Cara Menanam Pisang Yang Baik dan Benar Untuk Pemula

4 min read

Cara Menanam Pisang Yang Baik dan Benar Untuk Pemula
0
()

Cara Menanam Pisang Yang Baik dan Benar Untuk Pemula – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Timun Suri.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini


Cara Menanam Pisang Yang Baik dan Benar Untuk Pemula


Buah pisang merupakan salah satu buah yang mempunyai banyak hendak khasiat. Isi nutrisi yang ada pada buah ini sangat banyak diperlukan oleh badan.

Tumbuhan pisang ini telah sangat populer di golongan warga kita terlebih sebab tumbuhan ini telah sangat kerap ditanam pada rumah.

Pisang merupakan nama universal yang diberikan pada tanaman terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae.

Sebagian jenisnya( Musa acuminata, Meter. balbisiana, serta Meter.×paradisiaca) menciptakan buah mengkonsumsi yang dinamakan sama. Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok tersusun menjari yang diucap sisir.

Nyaris seluruh buah pisang mempunyai kulit bercorak kuning kala matang, walaupun terdapat sebagian yang bercorak jingga, merah, hijau, ungu, ataupun apalagi nyaris gelap.

Buah pisang bagaikan bahan pangan ialah sumber tenaga( karbohidrat) serta mineral, paling utama kalium.

Terlebih, kesempatan bisnis yang dapat didapatkan dari pisang ini pula masih sangat luas sebab banyaknya khasiat yang dapat diapatkan.

Secara universal, dikala ini pisang tidak banyak yang melaksanakan budidaya secara intensif. Cuma sebagian golongan saja yang melaksanakan budidaya secara masif.


Syarat Tumbuh Tanaman Pisang

Sesungguhnya, tumbuhan pisang ini terkategori tumbuhan yang bisa ditanam dimana saja, ialah bisa menerima keadaan dataran besar dan kekeringan.

Apabila di Indonesia, pada biasanya pisang bisa berkembang serta tumbuh di dataran rendah sampai pegunungan dengan ketinggian yang menggapai 2. 000 mdpl.

Namun, buat tipe yang yang lain bisa menggapai ketinggian 1. 000 mdpl.

Oleh sebab itu, budidaya buah pisang sangat diminati oleh seluruh golongan. Berikut merupakan metode yang diperlukan buat metode menanam tumbuhan pisang supaya vepat berbuah.


Langkah Langkah Menanam Pisang


  • Pembibitan dari Tunas Pisang

Umumnya, pada pemilihan bibit pisang ini digunakan dengan memakai tunas.

Baca Juga :  Cara Menanam Pinus Dengan Biji Mudah dan Tepat Bagi Pemula

Besar tunas yang umumnya digunakan buat jadi bibit merupakan yang mempunyai besar dekat 1– 1. 5 meter yang mempunyai kelebaran umbi dekat 15– 20 centimeter.

Buat memperoleh hasil yang terbaik, hendaknya anakan yang digunakan merupakan yang diambil dari tumbuhan pisang yang tercantum dalam jenis yang sehat dan baik.

Tidak hanya itu, ketinggian dari bibit tumbuhan ini pula hendak mempengaruhi terhadap penciptaan dari tumbuhan pisang itu sendiri.

Pada bibit anakan tumbuhan pisang ini sendiri pula dipecah jadi 2 tipe: anakan tua dan muda.

Dalam perihal ini, anakan berusia hendak mempunyai kemampuan buat lebih baik dijadikan bibit sebab kesiapannya lebih matang, ialah sudah mempunyai calon bunga serta persediaan santapan yang ada didalam batang.

Tidak hanya itu, pemakaian tunas bibit yang masih berupa tombak serta daun yang masih semacam pedang pula lebih dibaik daripada daun dari tunas telah melebar.

Buat memperoleh bibit, perihal yang bisa kita jalani merupakan dengan metode membeli ataupun ambil dari kebun sendiri.

