Cara Budidaya Bunga Hortensia Dan Perawatannya Agar Cepat Berbunga

3 min read

Cara Budidaya Bunga Hortensia Dan Perawatannya Agar Cepat Berbunga
0
()

Cara Budidaya Bunga Hortensia Dan Perawatannya Agar Cepat Berbunga – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Bunga Hortensia.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Budidaya Bunga Hortensia Dan Perawatannya Agar Cepat Berbunga


Hortensia ataupun Hydrangea ialah tumbuhan hias yang terkenal, disukai orang sebab bunganya yang besar. Spesies yang sangat banyak ditanam merupakan Hydrangea macrophylla yang terdiri dari dekat 600 kultivar.

Pada biasanya Hydrangea macrophylla mempunyai bunga yang besar namun seluruhnya steril.

Hortensia pula diketahui dengan nama kembang bokor, sebaliknya dalam bahasa Melayu diketahui dengan nama bunga 3 bulan. di sulawesi selatan diketahui dengan nama bunga masamba

Tumbuhan ini hendaknya dipangkas setahun sekali kala kuncup bunga mulai nampak. Tumbuhan dapat berkembang sangat besar ke atas jika tidak dipangkas.

Bila tumbuhan telah sangat besar, tumbuhan dapat doyong sampai patah sebab berat batang yang melebihi kekuatan tumbuhan buat menyangganya.

Bunga cuma keluar pada batang yang lama, sehingga bunga tidak hendak keluar di batang baru hasil pemangkasan.

Hortensia ialah salah satu nama genus yang kurang lebih dari 70- 75 spesies tanaman berbunga yang berasal dari daerah Asia Timur serta Asia Selatan


Morfologi dan Syarat Tumbuh Bunga Hortensia

Sebagian besar spesies ini berasal dari Jepang serta Cina. Tumbuhan semak dengan besar kurang lebih 1 hingga 3 m, namun terdapat pula yang bisa merambat di tumbuhan lain sampai menggapai ketinggian 30 m.

Baca Juga :  Cara Mengolah Sarang Semut, Kandungan dan Manfaat Kesehatannya

Daun berupa bundar telur, tepi beringgit serta corak hijau muda berkilau.

Tidak hanya dari salah satu spesies yang berkembang di wilayah beriklim sejuk yang pula mempunyai watak dengan menggugurkan daun( tanaman peluruh), sebagian besar spesies ialah tanaman hijau yang abadi.

Hortensia pula diketahui dengan nama bagaikan kembang bokor, sebaliknya dalam bahasa Melayu ialah diketahui dengan nama bunga 3 bulan. Di sulawesi selatan diketahui dengan istilah bunga masamba.

Bunga yang bercorak putih pada sebagian besar spesies, namun sebagian spesies paling utama H. macrophylla memiliki bunga yang biasa bercorak biru, merah, merah jambu, ataupun pula ungu tergantung pada tingkatan pH tanah.

Pada waktu masih kuncup, bunga bercorak hijau, berganti jadi putih, sewaktu mekar bercorak biru muda ataupun corak merah jambu yang secara bertahap berganti jadi motif yang jauh lebih tua tua( biru tua ataupun merah) saat sebelum bunga rontok.

Tanah yang bertabiat asam bisa menciptakan bunga bercorak biru, tanah dengan pH wajar menciptakan bunga bercorak putih krem, serta tanah yang bertabiat basa hendak menciptakan bunga bercorak merah jambu ataupun ungu.

Hortensia ialah salah satu dari tumbuhan yang pada daun bunga pula mengumpulkan faktor aluminium yang dilepaskan tanah yang bertabiat asam sehingga bunga ini hendak jadi bercorak biru.


