Buah Belimbing : Klasifikasi, Morfologi dan Khasiatnya

4 min read

Buah Belimbing : Klasifikasi, Morfologi dan Khasiatnya
0
()

Buah Belimbing : Klasifikasi, Morfologi dan Manfaatnya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Buah Belimbing.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Buah Belimbing : Klasifikasi, Morfologi dan Manfaatnya


Belimbing merupakan tanaman penghasil buah berupa khas yang berasal dari Indonesia, India, serta Sri Langka.

Dikala ini, belimbing sudah tersebar ke penjuru Asia Tenggara, Republik Dominika, Brasil, Peru, Ghana, Guyana, Tonga, serta Polinesia.

Usaha penanaman secara komersial dicoba di Amerika Serikat, ialah di Florida Selatan serta Hawaii. Di Indonesia, buah ini jadi ikon kota Depok, Jawa Barat, semenjak tahun 2007.

Tumbuhan ini mempunyai daun majemuk yang panjangnya bisa menggapai 50 centimeter, bunga bercorak merah muda yang biasanya timbul di ujung dahan.

Tumbuhan ini bercabang banyak serta bisa berkembang sampai menggapai 5 meter. Tidak seperi tumbuhan tropis yang lain, tumbuhan belimbing tidak membutuhkan banyak cahaya matahari.

Penyebaran tumbuhan belimbing sangat luas, sebab benihnya disebarkan oleh kelelawar.

Buah belimbing bercorak kuning kehijauan. Dikala baru berkembang, buahnya bercorak hijau. Bila dipotong, buah ini memiliki penampang yang berupa bintang.

Berbiji kecil serta bercorak coklat. Buah ini renyah dikala dimakan, rasanya manis serta sedikit asam. Buah ini memiliki banyak vit C.

Salah satu tipe dari belimbing, yang diucap belimbing wuluh, kerap digunakan buat bumbu masakan, paling utama buat berikan rasa asam pada masakan.

Salah satu daerah yang populer hendak penciptaan belimbing merupakan Demak, Jawa Tengah. Belimbing Demak populer berdimensi besar, warnaya kuning terang serta rasanya manis.


Klasifikasi Tumbuhan Belimbing

Klasifikasi tumbuhan belimbing bisa dijabarkan bagaikan berikut:

  • Kingdom: Plantae
  • Sub Kingdom: Tracheobionta
  • Luar biasa divisi: Spermatophyta
  • Divisi: Magniliophyta
  • Kelas: Magnoliopsida
  • Sub kelas: Rosidae
  • Ordo: Geraniales
  • Famili: Oxalidaceae
  • Genus: Averrhoa
  • Spesies: Averrhoa carambola L.
Baca Juga :  Budidaya Cabe Rawit : Metode, Pemilihan, Proses, Perawatan Dan Pemanenan

Morfologi Tumbuhan Belimbing

Dalam menguasai morfologi tumbuhan belimbing, kita wajib paham karakteristik– karakteristik raga tumbuhan belimbing mulai dari pangkal sampai biji bagaikan berikut:

  • Akar

Tumbuhan belimbing mempunyai system perakaran pangkal tunggang serta mempunyai rambut– rambut pangkal disampingnya.

Pangkal utama berupa kerucut serta tegak lurus dan tidak mempunyai stipula. Perakaran tersebut terdiri atas pangkal, batang, ujung, cabang, serabut, bulu serta cadar pangkal.

  • Batang

Batang tumbuhan belimbing berbentuk kayu yang kokoh dengan permukaan kulit batang yang halus. Batang tersebut berupa silinder dengan diameter dekat 30 centimeter serta panjang dapat menggapai 10 m ataupun lebih.

Batang tersebut tumbuhnya tegak ke atas dengan tajuk tumbuhan yang rendah. Pada banyak dilengkapi banyak sekali percabangan sehingga orang kerap menyebut tumbuhan belimbing bagaikan tumbuhan teduh.

Batang belimbing bercorak cokelat tua sampai kelabu tua. Besar tumbuhan antara 5– 12 centimeter memiliki ranting serta percabangan yang banyak yang tumbuhnya menyudut.

  • Daun

Daun tumbuhan belimbing berupa lonjong dengan ujung daun yang meruncing serta membulat bagian pangkal daun. Daun belimbing tercantum daun majemuk yang mempunyai daun utama serta anak daun.

Daun tersebut mempunyai panjang 18 centimeter, pada masing- masing daun mempunyai 1– 2 anak daun yang silih berhadapan. Anak– anak daun mempunyai panjang 1, 5– 9 centimeter dengan lebar 1– 4, 5 centimeter.

Permukaan daun belimbing mengkilat serta tekstur daun yang tidak sangat tebal. Tetapi, pada bagian dasar daun belimbing mempunyai tekstur yang agak agresif serta cenderung buram.

Pada daun muda umumnya bercorak hijau muda, sebaliknya pada daun belimbing tua corak daun merupakan hijau tua.

Daun belimbing dilengkapi oleh tangkai bagaikan media pelekatan ke ranting. Daun belimbing mempunyai tulang daun menyirip dengan pertulangan di dalamnya.

  • Bunga

Bunga pada tumbuhan belimbing tercantum ke dalam bunga majemuk yang terdiri dari 2 kelamin dalam satu bunga ialah kelamin jantan serta kelamin betina.

Bunga belimbing bercorak merah keunguan yang kerap timbul pada bagian ketiak daun serta terletak di ujung ranting.

