Bonsai Bunga Kertas

3 min read

Bonsai Bunga Kertas
5
(1)

Bonsai Bunga Kertas – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Bonsai Bunga Kertas. Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Bonsai Bunga Kertas


Bonsai bunga/Kembang kertas ataupun banyak pula yang menyebutnya bonsai bougenville (bonsai bugenvil) ialah tumbuhan hias berbunga indah serta corak warni.

Corak bunga yang bervarian dari tumbuhan ini sangat menawan banyak orang sehingga tumbuhan hias ini kerap dijadikan bonsai serta metode buatnya pula terbilang gampang.

Klasifikasi Bougenville

Tipe bunga kertas merupakan bunga yang telah diakui keindahannya oleh banyak orang, terlebih untuk orang yang gemar menggunakan bunga ini bagaikan tumbuhan bonsai.

Bonsai dari tumbuhan bunga kertas memiliki keelokan yang sangat luar biasa yang membuat tumbuhan ini jadi incaran oleh kolektor bonsai.

Umumnya bonsai ini mempunyai harga yang lumayan tinggi bergantung gimana wujud tumbuhan, berbunga rimbun serta pula sempat juara dalam lomba.

Siapkan Perlengkapan serta Bahan yang Dibutuhkan

Tidak butuh takut sebab perlengkapan serta bahan yang diperlukan sangat gampang ditemui serta didapat semacam:

  • Pot
  • Gunting tanaman
  • Isolasi
  • Tali raffia
  • Tang
  • Kawat kuningan
  • Cetok
  • Bibit bunga kertas/ bougenvile
  • Pupuk kandang/ kompos
  • Pupuk anorganik
  • Kerikil
  • Pasir
  • Media tanam

Gimana Metode Menanam Bonsai dari Bunga Kertas?

Persiapan Penanaman

  • Seleksi bibit tumbuhan bougenville yang wujud serta teksturnya baik, sekaligus sehat. Buat mengetahuinya, simaklah dari corak daunnya yang terang serta fresh, dan keadaan batangnya yang kuat.

Dalam pemilihan bibit ini, upayakan pula mengambil bibit vegetative (cangkok/stek) supaya mempunyai pangkal lateral yang kokoh serta bukan pangkal tunggang.

Baca Juga :  Tanaman Strawberry : Morfologi, Jenis, Varietas dan Usia Berbuahnya

Setelah itu, dikala memilah bibit, pangkaslah sedikit batang yang tidak dibutuhkan supaya nampak estetikanya.

Pemangkasan ini berperan pula buat kurangi penguapan yang berhubungan pula dengan tingkatan stress pada tumbuhan. Sehingga, tumbuhan jadi lebih produktif serta sanggup badan lebih kuat.

  • Siapkan pot yang kuat buat pemindahan bibit bonsai. Hendaknya, saat sebelum meletakannya bonsai, mencuci bersih pot serta melaksanakan sterilisasi dari hama penyakit.

Perihal ini dicoba supaya tanaman berkembang produktif. Triknya dengan menyiramkan insektisida seperlunya serta menjemurnya di dasar cahaya matahari langsung sepanjang 7 sampai 10 hari.

  • Dikala mau memasukan bonsai ke pot, buang tanah asli dari pembibitan, sebab kurang baik untuk tumbuhan bonsai.

Setelah itu, basahi sedikit polybag supaya bibit gampang dikeluarkan. Buang tanah dari bagian dasar serta atur akarnya.

Gunakanlah tanah baru buat menanam bonsai guna membenarkan pertumbuhannya sempurna.

  • Setelah itu, tanam bonsai dengan bagian alas pot dimasukkan kerikil seperlunya terlebih dulu. Letakkan bibit bonsai pas ditengah pot sembari dirapikan akarnya.

Setelah apik, masukkan media tanam disela-sela perakarannya serta padatkan seperlunya sampai pot terisi penuh.

Media tanam yang digunakan terdiri atas kombinasi tanah, pupuk kompos, serta pasir dengan perbandingan 5:3:2.

  • Sehabis bibit tertanam, siram seperlunya serta jangan sampai air yang masuk ke tanah sangat banyak.

Karena, penyiraman ini cuma dicoba buat melindungi kelembaban media tanam. Dapat pula ditambahkan moss di bagian atasnya bagaikan pelindung buat media tanamnya.

  • Terakhir, pangkas dahan-dahan yang tidak dibutuhkan buat merapikan wujud tumbuhan bonsai ini.

Pemangkasan ini pula dicoba buat membuat kerangka dasar bonsai, sehingga pada saat bertumbuh hendak lebih tertib pertumbuhannya.

