Asparagus : Sejarah, Kandungan Nutrisi, Manfaat dan Cara Budidayanya

5 min read

Asparagus : Sejarah, Kandungan Nutrisi, Manfaat dan Cara Budidayanya
0
()

Asparagus : Sejarah, Kandungan Nutrisi, Manfaat dan Cara Budidayanya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Asparagus.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Asparagus : Sejarah, Kandungan Nutrisi, Manfaat dan Cara Budidayanya


Asparagus, mempunyai nama ilmiah Asparagus officinalis, ialah semak menjalar dengan panjang mencapai 3 meter. Wujud tumbuhan merupakan silindris dengan batang memanjang membentuk rebung.

Diketahui sebagai tumbuhan herbal yang mempunyai besar 100- 150 centimeter, berkarakteristik tidak mempunyai bunga melainkan berbentuk kuncup yang terletak di atas.

Tumbuhan ini memiliki corak hijau pada daun serta buah, berupa majemuk, serta pula berseling tersebar. Tidak hanya itu tumbuhan berupa mirip duri dengan panjang daun cuma dekat 1 centimeter, corak daun hijau.

Bunga pada tumbuhan ialah bunga majemuk. Benang sari silindris dengan panjang 2 centimeter. Tidak hanya itu bunga tumbuhan mempunyai putik serta berupa bintang.

Mahkota bercorak putih kemerahan. Tidak hanya bunga terdapat tumbuhan berupa kotak. Bila masih muda buahnya bercorak hijau serta bila telah tua bercorak kecokelatan.

Biji tumbuhan bercorak putih dengan wujud bundar berdiameter 5 milimeter. Pangkal tumbuhan merupakan serabut dengan corak pangkal putih kotor semacam pangkal yang lain.

Biasanya bercorak hijau, walaupun terdapat yang bercorak hijau dengan daun bercorak ungu( ungu) ataupun tipe lain yang bercorak putih kekuning- kuningan(Spargel).

Paling banyak disantap oleh warga dunia terdiri atas 2 tipe, ialah putih serta hijau. warna putih dibudidayakan di dataran tinggi serta tidak banyak ditemukan di Indonesia.


Sejarah Asparagus

Tumbuhan ini ialah asli Eropa yang setelah itu pada masa kolonialisme menyebar ke Afrika Utara serta Asia Barat.

Awal kali dibudidayakan dekat 2. 500 tahun yang kemudian di Yunani, serta nama itu diambil dari kata Yunani yang berarti tangkai ataupun tunas.

Semenjak dini, khasiat nutrisi telah menemukan atensi serta telah digunakan bagaikan obat natural. tanaman ini diketahui sebab watak diuretiknya, serta dinikmati sebab rasanya yang halus serta berbeda.

Baca Juga :  Inilah Jenis Jenis Ayam di Indonesia dan Keunggulannya

Orang Prancis mulai mengolah pada tahun 1400- an, serta orang- orang Inggris serta Jerman mulai mencermati sayur- mayur bergizi ini pada tahun 1500- an. Dikenal di Amerika Serikat dekat tahun 1850.

Importir paling atas merupakan Amerika Serikat, Uni Eropa, serta Jepang. Cina merupakan produsen terbanyak di dunia, serta penciptaan Amerika Serikat paling tinggi di California, Michigan, serta Washington.


Kandungan Nutrisi Asparagus

Sayur- mayur ini mempunyai bermacam nutrisi yang istimewa dengan kalori yang sangat rendah. Bermacam isi nutrisi ialah protein, serat, lemak, fosfor, vit C, vit A, sampai vit E.

Tidak cuma itu, ia juga mempunyai beberapa kecil isi mikronutrien semacam zat besi, zinc, serta riboflavin.Khasiat untuk kesehatan dipengaruhi oleh isi bermacam nutrisi tersebut.

Dia pun apalagi pula mempunyai isi vit K yang besar, yang berfungsi aktif dalam pembekuan darah sekalian melindungi kesehatan tulang.

Selain itu ada thiamin, niacin, teratur serta asam folat,mineral kalsium, kalium, magnesium, mangan, besi, fosfor, tembaga, seng serta selenium.

Apalagi, sebab isi folatnya yang besar,  kerap dianjurkan buat disantap oleh bunda berbadan dua buat menolong pembuatan sel- sel serta DNA calon balita.

