Panduan Lengkap Budidaya Ayam Bangkok Yang Tepat Bagi Pemula

4 min read

Panduan Lengkap Budidaya Ayam Bangkok Yang Tepat Bagi Pemula
0
()

Panduan Lengkap Budidaya Ayam Bangkok Yang Tepat Bagi Pemula – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Ayam Bangkok.

Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Panduan Lengkap Budidaya Ayam Bangkok Yang Tepat Bagi Pemula


Kajian dari sejarah ayam bangkok ini memanglah berasal dari negeri Thailand yang penduduknya sudah sukses menciptakan satu petarung ataupun ayam jago yang mereka sebut King’ s Chicken.

Ayam ini sesungguhnya mempunyai pukulan yang sangat mematikan serta pula gerakan kilat serta mereka pula sangat pintar meski dalam keadaan lagi bertarung.

Sebaliknya di dataran Tiongkok, ayam ini lebih diketahui dengan istilah Leung hang zhao, sebab wilayah di Tiongkok sangat terkenal dengan aktivitas adu ayam jago ataupun sabung ayam.

Para penduduknya sudah mencari mutu ayam unggul buat di kawin silangkan dengan tipe ayam bangkok.

Sebaliknya penyebaran ayam bangkok didaerah Indonesia sendiri berasal dari kota Tuban, Jawa Timur, meski sejarah penyebarannya tidak begitu jelas.

tetapi sampai dikala ini ayam bangkok sudah diketahui secara luas digolongan pendudukan serta warga Indonesia, spesialnya para pecinta ayam tarungan.

Di warga lokal ayam ini acapkali di kawinkan dengan ayam betina lokal, sehingga meski tidak sangat murni, tetapi ayam bangkok yang banyak tersebar di pasaran masih berupa serta mempunyai karakteristik raga semacam ayam bangkok asli.

Ayam bangkok tidak sering di ternak ataupun dibudidayakan di Indonesia, meski sesungguhnya tipe dari ayam ini sangat diminati serta terkenal di golongan para pecinta ayam.

Sebab sesungguhnya tipe dari ayam ini sangat diminati serta terkenal di golongan para pecinta ayam.

Sebab mayoritas warga berfikiran kalau memelihara ayam tipe ini hendak kurang menguntungkan, tidak semacam beternak ayam petelur ataupun pedaging.

Sebab permintaan daging ataupun telur ayam memanglah sangat besar di pasaran.

Sedangkan buat tipe ayam bangkok, masih banyak yang tidak paham tentang keuntungan dalam pemeliharaan ayam tipe ini.

Sesungguhnya usaha budidaya ayam bangkok tidak boleh diremehkan, sebab melaksanakan ternak ayam bangkok pula berpotensi buat meraup keuntungan yang melimpah, ayam tipe ini pastinya lebih perkasa dari pada tipe ayam yang lain.

Baca Juga :  Kandungan Daun Lamtoro Serta Manfaatnya Bagi Manusia Dan Hewan

Jenis Jenis Ayam Bangkok

Ayam bangkok sendiri bisa dibedakan serta digolongkan ke dalam 7 kelompok cocok dengan corak dari bulunya ialah:

  • Putih: yang mempunyai corak dasar bulunya putih.
  • Wiring: yang memilikiu karakteristik corak dasar gelap lengkap dengan ekor yang bercorak kuning kemarahan serta bulu rawis.
  • Wangkas: ini yakni tipe yang mirip dengan rawisnya ataupun kuning kemerahan.
  • Jali: mempunyai karakteristik dengan corak dasar buli blirik yang sesungguhnya kombinasi dari bermacam corak semacam putih, gelap serta merah.
  • Klawu: tipe ini mempunyai corak dasar bercorak abu- abu.
  • Blorok: ini yakni tipe yang mempunyai bulu dengan totol- totol dari bermacam kumpulan corak semacam putih, gelap serta merah.
  • Jragen: mempunyai corak dasar gelap.

