Cara Budidaya Burung Lovebird Mudah Dan Cepat Bertelur Untuk Pemula

4 min read

Cara Budidaya Burung Lovebird Mudah Dan Cepat Bertelur Untuk Pemula
0
()

Cara Budidaya Burung Lovebird Mudah Dan Cepat Bertelur Untuk Pemula – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Burung Lovebird.

Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Budidaya Burung Lovebird Mudah Dan Cepat Bertelur Untuk Pemula


Lovebird,Burung paruh bengkok yang memiliki dimensi yang cenderung sedikit lebih besar dari burung parkit ini berdimensi 11 sampai 15 centimeter.

Tidak hanya dari keelokan fisiknya, burung ini pula populer bagaikan pemaster burung yang lain di arena kicauan burung.

Mengerti kah kamu, kalau burung lovebird mempunyai suara asli yang di sebut ngekek. Umumnya para pecinta burung kicau mencari burung lovebird yang bisa ngacor ngekek dengan durasi yang lebih lama.

Umumnya tipe lovebird betinalah yang lebih unggul dalam urusan ngekek dibanding dengan para jantan. Sebab para lovebird betina sering kali dilaporkan keluar sebagai pemenang lomba kicauan.

Lovebird secara universal memiliki besar 13 hingga 17 centimeter serta berat dekat 40 hingga 60 gr, berekor pendek serta berparuh besar

8 dari spesies ini berasal dari Afrika, sedangkan spesies lovebird kepala abu- abu berasal dari Madagaskar.

Nama mereka berasal dari perilaku yang universal diamati kalau sejoli lovebird akan duduk bersebelahan serta saling mencintai satu sama lain.

Wataknya merupakan monogami di alam leluasa. Usia hidup rata- rata mereka merupakan 10 hingga 15 tahun.


Persiapan Tempat Budidaya Lovebird

Saat sebelum kamu berupaya buat melaksanakan budidaya lovebird, pastinya perihal awal yang wajib kamu jalani merupakan dengan persiapan fasilitas serta prasarana.

Dalam perihal ini merupakan persiapan tempat ataupun kandang buat lovebird. Kamu pastinya bisa dengan gampang memperoleh sangkar burung lovebird dipasaran.

Biasanya, kandang yang dipakai buat melaksanakan budidaya burung lovebird ialah yang dibuat dari besi serta berdimensi persegi panjang.

Hendak namun, kamu pastinya dapat mengenakan kandang tipe apa saja dengan wujud cocok dengan selera kamu. Cuma saja jangan melupakan glodok.

Baca Juga :  Kandungan Dan Manfaat Buah Carica Untuk Kesehatan Yang Penting Di Ketahui

Glodok merupakan sesuatu kandang spesial yang umumnya dipakai buat pemeliharaan lovebird sebab pada habitat asalnya.

Burung lovebird memiliki watak natural buat membentuk sarang serta pula mengerami telur– telurnya di lubang– lubang tumbuhan.

Jadi pada dasarnya, glodok merupakan modifikasi kandang yang terbuat agar bisa menyamai habitat natural dari burung lovebird.

Harga dari glodok ini sesungguhnya relatif murah dipasaran, serta kamu pula bisa buatnya secara manual pastinya.


Metode Budidaya Burung Lovebird


  • Memilah Indukan Lovebird

Perihal kedua yang butuh dicoba sehabis persiapan tempat merupakan memilah indukan jantan serta betina yang cocok buat di jalani perkembangbiakan.

Perihal tersulit dalam proses ini pastinya buat membedakan lovebird jantan dengan lovebird betina.

Untuk para pendatang baru pastinya sangat susah serta pula apalagi butuh latihan spesial buat membedakan tipe kelamin dari lovebird ini.

Sebab apabila cuma dari tampilan raga pasti hendak lebih susah, hendak namun berikut sudah kami rangkum sebagian pedoman spesial supaya kamu bisa membedakan tipe kelamin dari lovebird dengan gampang.

Tidak hanya dari memastikan perbandingan tipe kelamin kamu pula wajib mengenali umur maksimal si lovebird buat tumbuh biak.

Si betina hendak maksimal serta matang pada umur 1 tahun sebaliknya lovebird jantan sudah siap pada umur 8 bulan.

Karakteristik Lovebird Jantan:

    • Kala bertengger hingga posisi kaki lovebird jantan hendak lebih rapat serta pula tidak sangat berjarak.
    • Ujung sayap dari lovebird jantan hendak menyatu serta semacam membentuk hurif“ v”.
    • Tulang pubisnya hendak terasa lebih keras serta jaraknya hendak lebih kecil ataupun menyempit apabila diraba.
    • Ekor lovebird jantan hendak lebih runcing
    • Paruh lovebird jantan hendak lebih kecil serta runcing.
    • Lubang hidung dari lovebird jantan nampak berupa oval serta pula memanjang.
    • Lebih nampak ramping serta memiliki wujud bulu yang kurang tegas.
    • Memiliki corak bulu yang lebih kontras serta mencolok.

Karakteristik Lovebird Betina:

    • Posisi kaki si betina pada dikala bertengger hendak lebih renggang ataupun berjarak lebar.
    • Ujung sayap tidak menyatu seolah mem
    • Ujung sayap tidak menyatu seolah mebentuk huruf“ u”.
    • Ekor lovebird betina hendak lebih rata
    • Paruhnya lebih lebar serta pula besar
    • Lubang hidungnya nampak berupa bulat
    • Lebih berat dan besar dibanding yang jantan serta wujud bulu lebih tegas
    • Tulang pubis hendak terasa lebih lembek, elastis serta pula berjarak.
    • Memiliki corak yang lebih kusam

  • Persiapan Perjodohan

Saat sebelum dimulainya masa kawin serta pula melaksanakan perkembangbiakan burung lovebird. Kamu terlebih dulu di haruskan buat melaksanakan proses perjodohan.