Merupakan tipe sayur- mayur yang sudah lama diketahui warga. Semacam halnya dengan sayur- mayur yang lain,  pula lebih kerap diolah jadi sayur- mayur berkuah yang sangat lezat.

Berbeda dengan biasanya sayur- mayur yang lebih banyak menggunakan daunnya, diambil bagian batang mudanya. Isi terhadap nutrisi pula terbilang besar yang sangat diperlukan badan.

Tidak hanya itu, tidak memiliki kolesterol, rendah kalori serta sangat rendah sodium. Sayur- mayur ini pula kaya serat serta asam amino asparagina yang bertabiat diuretik yang sangat baik buat badan.


Manfaat Sayur Asparagus Untuk Kesehatan

Tidak hanya kerap diolah jadi masakan sayur- mayur yang lezat, baik buat  juice. Berikut ini bermacam khasiat sayur yang perlu Kamu ketahui :

  • Melancarkan Saluran Urin

Watak diuretik sayur- mayur inisangat baik buat memperlancar saluran kemih. Perihal ini pula bermanfaat buat melindungi serta tingkatkan guna ginjal supaya bekerja secara maksimal serta menjauhkannya dari bermacam penyakit.

  • Kaya Antioksidan

Dikenal kaya antioksidan yang besar, paling utama dari isi vit E, C, glutathione, polifenol serta flavonoid. Isi  sayuran ini hendak melindungi badan dari radikal leluasa, polutan serta kanker.

  • Baik buat Bunda Hamil

Sayur- mayur yang kaya vit B9 ataupun asam folat ini sangat baik disantap bunda berbadan dua sebab bisa tingkatkan pembuatan sel darah merah serta DNA balita.

Sayur- mayur ini pula hendak melindungi balita dari kecacatan saraf. Bunda yang lagi berbadan dua sangat dianjurkan banyak makan sayuan ini spesialnya sepanjang trimester dini kehamilannya.

  • Menunjang Diet Merendahkan Berat Badan

Ini hendaknya masuk dalam menu diet Kamu. Tidak hanya besar serat,pula rendah kalori serta rendah sodium yang sangat baik buat menunjang program kamu merendahkan berat tubuh.

  • Tingkatkan Kesehatan Tulang

Khasiat sayuran ini pula sangat baik buat melindungi serta tingkatkan kesehatan tulang. Isi vit K yang lumayan besar dalam sayur- mayur ini sangat baik buat menghindari pembekuan darah.

  • Mengendalikan serta Merendahkan Tekanan Darah

Riset menciptakan kalau mengkonsumsi santapan berkalium sangat baik dalam merendahkan tekanan darah serta menghindari resiko penyakit stroke serta jantung.

  • Melindungi Kesehatan Mata

Mengkonsumsi sayur- mayur ini pula sangat baik buat melindungi kesehatan mata. Isi vit A yang besar bermanfaat buat membuat penglihatan lebih tajam serta melindungi mata dari kehancuran serta penyakit.

  • Membuat Kulit Bercahaya

Khasiat sayur ini pula efisien buat melindungi kesehatan kulit serta membuat kulit lebih terang. Isi vit A, glutathione serta nutrisi lain bermanfaat membetulkan sel kulit yang rusak serta menghindari penuaan dini.

  • Melancarkan Pencernaan

Isi serat serta senyawa aktif dalam sayur- mayur ini telah teruji efisien buat melancarkan pencernaan. Makan sayur- mayur ini pula baik buat menanggulangi beberapa kendala perut, semacam diare, wasir maupun kendala BAB.

  • Mengatur Kandungan Gula Darah

Sayur- mayur  yang kaya nutrisi ini pula bermanfaat buat mengatur kandungan gula darah. Komsumsi sayur- mayur ini hendak membuat insulin bawa glukosa dari darah ke dalam sel, sehingga sangat baik buat pengidap diabet.

Baca Juga :  10 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan, Bukan Sekedar Penurun Berat Badan

Tahapan Budidaya Asparagus


  • Pembibitan

Masa pembibitan terdiri dari penyebaran benih sampai pertumbuhan tanaman muda yang ditanam dalam pesemaian selama 1-3 bulan. Biji diambil dari tanaman yang cukup tua, lebih dari 2 tahun.

