Budidaya Bunga Kamboja : Teknik Tanam Stek, Okulasi, Puasa Air dan Biji

6 min read

Budidaya Bunga Kamboja : Teknik Tanam Stek, Okulasi, Puasa Air dan Biji
0
()

Budidaya Bunga Kamboja : Teknik Tanam Stek, Okulasi, Puasa Air dan Biji – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Bunga Kamboja.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Budidaya Bunga Kamboja : Teknik Tanam Stek, Okulasi, Puasa Air dan Biji


Bunga kamboja ataupun yang mempunyai nama keren Adenium berasal dari Afrika serta Asia barat yang populer dengan nama desert rose( mawar padang pasir).

Tumbuhan yang berasal dari gurun pasir ini tumbuh dengan baik pada tempat kering daripada media yang sangat basah. Bunga kamboja bisa ditanam dengan 2 metode ialah stek pada batang serta metode okulasi.

Dulu bunga kamboja identik dengan bunga kuburan sebab memanglah di wilayah jawa, bunga ini berkembang liar di dekat pemakaman. Tetapi saat ini bunga kamboja telah jadi prospek bisnis yang menggiurkan.

Kamboja anakan dapat dihargai 20 sampai 200 ribuan di pasaran sehingga banyak orang membudidayakan tipe tumbuhan ini.

Bunga kamboja mempunyai banyak tipe corak antara lain putih, kuning, orange, merah, serta kekuningan.

Bunga kamboja dapat dibudidayakan dalam suatu pot yang dapat Kamu letakkan di mana juga paling utama di taman rumah sebagai hiasan.

Sebagian metode berikut ini dapat Kamu langsung praktikkan buat budidaya tumbuhan kamboja.


Teknik Tanam Stek Batang Bunga Kamboja

Kamboja tercantum tipe tumbuhan yang lebih menggemari sinar matahari daripada ditempatkan di dalam ruangan tanpa sinar matahari langsung.

Tidak hanya itu terdapat sebagian perihal yang wajib Kamu pertimbangkan dalam memilah bibit kamboja merupakan corak dan tipe daun ialah berdaun lancip serta berdaun bundar.

Buat memperoleh bibit yang baik Kamu hendaknya membungkus akar- akar dengan memakai polybag ataupun karung supaya kesehatan batang- batangnya senantiasa terpelihara.

Berikut ini merupakan langkah- langkah metode menanam kamboja dengan metode stek batang:

Siapkan lahan buat penanaman, setelah itu gali lubang yang lumayan dalam sampai 80 cm.

Bilas zona tanam sehingga tidak terdapat sisa- sisa bongkahan batu bata ataupun apapun yang bisa membatasi perkembangan tumbuhan ini.

Seleksi induk kamboja yang ukurannya besar, tua secara usia dan sehat ataupun tidak mempunyai cacat. Setelah itu potong batang kamboja dekat 20 centimeter.

Sehabis itu perkenankan hinggasatu minggu kemudian letakkan di tempat teduh yang lembab.

Buat batang bagian atas bila mempunyai daun yang banyak, buang daunnya serta tinggalkan 2 daun saja supaya penguapan menurun dikala penyetekan dicoba.

Sehabis batangnya dipotong, celupkan ataupun oles sisa cedera akibat potongan tersebut dengan obat perangsang pangkal yang terdapat di toko pertanian sesegera bisa jadi buat memicu tumbuhnya pangkal secara kilat.

Baca Juga :  Lavender Belanda : Sejarah, Klasifikasi, Morfologi, Varietas dan Cara Budidayanya

Buat media tanam, pakai sekam bakar yang dicampur dengan arang kemudian aduk sampai rata.

Tumbuhan yang sudah dipotong dapat ditanam pada pot dengan media tanam sehabis satu minggu buat menghindari munculnya kuman, jamur serta cendawa pada ujungnya yang masih belum halus.

Sehabis batang ditanam hingga siramlah tumbuhan seperlunya ialah 3 kali satu hari sebab tumbuhan ini tidak dapat menerima banyak air buat menghindari kebusukan batang tumbuhan supaya proses pembuatan pangkal lebih kilat.

Kala kamboja ditanam, lepaskan pembungkus pangkal serta perkenankan tanah yang melekat pada akar- akarnya supaya bibit kamboja ini menyesuaikan diri sehingga bunga kamboja bertahan hidup dengan baik.

Perihal berarti yang lain dalam membudidayakan bunga kambojamerupakan Kamu hendaknya memilah tipe tanah porus bagaikan media tanam bunga kamboja.

Sebab tanah porus tidak gampang meresap air sehingga sangat sesuai buat bunga kamboja yang tidak sangat menggemari air.