Bonsai Bunga Kertas


Proses Pembuatan bonsai

  • Dikala bakal bonsai telah menampilkan perkembangan yang baik, maka lekas siapkan bakal bonsai tersebut serta media tanam yang baik berbentuk campuran tanah humus serta pupuk kandang dengan perbandingan 1:1.
  • Siapkan pula pot dengan dimensi sempurna 35 hingga 40 centimeter buat menghalangi perkembangan yang kelewatan pada akarnya.
Baca Juga :  Tanaman Bawang Putih : Morfologi, Kandungan, Manfaat dan Hama Pengganggunya

Upayakan buat menjauhi pot yang sangat dalam, sebab bonsai hendak berkembang subuh serta hendak lebih susah menata wujud daunnya.

Tidak hanya itu, pot yang sangat dalam hendak menimbulkan dimensi bunga bonsai jadi sangat kecil.

  • Ikatkan selembar kawat pada pangkal pot bagaikan perlengkapan bantu pembuatan bonsai.

Kawat ini pula digunakan buat penopang tumbuhan, saat sebelum sistem perakaran bonsai jadi lebih kokoh serta supaya tidak mengganggu tumbuhan.

  • Dikala bonsai bunga kertas sudah menampilkan perkembangan yang baik, hingga telah dapat mulai didesain cocok dengan kemauan.

Siapkan perlengkapan berkebun buat membentuknya, semacam perlengkapan semprtot, gunting tumbuhan, tang potong, penjepit, serta perlengkapan berkebun yang lain buat persiapan membentuk bonsai sesuai kemauan.

  • Tata cara yang umumnya dicoba buat membentuk bonsai merupakan dengan melilitkan kawatnya pada batang bunga ataupun ranting bonsai yang kuat.

Perihal ini dicoba guna mengganti wujud cabang ataupun batang bunga kertas dari wujudnya yang natural jadi wujud bonsai yang cocok dengan kenginan pemiliknya.


Metode Perawatan Bunga Kertas

  • Untuk membuat tumbuhan bonsai produktif memanglah dibutuhkan kelembaban tanah yang lumayan. Tanah lembab bukan berarti sangat basah.

Karenanya, letakkan tumbuhan bonsai pada tempat yang mempunyai drainase lumayan demi terjaganya kelembaban media tanam, tetapi pula tidak sangat basah.

  • Sesungguhnya, tumbuhan bougenville mempunyai kecenderungan menggemari keadaan tanah yang kering serta tidak memerlukan air yang banyak.

Penyiraman ini cuma dapat dicoba sekali dalam satu hari ataupun pada dikala tanah lagi betul-betul kering.

Bila tanah sangat basah, tumbuhan bougenville malah hendak cepat membusuk, paling utama pada bagian akarnya.

  • Jalani pemupukan secara teratur dalam batasan yang sesuai, dan siram secara tertib. Perihal ini dicoba guna melindungi ketersediaan faktor hara pada media tanam.
Baca Juga :  Inilah 18 Manfaat Bunga Melati Yang Perlu Kamu Tahu Lebih Dari Sekedar di Buat Teh

Sehingga, tumbuhan bonsai dalam kondisi senantiasa fresh serta produktif.

  • Berikan pula pupuk yang rendah nitrogen sebanyak 2 hingga dengan 3 kali setahun.

Pemberian pupuk rendah nitrogen bisa memberikan bonus nutrisi yang baik untuk tumbuhan. Dengan begitu, tumbuhan dapat berkembang produktif.

  • Tambahkan bahan-bahan organik buat memicu petumbuhan bonsai. Bahan-bahan organik yang digunakan dapat berbentuk bahan organik yang padat ataupun yang cair.

Cuma saja, butuh diperkirakan penggunaannya. Jangan sangat banyak, jangan pula sangat sedikit.

  • Jalani pula penyemprotan dengan peptisida organik sesekali bila dibutuhkan buat melindungi kelembaban tumbuhan.

Perihal ini pula dapat dicoba buat menghindari bonsai terinfeksi penyakit yang bisa dengan gampang mengganggu tumbuhan.

  • Pangkas daun serta ranting yang tidak diperlukan buat melindungi tumbuhan bonsai senantiasa pendek.

Pemangkasan pada ranting serta daun tumbuhan ini pula melindungi supaya tumbuhan terus “bernafas” serta produktif.

Begitulah proses budidaya tumbuhan bonsai bougenville. Dalam proses pembuatan bonsai tumbuhan bougenville, upayakan buat tidak memakai bahan-bahan yang membuat bonsai terpaksa jadi kerdil.

Hendaknya bonsai dibiarkan betumbuh hanya dengan cara-cara yang natural ataupun alami.

Karena, bila memakai bahan kimia ataupun dituntut kerdil, malah hendak mengganggu pertumbuhannya yang alami.

Tidak sulit sesungguhnya melaksanakan proses budidaya tumbuhan, tetapi memanglah memerlukan ketelitian serta ketelatenan dalam perawatannya.

Tumbuhan hias ini sangat sesuai untuk mereka yang sangat menggemari estetika ruang.

Demikian Uraian kami tentang Bonsai Bunga Kertas Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5