Metode Budidaya Ayam Bangkok


  • Pemilihan Indukan

Supaya memperoleh keberhasilan dalam proses pembudidayaan ayam bangkok ini, hingga kamu wajib betul- betul memilah mutu indukan yang sangat bermutu.

umumnya sebagian penjual ayam bangkok yang laris di pasaran hendak sediakan ayam bangkok dengan mutu yang bagus pula.

Memilih indukan yang pastinya aktif serta sehat, tidak cacat ataupun sakit, sebab bibit hendak di mempengaruhi langsung oleh mutu indukan serta aspek luar yang lain, memilih indukan yang bermutu terbaik ataupun sejoli ayam bangkok juara.

  • Pemilihan Kandang

Terdapat metode budidaya ayam bangkok yang wajib kamu perhatikan saat sebelum mempunyai serta menempatkan posisi kandang ayam bangkok ini, berikut sebagian faktor- faktor berarti tersebut:

Posisi ternak ternak ataupun kandang ayam bangkok ini, sekurang- kurangnya wajib berjarak minimun 5 m dari kandang ayam yang lain bila kamu berkemungkinan memelihara ayam tipe yang lain, paling utama bila kamu menjaga ayam potong serta tidak dekat dari rumah.

Upayakan supaya kontur tanah datar serta pula mempunyai sebagian tumbuhan pelindung yang bisa mengendalikan perputaran hawa serta masuknya keseriusan cahaya matahari ke dalam kandang ayam bangkok kamu.

Mempunyai suatu saluran air yang mudah tanpa penyumbat apapun sehingga dikala hujan air nyatanya tidak menggenangi area dekat kandang serta jadi sarang nyamuk.

Utamakanlah posisi yang banyak ditumbuh oleh rumput, sebab pada dasarnya ayam menggemari rumput bagaikan santapan pengganti serat mereka.

Arah kandang paling tidak wajib menghadap cahaya matahari pagi serta pula sejalur dengan arah angin supaya bebas dari bermacam penularan penyakita dari luar kandang.

Baca Juga :  Panduan Lengkap Budidaya Jeruk Pamelo Yang Tepat Untuk Pemula

Hendaknya posisi wajib dipagari secara permanen mengenakan semen serta pula batu bata, bila anggaran kamu tidak terdapat ataupun tidak memadai, pagar biasa pula dapat digunakan dari kawat serta bambu.


Pemberian Pakan Serta Perawatan Bibit Ayam Bangkok

Sehabis para ayam bangkok betina bertelur hingga kamu wajib mempersiapkan kandang ayam lain buat menyimpan telurnya ini sama dengan tahapan. Perkenankan para indukan mengerami telurnya sampai menetas.

Sehabis telur- telur tersebut menetas, hingga pisahkanlah bibit- bibit ayam bangkok tersebut dari indukannya.

Rawatlah bibit- bibit ayam bangkok tersebut dengan baik supaya dapat menciptakan ayam jago yang pastinya unggul serta jago bertarung.

Perihal berikutnya yang wajib dicermati dalam metode menjaga anak ayam bangkok merupakan permasalahan pakan.

Sebagian peternak berpikiran kalau pada umur anak ayam 1 sampai 2 hari, anak ayam tersebut hendaknya cuma lumayan diberi air saja.

Kebutuhan nutrisi para anak ayam masih bisa terpenuhi oleh nutrisi dari kuning telur yang masih melekat pada bulu- bulu mereka.

Tetapi melalui dari umur tersebut, pemberian pakan berbentuk pur bisa diberikan dalam jumlah seperlunya.

  • Pemberian Suplemen Tambahan

Anak ayam bangkok sudah dapat diberi pakan dengan komposisi pakan yang berbeda berbentuk kombinasi dari pakan berbentuk susu bubuk buat balita serta pur.

dengan perbandingan 1: 5 buat anak ayam bangkok umur 1 hingga 4 bulan buat pembuatan bulu, tulang, otot serta bagian badan anak ayam yang lain.

  • Pencabutan Bulu Bibit Ayam Bangkok

Bulu yang berkembang sangat rimbun hendak menghabiskan jatah gisi dari konsumsi makan ayam bangkok. Jadi hendaknya peternak mencabut sebagian dari bulu ayam bangkok dikala umur ayam menggapai 3 minggu.

