Jenis Tanaman Aquascape Yang Cocok Bagi Pemula

2 min read

Jenis Tanaman Aquascape
0
()

Jenis Tanaman Aquascape Yang Cocok Bagi Pemula – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman Aquascape.


Jenis Tanaman Aquascape Yang Cocok Bagi Pemula


Aquascape atau seni mengatur tanaman air, karang, batu, dan sejenisnya merupakan suatu hobi yang lagi populer pada beberapa tahun terakhir. Tampilannya yang indah dan menakjubkan bisa menjadikan kepingan puzzle terakhir yang menyempurnakan ruangan rumah.

Melihat ikan-ikan yang berada dibalik tanaman merupakan pemandangan yang sangat indah.

Jika kalian tertarik dengan hobi yang satu ini, ada beberapa jenis tanaman aquascape yang mudah perawatannya sebagai berikut ini:


10 Jenis Tanaman Aquascape Bagi Pemula

Ludwigia Repens

Ludwigia repens atau creeping primrose-willow ini merupakan tanaman yang berasal dari wilayah Amerika, tanaman ludwigia repens sangatlah cocok untuk dijadikan sebagai penghias aquascape di rumah.

Tanaman ini memiliki batang yang dapat merayap hingga 30 cm dan pada daunnya berukuran 4-5 cm yang tersusun saling berlawanan.

Java Fern

Java fern ini merupakan tanaman yang berasal dari Asia Tenggara, dan untuk perawatannya tidak memerlukan jenis subtract yang khusus, pupuk, dan juga tambahan CO2.

Jika kalian menanam tanaman ini dengan ekosistem yang ideal, maka tanaman ini dapat tumbuh dengan cepat dan juga lebat.

Dwarf Baby Tears

Tanaman yang berasal dari Kuba ini adalah tanaman yang memiliki nama yang unik dan merupakan jenis tanaman aquascape terkecil. Tanaman ini sangat cocok untuk dijadikan karpet atau foreground.

Baca Juga :  Cara Menanam Talas Dan Perawatan Tepatnya Agar Hasil Maksimal

Tanaman dwarf baby tears ini tidak memerlukan perawatan, hanya cukup memastikan saja untuk selalu memberikan pencahayaan yang tinggi, karena jika tidak maka tanaman ini akan tumbuh keatas untuk mencarinya.

Bacopa SP Colorata

Tanaman bacopa sp colorata ini merupakan tanaman yang belum diketahui asal-muasalnya, dan tanaman ini memiliki sebutan lain yang bernama bacopa pink.

Tanaman ini memiliki tampilan yang terlihat mencolok disekitar kerumunan yang berwarna hijau, sehingga cocok diletakkan pada bagian tengah akuarium.

Untuk merawatnya kalian cukup menyediakan cahaya dan juga karbon dioksida yang berukuran sedang.

African Water Fern

African water fern merupakan tanaman yang mudah dirawat, tetapi membutuhkan pencahayaan yang tinggi supaya tanaman ini tidak mati.

Selain itu juga, tanamn African water fern ini hanya cocok untuk akuarium yang ukurannya besar, karena tanaman ini memiliki bentuk yang gendut.

Anubias Nana

Jenis Tanaman Aquascape
Jenis Tanaman Aquascape

 

Tanaman anubias nana ini merupakan tanaman yang sering dijumpai di sungai. Tanaman ini dapat tumbuh hingga 15 cm, jika kalian ingin merawat tanaman ini, kalian harus menjaga suhu pada akuarium sekitar 22-28 derajat Celsius.

Lilaeopsis

Tanaman lilaeopsis ini adalah tanaman yang cocok untuk dijadikan sebagai karpet akuarium. Tanaman ini sangat mudah untuk dirawat, sehingga banyak orang yang memilih tanaman ini.

Lilaeopsis ini dapat tumbuh hingga 5 cm, jadi kalian harus sering-sering untuk melakukan pemangkasan secara rutin, supaya ikan tidak terjajah oleh tumbuhan lilaeopsis ini.

Amazon Sword

 

Tanaman amazon sword ini merupakan tanaman yang terlihat seperti pedang. Tanaman ini sering kali dipakai oleh pegiat aquascape yang bisa hidup pada suhu 22-28 derajat Celsius dan juga memerlukan bantuan pencahayaan yang moderat.

Baca Juga :  Budidaya Cacing Sutra : Peluang Bisnis Unik dan Menguntungkan Untuk Pemula

Amazon sword memiliki karakteristik pada daunnya yang lebar, sehingga tanaman ini sering kali ditempatkan pada bagian belakang.

Hygrophila Difformis

 

Tanaman hygrophila difformis atau nama lainnya water wisteria ini merupakan tanaman yang dapat tumbuh dalam suhu 22-28 derajat Celsius dengan pencahayaan yang sedang, kalian sudah dapat merawat tanaman hygrophila difformis ini dengan mudah. Selain itu juga tanaman yang satu ini dapat tumbuh walaupun tanpa bantuan tambahan CO2.

Java Moss

Tanaman java moss  ini merupakan jenis tanaman yang paling umum digunakan di dunia aquascape. Karena java moss  merupakan tanaman yang tangguh sehingga tidak mudah mati.

Tanaman ini dapat tumbuh ideal di dalam air dengan suhu 21-24 derajat Celsius, tanaman ini sangat cocok bagi pemula karena tidak membutuhkan pencahayaan yang khusus.

Nah itulah tadi Jenis Tanaman Aquascape Yang Cocok Bagi Pemula dari tanam.co.idSemoga bermanfaat.

 

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5