Baca Juga :  Cara Budidaya Sawi Putih Mudah dan Tepat Untuk Pemula

Cocok dengan temanya, proses ini merupakan proses dimana kamu wajib silih mengenalkan indukan jantan serta pula betina yang sudah kamu seleksi tadinya.

Dekatkan kedua tipe indukan tersebut biar mereka bisa lebih akrab serta mengidentifikasi satu sama lain.

Kamu dapat saja melaksanakan penjemuran mereka secara bertepatan serta ini diyakini bisa memesatkan proses perjodohan yang lagi terjalin.

Hendaknya saat sebelum terdapatnya proses ini, kamu tidak menggabungkan seluruh burung lovebird ke dalam satu kandang.

Sebab dapat saja merangsang terbentuknya perkelahian. Burung lovebird umumnya suka melanda wilayah kaki sampai hendak mencuat kecacatan ataupun apalagi cedera di kaki mereka.

  • Proses Perkembangbiakan

Sehabis proses perjodohan berakhir serta induk lovebird telah siap buat melaksanakan proses perkembangbiakan hingga masukkanlah burung burung tersebut kedalam suatu sangkat yang sama.

jangan lupa buat masukkan glodok kedalamnya serta pula serpihan kayu, ranting serta pasir halus.

Mengingat para lovebird memiliki watak natural buat membangun sarang mereka serta bahan– bahan tersebut umumnya dijadikan bagaikan fasilitas buat pembangunan sarang.

Lovebird berina hendak lebih aktif dalam membangun sarang dibanding lovebird jantan.Sehabis proses pembuahan terjalin hingga lovebird betina hendak menciptakan 4 ataupun 5 butir telur.

Perihal ini merupakan jumlah telur wajar si lovebird, hendak namun apabila lovebird kamu bertelur kurang dari jumlah tersebut bisa dikatakan tidak wajar.  perihal ini sering terjalin pula untuk para induk lovebird yang masih belajar bertelur.

  • Pengeraman Telur Lovebird

Sehabis proses perkembangbiakan berakhir serta telah menciptakan telur, hingga lovebird betina hendak mulai mengerami telur– telur mereka.

Kamu wajib membenarkan kebersihan dari kandang biar proses pengeraman berjalan maksimal serta induk betina dapat fokus tanpa terdapatnya kendala dari luar.

Pada dikala si induk lagi mengerami telur– telurnya kamu cuma membutuhkan waktu dekat 22 sampai 25 hari saat sebelum telur tersebut menetas serta menciptakan anakan dari lovebird.

Baca Juga :  Panduan Sukses Cara Budidaya Mengkudu Hasil Maksimal

Hendak namun apabila sampai dekat 26 hari telur tidak kunjung menetas hingga kamu di wajibkan buat memerikasa telur tersebut.

Dapat jadi itu merupakan telur kandas ataupun kopyor yang tidak hendak sempat menetas. Singkirkanlah telur tersebut bila memanglah tidak bagus. Perihal ini dicoba biar lovebird dapat kembali bertelur.

Cara Budidaya Burung Lovebird Mudah Dan Cepat Bertelur Untuk Pemula

  • Pemberian Makan Anakan serta Induk Lovebird

Santapan para lovebird umumnya merupakan millet puti, millet merah serta pula apalagi biji bung matahari.

Sesungguhnya biji bunga matahari merupakan pakan yang di gemari oleh para burung lovebird, cuma saja memiliki banyak lemak dan hendak menjadikan lovebird kelebihan bobot ataupun obesitas.

Inilah pemicu mengapa para peternak lovebird umumnya menghalangi pemberian biji bunga matahari buat lovebird.Umumnya cuma diberikan dekat 7 sampai 10 biji saja.

Sebaliknya tempat makan buat lovebird wajib senantiasa teratur di bilas masing- masing hari supaya dapat bebas dari bermacam penyakit, bersihkanlah dari sisa– sisa biji yangmereka makan.

Minumannya pula wajib teratur di ubah masing- masing harinya biar tidak gampang terkena penyakit pula.

Lovebird yang lagi berikan makan ataupun menjaga anaknya pula hendaknya diberikan ekstra fooding biar nutrisinya lebih maksimal.

Berikanlah jangung muda serta kangkung masing- masing harinya. Nutrisi sangat diperlukan oleh para anakan lovebird sampai kamu pula wajib pertimbangkan buat membagikan vit yang di campur dengan minuman.

Para lovebird jantan hendak melaksanakan penyuapan terhadap anaknya. Kamu bisa melaksanakan penyapihan terhadap anakan lovebird dengan kombinasi santapan balita dengan kombinasi air seperlunya.

Gunakanlah duri suntik maupun sendok kecil dalam proses ini.

Demikian Uraian kami tentang Budidaya Burung Lovebird Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5

Cara Menanam Hidroponik Dengan Sangat Mudah

0 () Cara Menanam Hidroponik Dengan Sangat Mudah – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Hidroponik Dengan Sangat...
Admin1
1 min read

Cara Mudah Menanam Bonsai Murbei

0 () Cara Mudah Menanam Bonsai Murbei – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Mudah Menanam Bonsai Murbei. Cara Mudah...
Admin1
1 min read

Nama Nama Bunga Yang Sangat Mudah Untuk Ditanam dan…

0 () Nama Nama Bunga Yang Sangat Mudah Untuk Ditanam dan Dirawat – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Nama...
Admin1
2 min read