Cuma memotong bulu pada bagian ekor ataupun sayap, kemudian pada umur 2 bulan, cabutlah bulu- bulu yang rontok di punggung serta bulu leher.

Pancabutan bulu ini wajib dicoba buat memaksimalkan serapan dari santapan buat perkembangannya.

  • Perawatan Intensif Untuk Anakan

Metode budidaya ayam bangkok dalam masa perawatan anak ayam bangkok dari dini sampai umur 6 bulan ataupun hingga mempunyai bulu rawis serta leher barunya pula sudah berkembang hendaknya wajib dipelihara didalam kandang saja.

Perihal ini biasa dicoba supaya menjauhi hendak hilangnya tenaga dari ayam sebab mereka sangat banyak bermain.

Tenaga yang seharunya dapat dipakai buat perkembangan untuk badannya hendak lekas lenyap bila dia kerap bermain.

Oleh sebab itu bila kamu mau membiarkan mereka bermain, hingga berikanlah waktu cuma dekat 30 menit tiap harinya.


Tipe Kandang Ayam Bangkok

Semacam yang sudah kita bahasa diatas kalau terdapat 3 tipe kandang yang biasa di gunakan buat budidaya ayam bangkok ialah:

  • Kandang Umbaran Satuan

Ialah kandang multufungsi bagaikan kandang kawin sekalian pula berperan bagaikan kandang anakan yang berumur 1, 5 sampai 3 bulan.

Baca Juga :  Budidaya Melati : Klasifikasi, Syarat Tumbuh serta Perawatan dari Hama dan Penyakitnya

Kandang ini umumnya terbuat dari kayu dengan dimensi yang sangat sempurna ialah: lebar 1 m, besar 2, 5 m serta panjang 1, 5 m.

Alas dari kandang hendaknya berbentuk alas tanah yang sudah dicampuri dengan pasir, alas yang berupa demikian bermanfaat buat pembuatan maksimal dari struktur jari- jari ataupun cakarnya.

Tidak hanya itu kamu dapat meningkatkan pula tenggeran yang terbuat dari kayu buat tempat bermain para ayam bangkok.

Panduan Lengkap Budidaya Ayam Bangkok Yang Tepat Bagi Pemula

  • Kandang Postal

Kandang ini merupakan kandang yang dikhususkan untuk para anak ayam yang barui saja menetas.

Ukurannya hendak lebih kecil bila dibanding dengan kandang umbaran ialah mempunyai besar 1 m panjang 1 merer serta lebar 0, 8.

Dimensi dari kandang postal yang semacam itu pada biasanya bisa menampung 10 sampai 15 anakan ayam bangkok.

Bilik dari kandang ayam bangkok buat kandang postal bisa terbuat dari kawat serta pula dibagian dalamnya wajib terdapat perlengkapan pemanas yang umumnya terbuat dari lampu bohlam.

Alasnya sendiri biasanya diberi sekam padi supaya kelembaban terpelihara serta hendak ditukar minimun sekali 3 hari.

  • Kandang Tidur

Kandang tidur ayam bangkok ini terbuat spesial buat tidur para ayam dimalam hari, alas dari kandang ini umumnya ditinggikan dengan menyamai wujud panggung minimun berjarak 1, 5 m dari tanah buat dapat menjauhi temperatur tanah yang pastinya hendak jadi dingin pada malam hari.

Ke 3 dari tipe kandang ayam tersebut pastinya wajib dilengkapi dengan wadah air serta wadah pakan, senantiasa melindungi kebersihan serta kelembaban supaya para ayam bangkok bisa leluasa dari penyakit.

Komponen berarti yang lain semacam: sanitasi, pengaturan perputaran hawa serta pemilihan bahan atap jadi berarti bagaikan tahapan yang digunakan supaya kesehatan ayam bangkok terpelihara dalam jangka panjang.

Demikian Uraian kami tentang Budidaya Ayam Bangkok Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5