Metode Menanam Bunga Hortensia

Sehabis mengenali morfologi bunga hortensia, setelah itu gimana metode supaya bunga hortensia kilat berbunga. Langkah yang sepatutnya dicoba supaya tumbuhan ini kilat berbunga ialah:

  • Pemilihan tipe hortensia

Kamu wajib mengenali tipe hortensia yang sesuai buat ditanam di Indonesia saat sebelum mengenali metode menanam bunga panca corak ataupun bunga hortensia.

Tipe mophead hydrangea merupakan salah satu tipe bunga hortensia yang sesuai buat ditanam di hawa panas dengan tanah agak kering.

Baca Juga :  Panduan Mudah Cara Menanam Daun Katuk Sukses Berhasil

Tipe ini relatif lebih gampang berkembang di Indonesia dibanding denga tipe yang lain yang memerlukan temperatur dingin.

Sebaliknya bila Kamu mau menanam bunga hortensia pada cuaca dingin, Kamu bisa memilah tipe Annabelle. Hydrangea Annabelle ialah tipe yang sanggup menyesuaikan diri dengan cuaca sangat dingin sekali juga.

  • Perawatan Dikala Baru Tumbuh

Dikala tumbuhan baru berkembang, hingga siram tumbuhan bunga hortensia secara teratur sampai tumbuhan ini membiasakan diri dengan tanah serta area berkembang.

Berikutnya, siram tumbuhan ini sehabis tanahnya dikeringkan sepanjang 2– 3 minggu sehabis penyiraman terakhir.Basahi tanah di dekat tumbuhan, bukan pas di tempat berkembang tumbuhan.

Bagikan lebih banyak air buat tumbuhan yang berkembang di tempat yang terserang cahaya matahari langsung dibanding tumbuhan yang berkembang di tempat yang lebih teduh.

Bagikan 1 sendok makan pupuk organik di dekat tumbuhan tiap 3 bulan sekali.

  • Perawatan Dikala Bunga Baru Mekar

Dikala masa berbunga usai, hingga pangkas tangkai daun yang telah tua. Perihal ini bertujuan buat membagikan ruang berkembang untuk tunas- tunas daun yang baru.

Pemangkasan teratur menolong tumbuhan ini berbunga lebih rimbun.

  • Pencahayaan bunga

Kamu butuh membagikan pencahayaan yang lumayan, namun tidak kelewatan. Sinar matahari yang sangat kelewatan cuma hendak mematikan perkembangan batang tanamannya.

Perihal tersebut pastinya hendak berakibat pada kilat ataupun tidaknya tumbuhan ini berbunga. Bagikan pencahayaan tidak lebih dari jam 10 pada pagi hari.

  • Proteksi hama

Cek keadaan tumbuhan tiap 2 hari sekali buat mengenali apakah terdapat hama yang melekat pada daun. Bila menciptakan hama, pakai pestisida dengan takaran yang seperlunya buat mengusir hama tersebut.

Cara Budidaya Bunga Hortensia Dan Perawatannya Agar Cepat Berbunga

  • Penyiraman Bunga

Penyiraman bunga hortensia bisa dicoba tiap 2 kali satu hari secara teratur. Jalani penyiraman pada pagi serta sore hari. Jangan menyiram tumbuhan secara berlebih, jalani penyiraman seperlunya.

Baca Juga :  Budidaya Nila di Kolam Terpal Sukses Berhasil Untuk Pemula

Bunga hortensia bisa berkembang produktif dengan kelembapan yang lumayan besar. Bila Kamu melaksanakan penyiraman secara kelewatan hingga bunga hortensia hendak jadi busuk.

  • Pemupukan Bunga

Biar bunga mekar sempuran, hingga jalani pemupukan secara teratur. Jalani pemupukan minimun tiap satu bulan sekali. Hendaknya pakai pupuk kompos.

Kamu bisa membuat pupuk kompos dengan mengenali metode membuat pupuk kompos dari buah busuk, metode membuat pupuk kompos dari sampah rumah tangga, serta metode membuat pupuk kompos dari ampas kopi.

Demikian Uraian kami tentang Budidaya Bunga Hortensia Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5