Pada penanamannya itu sendiri, bibit hendak di tanam pada jarak yang tidak sangat rapat antar pohonnya ialah dengan jarak 2 x 2 meter.

Pada tumbuhan induk hendak dibiarkan ada sebagian tunas dekat 7 sampai 9 buah tunas. Apabila lebih dari itu, hendaknya dicoba pula pemangkasan supaya bisa kurangi jumlah tunas yang terdapat.

Tidak hanya itu, guna buat menjauhi terkenanya hama dan penyakit pada tumbuhan pisang. Umumnya saat sebelum penanaman bibit butuh dicoba sebagian metode berikut.

Sehabis memotong tunas tumbuhan pisang, hendaknya kita mensterilkan tanah yang ada pada tunas tumbuhan pisang.

Lakukanlah penyimpanan bibit pada tempat yang teduh sepanjang 1 sampai 2 hari supaya potongan yang ada pada umbi pisang mengering. Setelah itu, buanglah daun- daun lebar yang ada pada batang tumbuhan.

Jalani perendaman terhadap bibit umbi, namun cuma sebatas leher dari batang saja dengan memakai insektisida 0. 5– 1% kurang lebih 10 menit. Setelah itu bibit dikeringkan kembali

Apabila tidak mempunyai insektisida, hendaknya kita merendam umbi tumbuhan pisang dengan memakai air bersih yang mengalir sepanjang kurang lebih 48 jam.

  • Media Tanam

Buat perkembangannya, tumbuhan pisang bisa berkembang dengan memakai tanah yang mempunyai banyak humus, mempunyai isi kapur ataupun tanah yang berat.

Sebab pada dasarnya tumbuhan ini meresap banyak nutrisi yang ada pada tanah hingga hendaknya pembudidayaan tumbuhan pisang memakai media tanam ataupun tanah berhumus yang sudah dicoba pemupukan.

Baca Juga :  Cara Menanam Sayuran di Polybag Untuk Pemula

Tidak hanya itu, air pula wajib ada buat meningkatkan tumbuhan pisang. Walaupun sangat diperlukan, namun kita tidak boleh membuat tumbuhan tersebut tergenang oleh air.

Namun, penanaman dari tumbuhan pisang itu sendiri wajib diairi secara intensif. Apabila tumbuhan pisang ditanam pada tanah yang basah, ketinggian air yang diperlukan buat menanam merupakan 5 sampai 200 centimeter.

Apabila di wilayah separuh basah merupakan dekat 100– 200 centimeter serta apabila di wilayah yang terkategori kering ialah 50– 150 centimeter.

Apabila media tanam yang digunakan berbentuk tanah yang tadinya sudah hadapi erosi, hingga hasil panen yang dihasilkan dari tumbuhan pisang tidak hendak optimal.

Tidak hanya itu, tanah yang diperlukan buat menanam pisang merupakan tanah yang terkategori gampang buat meresap air.

Tidak hanya, itu tumbuhan pisang tidak bisa berkembang apabila tanah yang digunakan memiliki garam dekat 0. 07%.

  • Pengolahan Media Tanam Pisang

Metode menanam tumbuhan pisang sangat gampang ialah dengan penglolahan media tanam yang baik. Kala membuka lahan yang hendak digunakan buat menanam.

Hendaknya lahan yang hendak digunakan sudah dipertimbangkan sematang bisa jadi, spesialnya dibagian hawa, ekonomi, dan letak pasar tempat dimana pisang setelah itu hendak diolah kembali.

Tidak hanya itu butuh dicermati pula dari keamanan dari tempat menanam tanamannya.

Lahan yang digunakan pula hendaknya sudah bersih dari hama- hama penggangu yang apabila dikemudian hari dikhawatirkan hendak menggangu proses perkembangan dari tumbuhan pisang itu sendiri.

Serta butuh dikerjakannya penggeburan tanah supaya terbentuknya proses pertukaran hawa dan racun- racun yang ada di tanah.

serta membuat saluran irigasi supaya saluran air bisa dikontrol serta tidak membuat tumbuhan pisang memperoleh sangat banyak air dalam proses pertumbuhannya.