Biji yang tua atau kering akan bewarna hitam. Langkah-langkah dari pembibitan antara lain:

    • Biji direndam dalam air hangat pada suhu kira-kira 30ºC selama 84 jam
    • Siapkan media semai yang terdiri dari pupuk kandang, pasir dan tanah dengan perbandingan (2:1:1)
    • Siapkan petak persemaian dengan arah utara selatan dengan diberi atap pelindung menghapa utara selatan dengan panjang sesuai kebutuhan (5-10 m) dan lebar kira-kira 1 m.
    • Sebarkan benih dengan jarak antar baris 30cm sedangkan dalam barisan 5-7,5 cm.
    • Agar tidak longsor terkena hujan, pinggir petakan bisa diperkuat dengan bambu
    • Pemeliharaan pesemaian dintaranya: penyiraman, penjarangan tanaman, penjarangan atap pelindung, pencegahan hama dan penyakit.
    • Bibit dapat dipindah kekebun apabila perakaran sudah cukup kuat, tinggi pohon sudah lebih dari 30 cm, umur kira-kira 6-8 bulan.
  • Persiapan Lahan

    • Persipan Lahan penanaman adalah sebagai berikut:
    • Tanah untuk kebun harus cukup dalam dan berpasir.
    • Tanah diolah atau dibajak dengan kedalaman 30 cm
    • Pembuatan alur/parit dengan lebar 30-45 cm dan panjang disesuaikan dengan keadaan lahan
    • Pemberian pupuk kandang/kompos kira-kira 5-10 per hektar, bila perlu ditambahkan ZA/Urea dan TSP/SP-36
    • sebanyak 15 gram per tanaman.
    • Pencampuran media tanam.
  • Penanaman

    • Bibit asaparagus yang telah berumur 6-8 bulan dengan tinggi minimal 30 cm cukup baik untuk mulai ditanam dikebun.
    • Bibit diletakkan pada parit yang telah disediakan kemudian ditimbun dengan tanah bekas galian.
    • Jarak tanam yang dapat digunakan untuk penanaman bervariasi, diantaranya jika jarak antar alur 75-90 cm maka dalam barisan jaraknya 50-60 cm. Bila memakai karak antar alur 105-110 cm, maka tanaman didalam baris ditanam dengan jarak 35-45 cm.
    • Dalam 1 hektarnya tanaman bisa berjumlah 20.000 sampai 25.000 pohon.
Baca Juga :  16 Manfaat Daun Tempuyung Yang Jarang di Ketahui, Salah Satunya Obati Batu Ginjal

Asparagus : Sejarah, Kandungan Nutrisi, Manfaat dan Cara Budidayanya

  • Pemeliharaan

Pembungbunan,Tujuan pembungbunan adalah untuk memperkokoh tegaknya tanaman, memperbanyak system perakaran sehingga akan lebih memperbanyak hasil rebungnya.

Penyiangan,Dimaksudkan untuk membuang rumput/ tanaman pengganggu, pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan rumput disekitar tanaman.

Pemupukan,Pemupukan dilakukan untuk menambah unsure hara yang dibutuhkan oleh tanaman.Pupuk susulan yang diberikan dapat berupa Urea (10 garm per tanaman), ZA (15 gram per tanaman).

Dilakukan setiap 14 atau 21 hari sejak bibit mulai tumbuh. Jumlah pupuk disesuaikan dengan tingkat pertumbuhan tanaman, makin dewasa pertumbuhannya makin banyak pemakaiannya.

  • Pemanenan

Di Negara subtropics pertama kali pemetikan rebung adalah 18-24 bulan sesudah penanaman.

Masa pemetikan dalam 1 musim diperkirakan memakan waktu 6-8 minggu, dengan hasil bisa mencapai 1-1,5 ton rebung pada lahan ± 0,5 Ha.Pemetikan yang paling baik dilakukan pada pagi hari.

Di Negara tropis pertumbuhannya lebih cepat, dengan umur pemanenan pertama berkisar 8-10 bulan sesudah penanaman. Dalam pemanenan perlu diperhatikan mengenai pemilihan rebungnya.

Rebung yang berkualitas baik adalah rebung yang gemuk, lunak dan bewarna putih. Juga perlu diperhatikan dalam pemetikan rebungnya, yaitu dengan memotong pangkal rebung yang melandai kearah luar dengan pisau tajam.

Demikian Uraian kami tentang  Asparagus Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5