budidaya ternak belut.
  • Pakan budidaya ternak lele.
  • Sangat baik buat budidaya ternak ikan cupang.
  • Pakan ternak lobster air tawar, supaya lobster mempunyai dimensi yang besar serta berdaging banyak.
  • Kombinasi pakan buat ternak ayam kampung, ayam hias, petelur, serta pedaging supaya daging berprotein tinggi
  • Kombinasi pakan hewan peliharaan.

Langkah Langkah Budidaya Cacing Sutra


  • Membuat Bibit Cacing Sutra

Memperoleh bibit cacing sutra dapat didapatkan di toko ikan hias ataupun dapat pula diambil dari alam.

Bila kamu mau mengambil bibit cacing sutra, yakinkan cacing wajib dikarantina terlebih dulu sebab dikhawatirkan bawa kuman patogen.

Cacing sutera ini dikarantina 2 hingga 3 hari dengan metode dialiri air bersih dengan volume air yang kecil yakinkan pula air mempunyai isi oksigen yang lumayan.

  • Media Budidaya Cacing Sutra

Budidaya cacing sutra tanpa lumpur dapat memakai nampan plastik. Pada prinsipnya dalam ternak cacing sutra yang terutama merupakan air, air wajib senantiasa dalam keadaan mengalir.

Budidaya dengan nampan plastik dapat dengan sistem rak sebab terbilang gampang serta apik dimana saluran air yang masuk lumayan diletakan pada nampan sangat atas.


Perawatan cacing sutra

Perawatan serta pemeliharaan cacing sutra dapat diawali dengan melindungi debit air senantiasa pada kisaran 5- 7 centimeter.

Jangan kurang ingat pula bagikan fermentasi kotoran ayam serta santapan bonus semacam sawi serta ampas ketahui hingga merambah usia 10- 12 hari.

Baca Juga :  Cara Menanam Bayam : Syarat, Budidaya, Pengolahan, Perawatan Dan Tahapan Panen

Budidaya Cacing Sutra : Peluang Bisnis Unik dan Menguntungkan Untuk Pemula

Panen cacing sutra

Cacing sutra telah dapat dipanen kala merambah usia 70- 75 harii sehabis biang cacing sutra ditebar. Teknis panen cacing sutra merupakan dengan meletakan nampan plastik ditutup sampai hitam.

Perkenankan 5- 6 jam hendak nampak cacing hendak bergerombol di permukaan. Kemudian kumpulan cacing tersebut diambil memakai serok ataupun tangan.

Demikian Uraian kami tentang Budidaya Cacing Sutra Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5