Teknik Tanam Okulasi Bunga Kamboja

Berikut ini merupakan langkah- langkah metode menanam kamboja dengan metode okulasi:

  • Cari kamboja yang sehat serta memiliki batang yang besar. Potong mata tunas dengan pisau tajam.
  • Cari batang bagian dasar pada tumbuhan yang tunasnya mau ditempelkan, kemudian iris semacam irisan mata tunas supaya wujudnya cocok dikala melaksanakan penempelan.
  • Tempelkan mata tunas ke batang dasar dengan posisi mata tunas menghadap ke atas.
  • Ikatlah tumbuhan dengan kokoh mengenakan tali plastik. Ingatlah dikala melaksanakan pengikatan, mata tunas tidak boleh tertutup.
  • Sehabis seluruh berakhir serta siap, batang dasar tumbuhan dipotong buat memesatkan perkembangan mata tunas.
  • Letakkan tumbuhan ini di tempat yang teduh, kering serta mempunyai perputaran hawa yang baik.
  • Kamu wajib perhatikan posisi mata tunas. Banyak orang yang terbalik dikala penempelan mata tunas sehingga tunas tidak hendak berkembang.

Cermat lagi saat sebelum melekatkan mata tunas supaya okulasi tumbuhan ini bisa terlaksana cocok dengan harapan Kamu.

Teknik Tanam Puasa Air

Metode ini bertujuan buat merontokkan daun sehingga memicu tumbuhnya tunas baru yang dibarengi dengan timbulnya kuncup bunga.

Lewat metode ini hendak keluar bunga secara serempak, tumbuhan adenium hendak giat berbunga ialah 3- 4 kali dalam setahun.

Tumbuhan adenium tidak harus disiram sepanjang seminggu. Sehabis puasa air sepanjang satu minggu, tumbuhan disiram larutan pupuk NPK berkalium besar dengan perbandingan N- P- K: 10: 10: 55 ataupun 6: 30: 30.

Dosis pemakaian pupuk wajib cocok anjuran dari pabrik pupuk yang dipakai. Sehabis itu tumbuhan berpuasa lagi sepanjang seminggu. Sehabis itu, beri lagi pupuk NPK berkalium besar.

Bila kuncup bunga belum keluar, perlakuan puasa siram wajib diulangi terus sampai kuncup bunga timbul.

Umumnya sehabis metode puasa siram dicoba sebanyak 2 kali, kuncup bunga telah hendak timbul. Setelah itu Kamu cuma wajib menjaga supaya bunga tahan lama.

Pola penyiraman serta pemupukan sangat berarti supaya kebutuhan hara senantiasa tepenuhi.

Frekuensi penyiraman ini bisa dicoba dengan frekuensi 2 hari sekali. Pemupukan dicoba sepanjang satu minggu sekali dengan komposisi NPK yang berbeda.

Bila minggu awal dengan pupuk besar N, minggu selanjutnya dipupuk dengan isi N yang rendah sehingga tumbuhan adenium hendak berbunga bagus dan daunnya sehat serta fresh.

Baca Juga :  Manfaat Bunga Sepatu Untuk Kesehatan Serta Mengenal Kandungan Kimianya

Teknik Tanam Dengan Biji

Saat sebelum memperoleh biji dari bunga kamboja yang baik serta sehat, terlebih dulu Kamu wajib melaksanakan penyerbukan buatan supaya tumbuhan lebih kilat berbuah serta menghasilkan biji yang siap buat ditanam.

Sesungguhnya, proses penyerbukan ini dicoba secara natural oleh dorongan angin yang bisa menerbangkan serbuk sari bagaikan organ kelamin jantan pada kepala putik selaku organ kelamin perempuan.

Tidak cuma itu saja, metode natural pula bisa dicoba oleh serangga yang berpindah tempat bawa serbuk sari sampai ke kepala putik kamboja.

Tetapi warnanya metode natural tersebut bukanlah lumayan efisien sebab angin belum pasti senantiasa muncul serta begitu pula dengan serangga yang belum pasti terdapat.

Oleh karena itu banyak yang memakai metode buatan buat memindahkan serbuk sari pada kepala putik.

Kamu bisa melaksanakannya dengan memakai kuas kecil yang menyapu halus serbuk sari serta menempelkannya diatas kepala putik.

Buat pemilihan tipe tumbuhan serbuk sari serta kepala putik hendaknya diseleksi dari tipe tumbuhan kamboja yang mempunyai raga baik, sehat, berkembang kilat, serta yang berarti sangat unggul.

Apabila proses penyerbukan tersebut ataupun yang pula diucap dengan pernikahan antara bunga kamboja sudah dicoba hingga Kamu bisa melihat apakah terdapat alterasi baru yang timbul.

Jadi Kamu bisa memandang alterasi tersebut pada wujud serta warna daun dan corak bunga yang bisa berganti dari tadinya.

Buat bisa memandang perubahannya membutuhkan waktu sampai proses berkembang kembang buah benar benar matang.

Buah adenium mempunyai wujud semacam tanduk yang didalamnya berpolong serta ada biji biji baru yang hendak berkembang didalam tanduk tersebut.