Tidak hanya itu, tanah hendaknya terbuat teras apabila posisi tanah terletak di keadaan tanah yang miring, hendaknya terbuat teras supaya kondisi tanah bisa digunakan buat menanam.

Tanamlah tumbuhan semacam lamtoro guna ntuk melindungi tanah supaya tidak terbentuknya erosi.

Pembuatan saluran air setelah itu hendaknya terbuat dengan kemiringan yang kecil apabila terletak di tanah yang datar.

Setelah itu pada dekat saluran air ditanami tumbuhan supaya menjauhi erosi pada saluran air yang sudah terbuat.

  • Metode Penanaman Pisang

Pada 3 bulan awal, buatlah jarak antar tumbuhan yang terbilang lumayan lebar. Pakai pola tumbuhan tumpeng sari antar tanman.

Baca Juga :  Kandungan Buah Tin Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Yang Perlu Di Ketahui

Setelah itu buatlah lubang tanam dengan dimensi lubang 50 x 50 x 50 centimeter pada tanah yang terkategori berat, 30 x 30 x 30 centimeter buat tanah gembur serta kerapatan antar tanaan 3 x 3 buat tanah yang berdimensi lagi serta 3. 3 x 3. 3 buat tanah yang berat.

Metode menanam Tumbuhan pisang dicoba menjelang masa penghujan, tadinya lubang wajib diberikan pupuk organic sebanyak 15– 20 kilogram. Dengan membagikan pupuk organic, hingga buah yang dihasilkanpun hendak jadi lebih baik.

Cara Menanam Pisang Yang Baik dan Benar Untuk Pemula


Metode Pemeliharaan Tanaman Pisang

Buat memperoleh hasil yang tumbuhan pisang yang baik. Hingga hendaknya dicoba pemotongan terhadap tumbuhan pisang sampai terddiri atas 3– 4 batang pada satu rumpun.

Apabila sudah merambah tahun kelima, hingga hendaknya rumpun ditukar dengan tumbuhan yang baru.

Proses penyiangan wajib secara regular dicoba guna buat mensterilkan rumput liar ataupun hama parasite yang terletak pada dekat tumbuhan pisang.

Semacam proses penyaingan pada biasanya, sebaiknnya dicoba proses penggemburan tanah serta menimbun kembali dappuran oleh tanah supaya tunas serta hendak terus menjadi banyak.

Hati- hati kala lagi melaksanakan penyiangan sebab pangkal tumbuhan pisang ini terbilang sangat pendek, ialah cuma 15 centimeter dibawah permukaan dari tanah.

Mensterilkan daun- daun yang telah mulai mengering pula butuh dicoba guna buat melindungi kebersihan tumbuhan serta area, perihal ini biasa diucap dengan perempalan.

Lakukanlah penyiraman supaya tumbuhan pisang yang ditanam bisa berkembang produktif serta menciptakan jumlah penciptaan pisang yang banyak.

Berikanlah air kepada tumbuhan dengan metode menyiraminya ataupun dengan membagikan air pada parit- parit yang terletak di dekat tumbuhan pisang.

Umumnya, hama yang terletak pada tumbuhan pisang ini merupakan ulat buah, ulat daun, serta ulat bunga. Metode termudah mengatasinya merupakan dengan metode memakai insektisida semacam Malathion serta Pestona.

Demikian Uraian kami tentang Menanam Pisang Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5

Nama-Nama Bunga Beserta Artinya

0 () Nama-Nama Bunga Beserta Artinya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Nama-Nama Bunga Beserta Artinya. Contents 1 Nama-Nama Bunga...
Admin1
2 min read

Beberapa Tanaman Hias Buah Yang Tidak Kalah Cantiknya Dari…

0 () Beberapa Tanaman Hias Buah Yang Tidak Kalah Cantiknya Dari Tanaman Bunga – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman...
Admin1
2 min read

Jenis-Jenis Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk

0 () Jenis-Jenis Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk. Contents...
Admin1
1 min read