Jenis Tanaman Yang Cocok Untuk Dibudidayakan Di Dataran Tinggi

1 min read

0
()

Jenis Tanaman Yang Cocok Untuk Dibudidayakan Di Dataran Tinggi – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Jenis Tanaman Yang Cocok Untuk Dibudidayakan Di Dataran Tinggi.


Jenis Tanaman Yang Cocok Untuk Dibudidayakan Di Dataran Tinggi


Dataran tinggi merupakan dataran yang terletak pada ketinggiannya diatas 700 meter di atas permukaan laut. Jika kalian tinggal di daerah tersebut dan mempunyai hobi bercocok tanam, maka kalian harus paham dengan jenis-jenis tanaman apa yang cocok ditanam dan bisa tumbuh dengan subur di daerah itu.

Nah, beriku ini ada beberapa jenis tanaman yang cocok untuk ditanam dan dibudidayakan di daerah  dataran tinggi.


9 Jenis Tanaman Yang Cocok Untuk Dibudidayakan Di daerah Dataran Tinggi

Tanaman Kakao

Syarat agar tanaman kakao bisa tumbuh yaitu memiliki curah hujan sekitar 1.100 – 3.000 mili meter per tahun. Memiliki temperatur maksimum sekitar 30 – 32 derajat Celcius, dan minimumnya sekitar 18 – 21 derajat Celcius. Sementara itu, lingkungan hidup untuk tanaman kakao yaitu hutan tropis, dan pada pertumbuhan tanaman kakao memerlukan naungan, naungan ini untuk menghindari dari pencahayaan penh.

Tanaman Kopi

Lahan yang terletak pada ketinggian lebih dari 800 meter dari permukaan laut sangatlah cocok jika untuk ditanami arabika. Lalu untuk ketinggian dari 400 – 800 meter dapat ditanami robusta. Untuk membudidaya kopi di dataran yang rendah bisa mempertimbangkan jenis liberica ataupun excelso.

Baca Juga :  Inilah 16 Manfaat Jus Seledri, Dari Kurangi Resiko Diabetes Hingga Sterilkan Ginjal

Tanaman Teh

Tanaman teh bisa tumbuh subur pada daerah-daerah yang ketinggiannya dari 200 – 2.000 meter dari permukaan laut. Tanaman teh ini menghendaki tanah yang mudah menyerap air dan juga dalam. Tanaman teh tidak tahan dari kekeringan dan menuntut curah hujan yang minimumnya 1.200 mm yang merata di sepanjang tahunnya.

Tanaman Apel

Tanaman buah apel dapat tumbuh dengan baik di dataran tinggi. Di Indonesia sendiri, tanaman buah apel ini yang paling terkenal yaitu apel malang, tanaman ini banyak dibudidayakan di Batu, Malang, Jawa Timur. Karena di daerah tersebut adalah daerah dataran tinggi.

Tanaman Kentang

Tanaman kentang dapat tumbuh dengan baik di daerah yang mempunyai ketinggian dari 1.000 – 2.000 meter dari permukaan laut dan memiliki suhu 15 – 22 derajat Celcius. Curah hujan saat proses pertumbuhan tanaman kentang yang baik adalah 1.000 – 1.500 mm. Jika curah hujannya terlalu tinggi, dapat menyebabkan umbi menjadi busuk.

Tanaman Kubis

Tanaman kubis merupakan tanaman yang cocok ditanam pada area atau daerah yang cuacanya dingin dan berada di ketinggian 1.500 – 2.000 meter dari permukaan laut. Jika suhu dan juga ketinggian area atau daerah sudah memenuhi kriteria, kalian juga harus perhatikan gemburnya tanah dan banyaknya humus yang nantinya akan dijadikan lahan budidaya kubis. Hal tersebut akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman kubis.

Tanaman Brokoli

Untuk menanam brokoli tidaklah terlalu sulit, terutama bagi kalian yang tinggalnya berada di dataran tinggi. Namun ada yang perlu diperhatikan, yaitu pasokan air dan juga ketinggian lahannya untuk membudidaya sayuran tersebut. Sayuran brokoli tidak bisa ditanam pada daerah yang mempunyai suhu panas.

Baca Juga :  Ini Dia Manfaat Daun Cermai Yang Jarang Kita Ketahui, Salah Satunya Cegah Kanker

Tanaman Wortel

Tanaman wortel merupakan tanaman yang bisa tumbuh dengan baik di dataran tinggi. Faktor yang dapat mempengaruhi tumbuh kembangnya tanaman wortel yaitu suhu, curah hujan, kelembapan, jenis tanah, dan juga intensitas sinar matahari. Membudidayakan tanaman wortel biasanya di tanah yang teksturnya andosol, regosol, latosol, dan alluvial. Biasanya jenis tanah tersebut terdapat pada dataran tinggi, namun bisa juga diusahakan di dataran rendah.

Tanaman Strawberry

Tanaman strawberry sangatlah cocok untuk ditanam di daerah dataran tinggi. Selain tanaman strawberry ini bisa ditanam di dataran tinggi, tanaman ini juga bisa kalian tanam di dataran rendah, tetapi harus dengan perawatan yang cukup ekstra.

Nah itulah tadi Jenis Tanaman Yang Cocok Untuk Dibudidayakan Di Dataran Tinggi dari tanam.co.idSemoga bermanfaat.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5

Tanaman Hortikultura

Admin1
3 min read

Cara Pemangkasan Pohon Sawo

Admin1
2 min read

Caisim Hidroponik

Admin1
2 min read