Kala buah telah masak hingga sudah siap dipanen yang setelah itu dilanjutkan pada proses penyemaian sampai pada penanaman serta berakhir pada perawatan bunga kamboja.

Buat buah kamboja yang telah masak hingga hendak mempunyai raga kulit yang mengering serta lebih terbuka pas di bagian atas polong yang memanjang.

Kala dilihat Kamu hendak ketahui kalau biji biji yang ada didalamnya masih menyatu bertepatan bulu bulu halus yang ialah perlengkapan terbangnya.

Apabila biji biji tersebut dibersihkan hingga wujud fisiknya yang memanjang tersebut mempunyai ujung yang datar.

Tidak seluruh biji yang dihasilkan mempunyai mutu berkembang yang baik oleh karena itu butuh melaksanakan proses penyemaian terlebih dulu.

Proses Penyemaian Biji

Proses penyemaian buat memilah antara biji bunga kamboja yang bisa berkembang dengan baik serta pertumbuhan nantinya sangat kilat dengan biji bunga kamboja yang tidak bisa berkembang dengan sempurna.

Metode penyemaian bisa dicoba bagaikan berikut:

  • Awal siapkan wadah bersih buat wadah penyemaian.
  • Pakai air yang bersih buat proses perendaman biji. Kemudian masukkan air tersebut kedalam wadah penyemaian.
  • Sehabis itu masukkan biji- biji bunga kamboja ke dalam wadah penyemaian yang sudah diisi dengan air.
  • Rendamlah biji terlebih dulu pada air yang mempunyai kedalaman 10 menit.

Bila biji terlihat mengapung serta nampak sangat kopong ataupun berarti kosong serta tidak berisi hingga buang serta jangan digunakan. Kamu bisa memilah memakai biji yang tenggelam yang maksudnya biji tersebut bermutu serta hendak berkembang dengan baik.

Baca Juga :  Pupuk Jagung Manis : Jenis, Metode dan Dosis Yang Tepat

Proses Penanaman Biji

Awal, siapkan media yang hendak digunakan ialah cocopeat serta sekam bakar yang memakai perbandingan 1: 1. Sehabis itu masukkan media tanam tersebut ke dalam pot.

Apabila tidak terdapat media tanam semacam cocopeat, bisa ditukar dengan memakai serutan kayu yang lebih halus ataupun bisa pula mengubahnya dengan memakai sekam bakar.

Sehabis pot terisi dengan media tanam dengan dimensi¾ hingga biji biji bisa diletakkan dengan posisi terbaring. Jarak yang digunakan ialah kurang lebih 1 centimeter.

Kamu bisa memakai pot yang mempunyai dimensi diameter 20 serta dalam satu pot tersebut bisa muat 100– 150 biji kamboja.

Proses Penaburan Biji

Sehabis itu Kamu bisa menaburkan biji pada media tanam serta diusahakan supaya biji tidak sangat dalam terbenam dalam media tanam.

Setelah itu jalani penyemprotan air bersih dengan memakai spray halus. Kemudian tutuplah benih bibit pada media tanam dengan memakai plastik yang transparan serta letakkan pada tempat yang teduh.

Perihal tersebut disebabkan pada dikala penyemaian ini, biji tidak bisa terserang cahaya matahari secara langsung.

Setelah itu semprotkan kembali dengan air sedikit demi sedikit kemudian tunggu sampai umur biji menggapai 1 minggu serta dikala seperti itu biji hendak berganti jadi kecambah.

Budidaya Bunga Kamboja : Teknik Tanam Stek, Okulasi, Puasa Air dan Biji

Perhatikan Perkembangan Bibit

Biji bunga kamboja yang sudah ditanam hendak berkembang dengan batangnya yang kecil tetapi telah memperlihatkan strukturnya yang berbonggol.

Daun sejatinya juga mulai berkembang sebagian helai. Bila telah semacam ini, dapat dipindahkan pada wadah

Sehabis berusia 2 bulan, biji bunga kamboja yang sudah ditabur hendak berkembang dengan batangnya yang kecil tetapi telah memperlihatkan strukturnya yang berbonggol.

Daun sejatinya juga mulai berkembang sebagian helai. Bila telah semacam ini, dapat dipindahkan pada wadah polybag ataupun pot berdimensi lebih besar.

Apabila daun telah mulai berkembang hingga penutup plastik yang tadinya bisa dilepaskan, tetapi tumbuhan senantiasa diletakkan pada tempat yang teduh setelah itu jangan kurang ingat buat menyiramnya dengan memakai spray.

Kala umurnya telah menggapai 2 bulan hingga jumlah daun hendak timbul dekat 6– 8 helai serta dikala seperti itu Kamu bisa memindahkan tumbuhan ke dalam polibag yang berdimensi kecil.

ataupun bisa pula dengan memakai gelas plastik sisa air mineral dengan memakai komposisi media tanam pasir malang serta sekam bakar serta perbandingannya merupakan 1: 1.

Demikian Uraian kami tentang Budidaya Bunga Kamboja Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5