Budidaya Azolla : Teknik Mudah Tanam Azolla di Kolam Tanah dan Terpal

2 min read

Budidaya Azolla : Teknik Mudah Tanam Azolla di Kolam Tanah dan Terpal
0
()

.Budidaya Azolla : Teknik Mudah Tanam Azolla di Kolam Tanah dan Terpal – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Azolla.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Budidaya Azolla : Teknik Mudah Tanam Azolla di Kolam Tanah dan Terpal


Rumput azolla ataupun yang mempunyai nama latin Azolla Microphylla ini ialah tumbuhan paku air yang bisa jadi masih belum sangat di ketahui warga luas.

Tetapi sesungguhnya, tumbuhan paku air ini yang terletak di dalam genus Azollaceae ini mempunyai bermacam- macam khasiat.

Khasiat tersebut terdapat sebagian banyak paling utama di dalam zona pertanian serta pula perternakan, ialah buat pakan unggas, ikan serta apalagi buat di peruntukan pupuk.

Banyak petani ikan yang menjadikan ini pakan sebab isi dari protein yang cukup banyak.Sebab perihal tersebut hingga saat ini tidak tidak sering banyak yang berupaya mengenali metode membudidayakan rumput azolla ini.

Tidak jauh berbeda dengan metode menanam indigofera, metode budidaya rumput azolla bukanlah susah. Apalagi tumbuhan paku air ini mempunyai prospek bisnis yang menguntungkan.

Apalagi dengan membagikan pakan tipe ini ke hewan ternak hendak lebih bagus dalam kurangi bayaran pakan yang di habiskan oleh ternak tersebut.

Bibit azolla pula dapat dibudidayakan bagaikan alternatif pakan oleh para peternak ikan, misalnya ikan lele, nila, ataupun gurame.

Baca Juga :  Bunga Adenium : Klasifikasi, Morfologi dan Jenisnya

Tahapan Budidaya Azolla

Metode budidaya bibit azolla relatif gampang serta nyaris tanpa bayaran perawatan. Yang butuh disiapkan buat budidaya bibit azolla merupakan:

  • Pembuatan Kolam azolla

Sama semacam budidaya ikan, bibit azolla dapat dibudidayakan di dalam kolam tanah maupun kolam terpal dengan luas kolam minimun 2m x 1m.

Hendaknya azolla ditempatkan di kolam tanah cocok dengan habitatnya di rawa serta sawah, namun dapat pula memakai kolam terpal yang diberi lumpur supaya menyamai habitat aslinya.

Yang butuh dicermati, kolam budidaya bibit azolla hendaknya ditempatkan di zona yang terserang cahaya matahari.

Namun kala cahaya matahari sangat terik, kolam azolla dapat pula dilindungi dengan paranet buat melindungi corak hijau daun azolla.

  • Media kolam bibit azolla

Saat sebelum bibit azolla dimasukkan ke dalam kolam, butuh disiapkan media berbentuk kombinasi tanah serta pupuk kandang ataupun urea dengan ketebalan dekat 5cm.

Setelah itu kolam diisi air dengan ketinggian antara 5cm– 15cm dari lumpur. Supaya azolla berkembang dengan baik serta pula kilat, jarak ketinggian air kolam hendaknya mendekati lumpur.

Perkenankan dekat 2 minggu hingga pupuk terfermentasi sempurna baru setelah itu bibit azolla dapat dimasukkan ke dalam kolam.

Buat budidaya spora azolla di dalam kolam terpal ataupun bak semen, sebaiknnya ketinggian lumpur media azolla dekat 2cm serta ketinggian air lumayan 5cm saja.

  • Penebaran bibit azolla

Takaran tebar bibit azolla anakan yang sempurna merupakan dekat 50 gr– 70 gr per m persegi, setelah itu diamkan hingga dekat 2 minggu ataupun lebih sembari senantiasa melindungi ketinggian air.

Hendaknya bibit azolla ditebar kala kolam telah tidak berbau amonia sehabis media disiapkan. Bila mau membudidayakan spora azolla, hingga takaran tebarnya merupakan 10 gr per m persegi.

Baca Juga :  Kandungan Terong Ungu Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Pemeliharaan Azolla

Buat perkembangan azolla yang baik, tambahkan 50ml/ m2 probiotik biocatfish tiap 2 hari sekali.tidak hanya itu kamu pula bisa berikan nutrisi dapat memakai SP3615 gr/ m2 ataupun 1 dsendok makan.

Dapat pula memakai pupuk kandang yang sudah direndam dalam air sepanjang 2 minggu. Seleksi pupuk kandang yang mati sebab kotoran yang baru memiliki gas amonia yang bertabiat panas.

Sehabis memilah kotoran mati berikutnya rendam sepanjang kurang lebih 2 minggu. bila air rendaman telah tidak menghasilkan bau lagi hingga pupuk kandang siap digunakan

Penggunaanya nyaris sama dengan sp 36 ialah larutkan 10 gr kotoran kambing kedalam air buat disiramklan pada 1 m2 kolam. jalani pemupukan 1 minggu sekali

Pemakaian pupuk kandang tidak hanya memakai metode penyemprotan kamu pula bisa memakai metode apung/ metode teh celup, ialah kotoran hasil rendaman di taruh dalam bulsak setelah itu rendam di kolam azolla.

Budidaya Azolla : Teknik Mudah Tanam Azolla di Kolam Tanah dan Terpal

Panen azolla

Azolla yang sehat mempunyai kecepatan perkembangan 35% per hari. Biasanya azolla telah dapat dipanen dalam waktu 5 hingga 15 hari. Azolla yang sudah siap dipanen hendak menumpuk tebal penuhi permukaan kolam.

Bagaimana Supaya tumbuhan azolla senantiasa tumbuh serta tidak membeli bibit azolla baru?. Maka hendaknya ambil azolla seperlunya ataupun dekat 50% saja dikala panen. Berikutnya, azolla dapat dipanen tiap 1- 2 minggu sekali.

Pada budidaya spora azolla, di hari kesepuluh, spora azolla telah berkecambah serta memerlukan waktu 1 bulan. Hingga azolla penuhi permukaan kolam buat dipindahkan kolam yang lebih besar.

Demikian Uraian kami tentang Budidaya Azolla Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Baca Juga :  Inilah Daun Tespong : Lalapan Kaya Nutrisi Kesehatan, Salah Satunya Penetral Racun

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5