Cara Menanam Hidroponik Dengan Sangat Mudah

1 min read

0
()

Cara Menanam Hidroponik Dengan Sangat Mudah – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Hidroponik Dengan Sangat Mudah.


Cara Menanam Hidroponik Dengan Sangat Mudah


Secara etimologi, hidroponik berasal dari kata Yunani yaitu “hydro” yang berarti air, dan ponos berarti daya. Hidroponik ini juga dikenal dengan soilless culture atau budidaya tanaman yang tidak menggunakan tanah. Jadi untuk hidroponik ini bisa diartikan sebagai budidaya tanaman yang memanfaatkan air untuk budidayanya dan tidak menggunakan tanah sebagai media tanamnya atau soilless.

Hidroponik adalah suatu budidaya dengan menggunakan air dan tanpa menggunakan tanah dan menekankan penumbuh kebutuhan nutrisi untuk tanaman. Untuk tanaman hidroponik kebutuhan airnya lebih sedikit jika dibandingkan dengan kebutuhan air untuk budidaya menggunakan media tanah.

Sayuran ataupun tanaman buah yang ditanam melalui cara hidroponik akan lebih sehat dan juga aman dikonsumsi. Bagi sebagian orang mungkin belum terlalu familiar dengan tanaman hidroponik ini. Namun sebenarnya banyak juga orang yang telah beralih memakai metode penanaman tanaman seperti ini.

Dengan menggunakan teknik budidaya tanaman seperti ini  bisa dikatakan masih belum mengalami perkembangan yang pesat. Hal tersebut dikarenakan masih banyak orang yang merasa ragu untuk menerapkannya dan juga masih khawatir mengenai kuantitas dari hasil panennya. Namun sebenarnya hasil panen dengan menggunakan teknik menanam hidroponik ini memiliki kualitas maupun kuantitas yang baik.

Dengan cara menanam hidroponik ini maka hasil panen pun akan jauh lebih cepat dan juga ramah lingkungan. Namun ada aspek lainnya yang perlu diperhatikan, yaitu dengan menjaga suhu disekitar tanaman tumbuh, ketepatan dalam memberikan nutrisi, dan intensitas cahaya.

Baca Juga :  13 Manfaat Daun Beluntas Bagi Kesehatan Yang Perlu Kamu Ketahui, Salah Satunya Obat Rematik

Buat kalian yang penasaran bagaimana cara menanam hidroponik, bisa kalian simak saja seperti berikut ini.

Cara Menanam Hidroponik

Cara Menanam Hidroponik Menggunakan Nutrient Film Technicue (NFT)

  1. Siapkan pompa dan beberapa pipa ataupun talang.
  2. Lalu lubangi pipa sesuai dengan panjang pipa tersebut, dan pastikan jarak lubang satu dan lubang yang lain juga sama.
  3. Susunlah pipa yang sudah dipersiapkan yang nantinya akan digunakan untuk tempat menanam tanaman.
  4. Siapkan wadah atau penampung di ujung pipa yang lebih rendah.
  5. Untuk mengalirkan air nutrisinya supaya masimal maka gunakanlah pompa.
  6. Konsep dasar dari cara ini adalah menanam akar tanaman tumbuh di bagian lapisan nutrisi yang tidak terlalu dalam dan juga menjaga sirkulasi tanaman agar tanaman tetap mendapatkan nutrisi, air dan oksigen secara baik dan juga tercukupi.

Cara Menanam Hidroponik Menggunakan WICK

  1. Bahan Pembuatan:
  2. 1 buah botol air mineral.
  3. Alat untuk memotong.
  4. Kain flanel atau sumbu kompor.
  5. Alat untuk melubangi, seperti paku atau solder.
  6. Air nutrisi.

Langkah Pembuatan:

  1. Pertama-tama potonglah botol bekas menjadi dua bagian.
  2. Lalu tutup botol di lubangi.
  3. Kemudian gabungkan kedua bagian botol yang di potong tadi dengan cara membalik bagian moncong botol menjadi menghadap ke bawah.
  4. Pasang kain flanel atau sumbu kompor pada tutup botol yang sudah di lubangi tadi, dan pastikan kain flanel atau sumbu kompor bisa menyerap air nutrisi.
  5. Lalu tanamlah bibit tanaman pada bagian atas botol dan dengan tanah secukupnya.
  6. Dan isi bagian bawah botol dengan air nutrisi.

Nah itulah tadi Cara Menanam Hidroponik Dengan Sangat Mudah dari tanam.co.idSemoga bermanfaat.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5