Baca Juga :  Daun Jarak Merah : Mengenal Kandungan dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Pada belimbing manis, bunga tersusun dari 5 helai kelopak bunga yang berupa bujur telur memanjang dengan novel yang pendek setelah itu bergabung jadi satu membentuk bunga yang indah.

Bagian dalam bunga mempunyai bakal buah( ovarium) bercorak putih kehijauan, beralur dan terdiri dari 5 bagian, mempunyai bulu halus di bagian tepinya. P

enyerbukan bunga belimbing umumnya dibantu oleh perantara hewan semacam lebah, kelelawar, kupu– kupu, angin serta yang lain.

  • Buah

Tumbuhan belimbing manis mempunyai buah yang berupa bintang dengan 5 sisi yang tajam. Kulit belimbing bercorak kuning dengan permukaan yang mengkilap. Buah belimbing mempunyai panjang 15 centimeter, diameternya 8– 12 centimeter serta mempunyai berat 200– 500 gr.

Di bagian dalamnya ada biji beberapa 8– 10 biji yang permukaannya licin sebab memiliki lendir. Buah belimbing rasanya manis serta fresh terlebih dikala buah sudah masak.

Sedangkan itu, pada buah belimbing wuluh mempunyai wujud lonjong silindris serta rasanya sangat masam. Belimbing wuluh biasa dimanfaatkan bagaikan bahan masakan buat mendapatkan rasa asam yang natural.

  • Biji

Biji belimbing mempunyai wujud yang lonjong dengan ujung yang runcing. Panjang biji ialah dekat 0, 7– 1, 2 centimeter. Biji ini tertutup oleh lendir yang diucap dengan aril, mempunyai testa yang bercorak cokelat muda dengan permukaan yang tipis serta mengkilap.

Buah belimbing tidak hanya mempunyai rasa yang menyegarkan serta kaya hendak isi air pula mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan misalnya buat merendahkan tekanan darah.


Khasiat Buah Belimbing Buat Kesehatan

Belimbing yakni salah satu tipe buah fresh yang sering disantap.

Tidak hanya fresh buat disantap, buah belimbing pula mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan badan, antara lain yakni:

  • Menghindari kanker

Isi flavonoid polifenol yang ada dalam buah belimbing sanggup menolong melawan dampak mutagenik akibat radikal leluasa serta membuangnya dari badan.

Sehingga buah ini menghindari dari resiko penyakit kronis. Tidak hanya itu, belimbing pula banyak isi serat, yang sanggup menolong mensterilkan toksin di dalam usus besar.

  • Anti inflamasi

Jumlah antioksidan serta flavonoid yang ada dalam belimbing bisa kurangi resiko peradangan kulit, tercantum psoriasis serta dermatitis.

Baca Juga :  Thiamin Adalah : Kebutuhan Harian, Sumber Nutrisi, Manfaat dan Akibat Kekurangannya

Tidak cuma itu, belimbing pula memiliki sumber vit C, yang bisa menolong mensterilkan toksin serta mengoptimalkan penciptaan kolagen dalam kulit.

  • Melindungi Kesehatan jantung

Buah Belimbing memiliki zat natrium serta kalium yang lumayan besar. Kedua zat tersebut bermanfaat bagaikan pengganti elektrolit dalam badan.

Mengkonsumsinya belimbing secara teratur bisa menolong mengendalikan tekanan darah serta detak jantung.

Tidak hanya itu pula mensterilkan plak pada pembuluh darah, serta melancarkan peredaran darah ke segala badan.

  • Memicu penciptaan ASI

Tidak hanya daun katuk, buah belimbing nyatanya diketahui bagaikan santapan sehat yang bisa memicu penciptaan ASI pada bunda muda.

Isi nutrisi yg ada pada belimbing dipercaya jitu buat melancarkan kelenjar susu yang tersumbat, serta mengoptimalkan produktivitas ASI.

  • Tingkatkan sistem imunitas tubuh

Satu buah belimbing utuh memiliki setara 50 persen vit C kebutuhan setiap hari. Vit C sangat baik buat tingkatkan sistem imunitas, serta bisa menghindari resiko penyakit akibat virus serta kuman yang melanda badan.

Tidak hanya itu, isi vit C pula sangat baik buat memelihara kesehatan kulit.

Buah Belimbing : Klasifikasi, Morfologi dan Khasiatnya

  • Tingkatkan sistem pencernaan

Serat merupakan tipe nutrisi yang sangat baik buat kesehatan pencernaan. Serat dapat menolong memicu pergerakan tinja lewat saluran pencernaan, kurangi efek wasir, kembung, kram serta pula diare.

Tidak hanya itu, serat dalam buah belimbing pula ampuh tingkatkan penyerapan nutrisi santapan dalam badan.

  • Tingkatkan kepadatan tulang serta gigi

Belimbing memiliki bermacam- macam mineral mulai dari zat besi, magnesium, fosfor, seng, sampai kalsium.

Segala zat tersebut berguna buat menolong tingkatkan kesehatan tulang serta gigi, serta pula kurangi resiko penyakit tulang, misalnya radang sendi serta osteoporosis.

Demikian Uraian kami tentang Buah Belimbing Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5

Cara Menetaskan Telur Ayam

Admin1
3 min read

Tanaman Hortikultura

Admin1
3 min read

Cara Pemangkasan Pohon Sawo

Admin1
2 min read